Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Rendang Daging Sapi yang Anti Gagal

Dipos pada October 5, 2021

Rendang Daging Sapi

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang Daging Sapi yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Rendang Daging Sapi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Rendang Daging Sapi sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Rendang Daging Sapi diperkirakan sekitar 4 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dulu jaman masih jadi anak mama tiap bulan Ramadan mama selalu masak rendang, buat jaga2 kalau kesiangan bangun sahur dan kalau lagi males masak. Jadi kalau mama telat bangun sahur udah dech dia tinggal manasin rendang. Kebiasaan itu sekarang aq terapkan dikeluarga kecilku, dan kebetulan anak2ku emang suka sekali rendang.. Kalau makan pake rendang sahurnya bisa pada nambah dech... Tips dari saya: 1. Potong daging rendang jangan terlalu kecil agar tidak gampang hancur saat dimasak 2. Pilih kelapa yg sudah benar2 tua (warna kulit kelapa gelap) dan kulit kelapanya jangan dikupas, agar mendapatkan bumbu yg medok n minyaknya bisa keluar banyak. 3. Sebaiknya bila buat stok, rendang ditaruh dalam beberapa wadah, dalam tiap wadah berisi beberapa potong rendang/secukupnya. Jd bila mau menghangatkam cukup ambil satu wadah saja. 4. Beri garam jangan langsung banyak, karna seiring santan menyusut maka akan mulai terasa asinnya. #AntiRibet #SiapRamadan #berburucelemekemas #resolusi2019

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi:

  1. 1 kg daging rendang
  2. 1500 ml santan dari 3 bh kelapa
  3. 2 batang sereh, geprek
  4. 4 lb daun jeruk
  5. 2 lb daun salam
  6. 1 lb daun kunyit, ikat simpul
  7. 1 bh asem kandis
  8. 4 bh cengkeh
  9. 1 bh pekak/bunga lawang
  10. 2 cm kayu manis
  11. Bumbu halus:
  12. 200 gr cabe merah keriting
  13. 100 gr bawang merah
  14. 50 gr bawang putih
  15. 1 saset ketumbar bubuk (1 sdm)
  16. 1 sdt jinten, sangrai
  17. 1/2 sdt pala bubuk
  18. 5 bh kapulaga
  19. 2 cm jahe
  20. 2 cm lengkuas
  21. secukupnya Garam dan kaldu bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi

1
Potong2 daging sesuai selera (saya 24 potong) lalu cuci bersih
Rendang Daging Sapi - Step 1
2
Siapkan bumbu2nya, haluskan bumbu dengan cara diulek atau diblender. Peras santan (saya beli kelapa dipasar sekalian diperasin)
Rendang Daging Sapi - Step 2
Rendang Daging Sapi - Step 2
Rendang Daging Sapi - Step 2
3
Siapkan wajan berukuran besar. Tuang santan kedalamnya, masukkan juga bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, kayu manis, pekak, cengkeh dan asam kandis, aduk terus sampai santan mendidih sempurna dan mengeluarkan minyak (dalam proses ini sebaiknya aduk santan secara perlahan-lahan dan harus diaduk terus agar santan tidak pecah).
Rendang Daging Sapi - Step 3
4
Setelah santan terlihat berminyak masukkan daging, masak dengan api kecil sampai santan mengental sambil sesekali diaduk (sampai disini namanya kalio, dimana bumbu blm kering tapi warna bumbu sudah mulai gelap)
Rendang Daging Sapi - Step 4
Rendang Daging Sapi - Step 4
5
Kemudian masak sampai mengering dan bumbu meresap (saat santan mulai mengering sebaiknya rendang sering diaduk agar tidak gosong dan daging matang merata)
Rendang Daging Sapi - Step 5
Rendang Daging Sapi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

112. Rendang Ayam

112. Rendang Ayam

Resep ini saya dapat dr mbak Irma Marcella. Awalnya untuk berbuka aka ehhh dapet maleman/megengan banyak jadi dimasukin kulkas saja untuk sahur makanya fotonya helap heheheh. Jika mau warnanya merah pakai saja cabe merah yg banyak (10 -15 buah, kalau cabe keriting cukup 8 saja)

1 kg ayam
1 jam
Minyak bawang

Minyak bawang

Teman buat sahur dan buka puasa biar makin lahap! Dengan bahan - bahan super apa adanya. Hidup anak kost!

banyak
sesuai selera
Rawon daging sapi

Rawon daging sapi

Hasil recook resep sendiri. Karena bikinnya g pke ribet buat makan sahur. Di awal makan sahur ini, suami minta d masakin makanan kesukaannya. Yaitu Rawon. Biasanya memang pakai bumbu jadi krn bener" #AntiRibet Dan juga porsinya juga bnyk krn bisa utk 3 hari.. #AntiRibet #SiapRamadan #ParcelRamadanCookpad

28. Ayam Goreng Lengkuas

28. Ayam Goreng Lengkuas

#BikinRamadanBerkesan yippie resep simple lagi nih yang enak. Buat menu sahurnya bikin malam, sahur tinggal goreng aja deh. Yuuu dicobain, mudah!

Puding kolak pisang dan kurma

Puding kolak pisang dan kurma

Konstipasi atau sembelit sering dirasakan oleh kita yang berpuasa. Hal ini disebabkan organ dalam saluran pencernaan memiliki waktu istirahat yang lama antara sahur dan berbuka. Sehingga daerah usus tidak berkontraksi dan menimbulkan sembelit. Menambahkan lebih banyak serat pada menu sahur ataupun berbuka akan sangat membantu untuk mencegah sembelit, salah satunya adalah puding. Nah, kali ini saya share puding kombinasi dari bahan makanan yang populer saat bulan Ramadhan tiba yaitu pisang dan kurma 😊 Sekitar 60% kandungan buah kurma adalah karbohidrat. Sisanya adalah perpaduan zat gizi magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2. Sehingga kurma sangat baik dikonsumsi untuk mengembalikan energi saat berbuka. Sedangkan pisang, mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Daging buah pisang yang bertekstur lembut mampu melapisi dan mempertebal dinding usus dan mukosa lambung, sehingga dengan begitu mampu meminimalisasi peradangan yang akan terjadi. Jika peradangan terjadi dan menghampiri maka efek yang akan dirasakan yaitu perut terasa melilit, terlebih lagi bagi mereka yang menderita penyakit maag. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki penyakit maag maka akan sangat baik jika anda mengkonsumsi pisang saat sahur.

Mie Padang

Mie Padang

Resep turunan dr Mama yg dulu waktu masih gadis pas bulan puasa suka bgt bikin mie padang buat sahur ,makannya panas2 ,pake nasi dan akhrnya saya tau mkn mie ga boleh pake nasi ya buibu, krna double karbo loh.. 😣😄,tp waktu jaman dulu mah ya makan kaya gini mah bs sampe nambah2 loh, dkarenakan sahur kadang suka telat bangun ,dan mie pdg ini paling cepet dan gampang masaknya #pekan_padang #cookpadcommunity_jakarta 💃😘

Bumbu dasar putih

Bumbu dasar putih

Stok bumbu dasar putih ini wajib ada, karena bisa menghemat waktu masak kita. ga perlu kupas kupas bawang lagi tiap masak . apalagi buat masak sahur atau sarapan ih penolong pisan... bumbu ini cocok ke segala masakan. tumis, nasgor, bahkan sayur sop juga jadi niquemattt huhu dll pokonya #SiapRamadhan tinggal plung bumbu halus, nanti tambah bahan pelengkap lain seperti merica bubuk, jahe, lengkuas, dll sesuai masakan :) kalau mau bumbu kuning tinggal tambahin kunyit bubuk. makanya saya jarang bikin stok bumbu halus kuning. karna pakai ini juga udah bisa. tinggal stok kunyit bubuk saja :) #AntiRibet club pokonya

Abon klotok pedas / klotok suwir pedas

Abon klotok pedas / klotok suwir pedas

#JemputRezeki #SiapRamadan #ResepPertamaku Alchamdulillah..... Bentar lagi udah masuk bulan ramadhan. Kadang kita sebagai penyedia menu sahur dan berbuka bingung. "Apa ya buat sahur" atau "apa ya buat berbuka"... Tapi...... ini ada solusi gampang, masaknya juga g ribet2 amat. Meski kadang terlihat sepele tapi pasti ngabisin nasi, kekekek..... G percaya..... coba aja bikin....!!z

Mi tom Yam Ajinomoto #BikinRamadanBerkesan

Mi tom Yam Ajinomoto #BikinRamadanBerkesan

Setelah buka sebelum sahur udah lapar bikin mi instan tomyam. #BikinRamadanBerkesan

Sayur bening kacang panjang

Sayur bening kacang panjang

Menu sahur harus selalu ada sayur dong. Nah, ini salah satu sayur yang buatnya gampang, cuma 5 menit jadi. Untuk sayurnya gak harus kacang panjang, bisa diganti bayam, kangkung, sawi dll. Cocok buat buibu yg masaknya masih ngantuk2 kyk saya.😂 #AntiRibet #SiapRamadan #berburucelemekemas #resolusi2019

5 menit
Cue Ikan Selar (BisaUntukStok)

Cue Ikan Selar (BisaUntukStok)

#Berburucelemekemas #Resolusi2019 Selama bulan Ramadhan, perlu banget stok makanan yang bisa langsung goreng terus tinggal makan, terutama untuk sahur. Sekarang, saya lagi pengen bikin cue ikan selar. Cuma buat dua hari aja, jadi cuma dikit bikinnya.

Tongkol Suir Simple

Tongkol Suir Simple

Punya stok tongkol satu ekor tapi lagi mager masak yang ribet dan bosen kalau digoreng jadilah browsing2 resep dan ketemu resep praktis dari Dapur Ekky dengan sedikit modifikasi. Resep ini juga bisa jadi salah satu solusi menu pendamping sahur yg simple. #AntiRibet #SiapRamadan #CookpadCommunity_Mataram

2 porsi
20 menit
Sambal pedo super pedas

Sambal pedo super pedas

08062018 #bikin Ramadhan berkesan#45 Sambel enakk super pedes bikin sekalian banyak kalau mau makan tinggal ambil aja. Praktis jg buat persediaan makan sahur,apalagi 10 hari terakhir ramadhan gini biasanya semangat nyiapin makan sahur mulai kendor,cocoklah pokoknya makan sama sambel ini..semangatnya nyala lagi kena pedessnya cabe hohahohaa..hehe.. Sahur mata jadi melekk lebarr haha..

Orak Arik Telur Tahu ala Fitri M

Orak Arik Telur Tahu ala Fitri M

Hari minggu ngga masak, soalnya pengen jajan..hehee.. pas ud sore baru deh inget blm ada lauk. So, tergoda oleh resep Mbak Fitri yg menggoda ini, sore2 kita eksekusi buat menu dinner sekaligus sahur besok. Saya tambah tahu biar bisa banyakin lagi isinya..hehehe.. Aslinya pake pete dan cabe rawit. Biar anak saya bisa ikutan makan, kita bikin yg ngga pedes2 tapi tetep endeus deeh..😘👌 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #week13 #Recook_Fitri_Maharani #Cookpadcommunity_Jabodetabek

Tumis Kuah Asin Ikan Tongkol

Tumis Kuah Asin Ikan Tongkol

[Warning] kuah nya bisa dipake buat jenis ikan apa aja, asal jangan ikan asin nanti keasinan.. Masakan ini selalu kangen ramadhan karna suka dibuat pas sahur buatan ibu. Sekarang aku deh yang bikin, dan kuahnya doang udah bikin nafsu makan banget karna berhubung lg hamil 😂😂 Dan resepnya simple banget

Chicken yakiniku #BikinRamadanBerkesan

Chicken yakiniku #BikinRamadanBerkesan

Menu praktis ini bisa untuk sahur, sebelum tidur marinasi dulu saat sahur tinggal di oseng-oseng masaknya cepet rasanya enak

Ca Sawi putih

Ca Sawi putih

#AntiRibet #SiapRamadan... Haiii cantiiiiik masih bingung buat menu buat buka puasa ataupun sahur.... Nih, ada masakan simpel anti ribet.. cuuuuuuzzzzzz yuk eksekusi..

Kwetiaw goreng #BikinRamadanBerkesan

Kwetiaw goreng #BikinRamadanBerkesan

#SahurDay29 Sahur terakhir th ini dan ini makanan favorit yg udah pengen banget dr kmren 😄 langsung deh eksekusi dg bumbu simple aja

Baceman 3T (Telur,Tempe,Tahu)

Baceman 3T (Telur,Tempe,Tahu)

Tak terasa esok sudah mulai puasa, daripada masak banyak menu tapi sedikit mending masak sedikit menu tapi banyak. Maksudnya masak banyakan tapi komplit bisa buat buka dan sahur. Kan enak ya kalo bikin baceman gini tinggal goreng aja ga pake bingung mikir telur diapain,tahu tempe diapain, pake sambel juga jadi. #SiapRamadan #AntiRibet

Capcay Goreng Bakso Ayam

Capcay Goreng Bakso Ayam

Kadang kehabisan ide mau masak sayur apa yg disukai anak2 dan suami. Nah yang pasti Capcay selalu disukai oleh semua anggota keluarga. Ini juga cocok untuk nanti menu sahun sahur / buka puasa. #ahlinyaayam #siapramadan