Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Rendang jengkol yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 15, 2020

Rendang jengkol

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang jengkol yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Rendang jengkol, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Rendang jengkol yaitu 1 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 1 kg Jengkol tua
  2. 700 gram Santan
  3. 2 siung Bawang putih
  4. 7 buah Bawang merah
  5. 1 ons Cabe rawit putih
  6. Kunyit seruas jari
  7. Jahe
  8. Ketumbar bubuk
  9. Kelapa gonseng
  10. Jintan sedikit saja
  11. Garam
  12. Penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Jengkol direbus lama lebih kurang 40menit
2
Setelah lunak jengkol digerek menggunakan gilingan cabe
3
Haluskan seluruh bumbu dan tumis sampai harum
4
Masukan santan dan jengkol
5
Aduk terus sampai santan mendidih agar tidak pecah santan
6
Masak kuah sampai kering
7
Rendang jengkol siap disajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Telur Ati Ampela Ayam

Rendang Telur Ati Ampela Ayam

Masakan Indonesia begini bikin pak boss lahap makannya 😍 Mamak jadi makin cinta lihatnya πŸ’ž #SennaCooking_ #SennaKitchen_ #cookpad #cookpaders #cooklover #cookpad_id #cookpad_indonesia #cookopad_aop #cookpadcomnunity_salatiga

Rendang Ayam Instan

Rendang Ayam Instan

Pengen makan rendang tapi nggak pengen ribet dgn bumbu2nya 😝 masaknya jg nggak terlalu lama, praktis deh

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Dulu jaman masih jadi anak mama tiap bulan Ramadan mama selalu masak rendang, buat jaga2 kalau kesiangan bangun sahur dan kalau lagi males masak. Jadi kalau mama telat bangun sahur udah dech dia tinggal manasin rendang. Kebiasaan itu sekarang aq terapkan dikeluarga kecilku, dan kebetulan anak2ku emang suka sekali rendang.. Kalau makan pake rendang sahurnya bisa pada nambah dech... Tips dari saya: 1. Potong daging rendang jangan terlalu kecil agar tidak gampang hancur saat dimasak 2. Pilih kelapa yg sudah benar2 tua (warna kulit kelapa gelap) dan kulit kelapanya jangan dikupas, agar mendapatkan bumbu yg medok n minyaknya bisa keluar banyak. 3. Sebaiknya bila buat stok, rendang ditaruh dalam beberapa wadah, dalam tiap wadah berisi beberapa potong rendang/secukupnya. Jd bila mau menghangatkam cukup ambil satu wadah saja. 4. Beri garam jangan langsung banyak, karna seiring santan menyusut maka akan mulai terasa asinnya. #AntiRibet #SiapRamadan #berburucelemekemas #resolusi2019

4 jam
Rendang / kalio ayam telor

Rendang / kalio ayam telor

Ini klo dimasak lama dgn api yg sangat kecil akan menghitam dan jadi rendang.karna lagi pengen kalio ya gak di masak lama setengah jadi rendang.tips air kelapa jgn dibuang jadikan utk memeras santan.

Rendang telur

Rendang telur

Inituh ceritanya ngikutin rendang2nya padang gt, tp ini ala aku yaaa... Pakai bumbu seadanya d dapur saja πŸ˜…

Rendang Jengkol Simple

Rendang Jengkol Simple

#SiapLebaran #cookpadcommunity #makanankhasindonesia

Rendang dadakan

Rendang dadakan

Hari ini rempong bgt dipasar,sampek2 yg jualan kelapa of ga puasa akhirnya pd klaperan cr nasbung ga nemuπŸ˜…πŸ˜… Alhasil sy yg dsuruh nasi dan masak rendang dadakan,eh pas ditengah2 masak ada yg dteng minta nasi katanya lauknya ada cm kekurangan nasi haddeuhhh PGN nangis rasa nya dah capek2 masak nasi pun sy pke air panas karna buru2 jd cpt mateng, Alhamdulillah lah yaπŸ˜ƒπŸ˜ƒ #SiapRamadan #selamatharirayaidulfitrimohonmaaflahirdanbatinyabun Ga kerasa Ramadan dah akan pergi😭😭😭 semoga tahun dpn qta bisa berjumpa lagi dgn Ramadan

Rendang Daging pedas

Rendang Daging pedas

Salah satu menu favorite πŸ˜‹ wajib coba .. oh iya kalo versi rendang lain yang saya buat, saya suka tambahin sangai kering kelapa parut dan dimasukan saat proses masak no.2, makin gurih deh rendang pedasnyaa πŸ˜†

2 jam
Rendang

Rendang

Karena suami dan si kaka doyan rendang

Rendang Ayam Yummy.. ☺️

Rendang Ayam Yummy.. ☺️

Sengaja kuahnya ga terlalu menyusut, krn suami paling suka kuah rendangnya ☺️#PejuangGoldenApron2

Rendang sapi ala mm Meisyah

Rendang sapi ala mm Meisyah

Tinggl di klimntan yg notabene msakan kurang ccok di lidah jawa sya.. drpd beli jadi mhal di wrung padanG.. Cus bikin dewe aja..

Rendang kering daging sapi

Rendang kering daging sapi

Lbh lezat tentunya Resep dr uni yanti sahabat saya 😊

Rendang Daging Asli Minang Simple

Rendang Daging Asli Minang Simple

Dapet resep asli dari kakak ipar saya yg asli orang Minang dan secara bumbu dan pembuatannya sangat simple. Setelah kesekian kalinya, menurut saya yg membuat rendang itu semakin wangi dan enak adalah di Bawang merah irisnya agak di banyakin, pernah bikin bawang merahnya dikit rasanya kurang enak. Masakan wajib buat hari raya ini yang paling di tunggu sama keluarga yg berkunjung di kala hari raya. Note:1.kalo bisa bahan dedauannya yg masih muda ya alias segar 2. Kalo mau bikin 2 kg dst bumbu di tambahkan kelipatannya ya/mw bikin separonya saja, berati bumbu di kurangin separo juga. kalo bisa jgn di kurangi soalnya akan mempengaruhi kelezatan rendang itu sendiri.

240 menit