Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Pecel dan Urap Simple yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 24, 2019

Pecel dan Urap Simple

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Pecel dan Urap Simple yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Pecel dan Urap Simple yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Pecel dan Urap Simple, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Pecel dan Urap Simple enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Pecel dan Urap Simple biasanya untuk 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Pecel dan Urap Simple diperkirakan sekitar 35 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel dan Urap Simple sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel dan Urap Simple memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

1 rumah berbeda selera makanannya, agak ribet. Yang 1 mau pedas, yg lain protes perutnya alias sakit perut. Kali ini bahan sayurnya yg ada stok di kulkas saja, dan urapnya saya buat pedas, sementara bumbu pecel kacangnya tidak pedas.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel dan Urap Simple:

  1. 4 ikat kenikir (petik batang dan daun mudanya, cuci bersih)
  2. 1/2 bagian sawi putih (cuci bersih, dan potong serong kecil)
  3. 1 ikat kacang panjang (cuci bersih, potek/potong agak panjang)
  4. secukupnya air untuk merebus (tambah garam sepucuk)
  5. Bumbu Kacang :
  6. 150 gr kacang tanah sangrai
  7. 1 lembar daun jeruk
  8. 1/4 blok gula merah
  9. sepucuk garam (1/4 sdt)
  10. 1 buah cabai merah
  11. 1 cm kencur
  12. Bumbu Urap :
  13. 1 buah kelapa parut (kelapa muda lebih baik)
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. 1/4 blok gula merah
  16. 5 buah cabai rawit merah (besar2 ukurannya)
  17. 4 cm kencur
  18. 1 siung bawang putih ukuran besar
  19. 1/2 sdt garam (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Pecel dan Urap Simple

1
Rebus air dalam panci (sudah tambah garam) sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan kenikir dan kacang panjang, penyetkan dengan alat saringan supaya daun masuk ke air sepenuhnya. Tunggu mendidih lagi, angkat dan tiriskan (diangkatnya jangan terlalu lama dari saat mendidih, sayur akan terlalu lembek, kurang bagus).
2
Setelah kenikir dan kacang panjang diangkat dari panci, masukkan sawi putih (ini tidak lama mendidihnya). Lalu, angkat dan tiriskan.
3
Selagi merebus, bakar bumbu sebentar : bawang putih dan kencur, di bawah panci rebusan.
4
Haluskan semua bumbu kacang, termasuk kencur yg sudah dibakar. Larutkan bumbu yang telah halus dengan air hangat secukupnya, jangan terlalu encer, kurang enak rasanya.
5
Haluskan semua bumbu urap, termasuk bawang dan kencur yang sudah dibakar. Lalu, gongsong bumbu urap (tanpa minyak) sampai bumbu merata dan agak kering parutan kelapanya. (Jangan sampai gosong, harus rajin diaduk-aduk).
6
Sayuran yang sudah direbus siap disajikan dengan bumbu urap dan pecel, ditambah tempe goreng dan kerupuk putih juga nikmat loh. ^^

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Telur Bumbu Pecel

Tahu Telur Bumbu Pecel

Ikutan #semarak_kumautahu idenya mbak Iin. Saya pertama makan Tahu Telur aslinya pakai bumbu Petis, berhubung lagi gada stok Bumbu Petis, saya ganti pakai Bumbu Pecel. Enaaak. Must try banget deh. Saya pakai bumbu pecel instant, banyak dijual di pasar, atau di supermarket. . #semarak_kumautahu #kumautahu #clover #clovercookinglover #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #alinett_cooknfood #cookpadcommunity #cookpadcommunity_yogyakarta #tahutelur,

Bakwan sayur+bumbu pecel

Bakwan sayur+bumbu pecel

Resep bumbu pecelnya bs dilht diresep saya yg berjudul bumbu pecel pedas manis.

Sambal Pecel - Sambal Kacang

Sambal Pecel - Sambal Kacang

berhubung ada sisa kacang bawang dan kebetulan pas bikin cilok, capcus bikin sambal kacang .. hmm pedas pedas endess

Telur Ceplok Sambalado + Bumbu Pecel

Telur Ceplok Sambalado + Bumbu Pecel

Lagi ngidam pengen masak ini.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

4 porsi
Mie sambel pecel rasa sate

Mie sambel pecel rasa sate

#AntiRibet cocok untuk menu sarapan buat yang sibuk karena tak perlu menyiapkan banyak bahan Dan bumbu. Menghadirkan citarasa lokal sambel pecel khas madiun.

2 porsi
15 menit
Sambel Pecel Ayam / Lele

Sambel Pecel Ayam / Lele

Sambel ini cocok banget dimakan dengan ayam goreng / lele goreng. Porsi yang aku bikin ini lumayan banyak karna dirumah pada doyan sambel. Yang mau coba coba bikin dulu bisa mulai bikin setengah resep ya. semoga cocok โœจ

Cilok bumbu pecel seuhah ah

Cilok bumbu pecel seuhah ah

Hujan jadi pengen yang pedes dan anget

2 porsi
1/2 jam
Makaroni Spageti Sambal Pecel & Tumis Tahu-Wortel-Udang

Makaroni Spageti Sambal Pecel & Tumis Tahu-Wortel-Udang

Ada makaroni mentah satu bungkus kecil (seribu rupiah) beli di warung sayur dekat rumah. Baru ingat saya punya stok spageti, sedikiiit banget. Biar rame akhirnya mereka disatukan di kotak makan anak saya ๐Ÿ˜Š. Agar lebih gurih, saya tambahkan minyak wijen dan margarin setelah ditiriskan. Tiba-tiba anak TK ini minta dibawakan sambal pecel juga. "Sambal pecelnya gak terlalu pedes kok bun." Katanya. Tumisan tahu, wortel dan udang pun ia bawa. Sayangnya di kulkas hanya ada setengah wortel ukuran sedang. Pasti lebih menarik jika ditambah sedikit wortel lagi & brokoli. Udangnya saya potong 2-3 bagian agar si anak lebih mudah menyendoknya. Alhamdulillaah bekalnya habis. ๐Ÿ˜ป Ternyata spageti & makaroni cocok juga disandingkan dengan sambel pecel ๐Ÿ˜„. #harianaknasional2019 #isitempatbekalanak

Pecel Lele ala Dapur Titis

Pecel Lele ala Dapur Titis

Siapa sih yang nggak kenal sama lele. Lauk paling tepat dalam segala kondisi hehehe. Ini adalah pecel lele ala saya. Yang akan saya bagikan adalah resep lele gorengnya ya. untuk lalapan sesuai selera aja, kalo saya paling suka kalo pecel lele lalapnya kacang panjang sama selada. Untuk sambal, silakan buka di list resep saya sambal tomat, resepnya sama persis. Mari kita mulai...

Pecel Gulung

Pecel Gulung

Ini sih bahan ama bumbunya sama aja kek pecel pd umumnya, cuma emng tampilan doank yg agak beda yaaaa...

30 menit
Pecel Ayam

Pecel Ayam

Resep ini saya dapat dari instagram. Dan saya telah mencobanya.

5 porsi
70 menit
Pecel Saka

Pecel Saka

Pake bahan bahan seadanya dikulkas karena lagi pengen banget bikin pecel sendiri. Mau keluar hujan terusss

6 porsi
Pecel terong bakar

Pecel terong bakar

Source: mbak NanoRatno. Baru pertama kali coba... dan langsung suka๐Ÿ˜

Sambal Pecel asli jawa(gado2)

Sambal Pecel asli jawa(gado2)

Ini enak banget bisa tahan 1 bulan bahkan lebih dengan catatan bumbunya digoreng, masukan kulkas jg bs...

15 porsi
60 menit
Pecel Madiun asli lhoooooo... maknyus!

Pecel Madiun asli lhoooooo... maknyus!

mudik ke madiun kemarin dibawain sambel pecel sama ibunda tercinta. kalo buat saya g ada yg lebih enak dari pecel ibunda.hehehhe.. ya iyalah masakan emak memang yg no 1. ini buatan ibu saya, kemarin saya tanyakan resepnya. saya tulis disini supaya nanti kalo pengen bisa bikin sendiri. kalau yg mau bikin silahkan dipraktekin ya moms.. enaak serius. saya tuliskan resep sambelnya ya. untuk sayurnya opsional aja sesuai selera buibu sekalian. Update:: Sambel pecel ini disangrai bukan digoreng dg minyak supaya lebih sehat, lebih tahan lama (ga mudah tengik) dan ga terlalu berminyak karena kacangnya sendiri juga mengeluarkan minyak. Kacang yg disangrai akan terasa lebih gurih dan manis dibandingkan digoreng minyak. Itu makanya sambal pecel dg cara sangrai akan manghasilkan sambal yang lebih nikmat. Sudah diuji coba selama bertahun2 lho, khususnya oleh ibu saya ๐Ÿ˜Š. Karena ibu saya mantan penjual nasi pecel๐Ÿ˜ฌ Bertahun2 resep ini dibuat ibu dan sudah melintas ke penjuru indonesia, alhamdulillah semua suka. Selamat mencoba ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Sambel Jeruk Pecel

Sambel Jeruk Pecel

Hanya ada di Indonesia..... makan apapun harus ada Lombok dalam bentuk Sambel, atau langsung Ceplus, bubuk cabe dll. ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ yang satu ini penyesuaian aja... coz nol tomat. Tapi gpp seger dan asamnya sudah didapat dari air jeruk pecelnya. Biasanya utk Ikan atau Ayam bakar... ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ.

Pecel santan panggang terong tempe

Pecel santan panggang terong tempe

Kangen sm masakan ibuk dikampung,muter2 cari iwak panggang dan alhamdulilah dapeet.... Senengnya ๐Ÿ˜„ cuuzzz langsung eksekusi

Pecel ala kadar

Pecel ala kadar

Pecel ala kadar, dengan badan ala kadar ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜