Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Sate padang yang Lezat

Dipos pada July 4, 2019

Sate padang

Hari ini saya akan berbagi resep Sate padang yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Sate padang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sate padang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sate padang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate padang memakai 26 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep saya recook dari bunda Licha Alby, pertama kali coba sate padang pas baru-baru tinggal didepok dan ditraktir temen pula pas pulang kerja tepatnya distasiun depok baru😁 pertama coba rasanya aneh untuk lidah saya yang orang jawa +sunda ini, dan lama-lama saya suka sampai sekarang😍, dan kebetulan dapat lidah sapi dari daging qurban idul adha, jadi saya bikin sate padang saja dan pas ada sisa ketupat dikulkas karena sayur godognya sudah habis duluan😁, sayang kebuang ketupatnya karena emang enak ketupatnya kenyal😊 lalu saya kukus dulu ketupatnya supaya tekturnya sama seperti sebelumnya, alhamdulillah masih enak ketupatnya😉 Resep minggu ke-32 #JelajahDepok #kuraskulkas #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate padang:

  1. 1 buah lidah sapi
  2. 5 lembar daun salam
  3. 4 lembar daun jeruk
  4. 1 lembar daun kunyit
  5. 1 batang serai
  6. 3 buah kapulaga
  7. 1 buah bunga lawang
  8. 5 batang cengkeh
  9. 2 ruas lengkuas
  10. 1500 ml air
  11. Secukupnya garam
  12. Secukupnya gula merah
  13. 7 sdm tepung beras
  14. Bumbu yang dihaluskan :
  15. 5 buah cabe keriting
  16. 5 buah rawit merah
  17. 15 siung bawang merah
  18. 8 siung bawang putih
  19. 1 sdt ketumbar
  20. 1/2 sdt jinten
  21. 1 sdt lada butir
  22. 1/3 biji pala
  23. 2 ruas kunyit
  24. 2 ruas jahe
  25. Bahan pelengkap:
  26. Secukupnya bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Sate padang

1
Siapkan lidah sapi, cuci bersih lalu kerat-kerat supaya nanti lebih mudah saat melepaskannya, siapkan panci presto beri air secukupnya dan 3 lembar daun salam, masukkan lidah sapi.
Sate padang - Step 1
Sate padang - Step 1
Sate padang - Step 1
2
Lalu masak sekitar 30 menit, setelah itu angkat lalu setelah dingin, lepaskan bagian putihnya.
Sate padang - Step 2
Sate padang - Step 2
Sate padang - Step 2
3
Lalu potong lidah betbentuk kotak-kotak.
Sate padang - Step 3
Sate padang - Step 3
4
Siapkan bumbu-bumbunya.
Sate padang - Step 4
Sate padang - Step 4
Sate padang - Step 4
5
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, tambahkan daun salam, daun jeruk, serah, lengkuas, kayu manis, bunga lawang, kapulaga dan cengkeh. Aduk hingga merata.
Sate padang - Step 5
Sate padang - Step 5
Sate padang - Step 5
6
Masukkan lidah sapi yang sudah dipotong-potong, lalu aduk, masak sekitar 10 menit hingga bumbu meresap, lalu tambahkan air, beri garam dan gula merah secukupnya.
Sate padang - Step 6
Sate padang - Step 6
Sate padang - Step 6
7
Jika bumbu sudah meresap dan sudah dites rasanya, matikan api, lalu saring, diamkan satenya hingga dingin.
Sate padang - Step 7
Sate padang - Step 7
Sate padang - Step 7
8
Tusuk-tusuk satenya, masak kembali kuah sate yang tadi sudah disaring, siapkan dalam mangkok kecil tepung beras dengan ditambahkan air secukupnya lalu aduk rata.
Sate padang - Step 8
Sate padang - Step 8
Sate padang - Step 8
9
Setelah kuah mendidih, masukkan tepung beras yang tadi sudah terlebih dahulu dicairkan, masak hingga meletup, matikan api. Penyajiannya, bakar sate secukupnya, siapkan ketupat dipiring.
Sate padang - Step 9
Sate padang - Step 9
Sate padang - Step 9
10
Setelah ketupat, diatasnya letakkan sate yang tadi sudah dibakar, siram dengan kuah bumbu sate, beri taburan bawang goreng.
Sate padang - Step 10
Sate padang - Step 10
Sate padang - Step 10
11
Ini penampakan sisa ketupat idul adha, setelah sayur godognya habis saya simpan dikulkas dari hari senin, pas mau dimakan bersama sate padang ini, sebelumnya saya kukus dulu ketupatnya, dan alhamdulillah tidak basi😊
Sate padang - Step 11
Sate padang - Step 11
Sate padang - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Padang

Sate Padang

Source: Ibu Malka Iyaa....tampilanny lebih mirip sate rendang hihihii 🤣. Saya jadi geli sendiri liat foto masakan saya ini. Dibilang sate padang kenapa warnany kaya rendang. Dibilang rendang...well, ini bumbuny full bumbu sate padang, cuma ada kesalahan kecil aja makanya warnany jadi eksotis begini, bukan gosong lho ya. Tapiii...bicara soal rasa, ini rasany aselik rasa sate padang. Saya recook resep sate padang @IbuMalka, dg modifikasi sesuai selera saya tentunya. Ibu saya belum pernah ajarin saya masak sate padang, repot katanya makanya ga pernah bikin dirumah, pdhl ibu saya asli orang pariaman lhoo. . . . Serius warnany eksotis beneran krn salah timing pemberian bumbu, bukan gosoong 🤣. #GA_TheNextLevel #AksiHero_Bekasi #CookpadCommunity_Bekasi

Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

Beli banyak daging fillet ayam.setengahnya untuk buat chicken nugget.sisa nya ini dibikin sate aja supaya ga panas dalam makan yg digoreng terus.

1 jam
Resep Masakan Padang Sate Sapi yang Nikmat dan Lezat

Resep Masakan Padang Sate Sapi yang Nikmat dan Lezat

Menu masakan Padang termasuk yang paling terkenal di dalam negeri, bahkan cita rasanya juga sudah sangat mendunia, termasuk beberapa diantaranya pernah masuk sebagai salah satu sajian terenak yang ada di dunia. Apalagi jika melihat harganya yang murah meriah banyak diantara masyarakat yang senang membelinya, hanya saja tidak boleh berlebihan karena kandungan kolesterolnya cukup tinggi, meskipun di satu sisi banyak juga bahan rempah yang digunakan di dalamnya dan baik bagi kesehatan. Ada banyak resep masakan Padang mudah yang sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Menu makanan dari daerah Sumatera Barat ini memang beragam jenisnya, mulai dari rendang yang memang sudah sangat melegenda rasanya, kemudian juga ada ayam goreng khas, hingga yang tidak boleh ditinggalkan adalah sate Padang. Hidangan sate sebenarnya juga masuk sebagai salah satu yang sangat digemari masyarakat dalam negeri. Karena memang rasanya yang nikmat dan jenisnya yang sangat beragam, namun agak berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging kambing dan juga bumbu kacang sebagai pelengkap. Maka sate Padang ii khas dengan daging sapinya. Info menu lain ada di https://makanansehat.biz/

10 porsi
30 menit
Sate Padang

Sate Padang

Buatnya simple dan pastinya enak. Idul adha bosen klo daging cuma dibuat rendang atau di sate bumbu kecap sdh terlalu mainstream. Buat sate padang bolehlahh buat tambahan referensi masakan. Sebenarnya ini perpaduan dua resep yg sudah ada plus dimodifikasi sedikit..hehehe..eksperimen yg membawa nikmat jadinya.. Selamat berkreasi yaaa..

5-6 porsi
Sate padang

Sate padang

Mencoba menghadirkan selera nusantara walaupun beberapa bahan gak ada tidak mengurangi nikmatnya menyantap bareng keluarga tercinta. Resep asli dari temen yg orang padang harus dimasukkan daun kunyit dan asam kandis, beda sate padang dengan sate pariaman adalah kuahnya. Sate padang berkuah kental karena dimasukkan hati sapi giling sedangkan sate pariaman berkuah lebih encer.

4 porsi
Sate padang

Sate padang

anak sulung pulang ke rmh liburan sekolah,minta dimasakin sate padang 😅

Resep sate Padang termantul

Resep sate Padang termantul

Jadi, aku suka banget sama sate Padang, dari kecil sampe udh kuliah gini, hehe. Penjualnya aja sampe hapal gitu, dan selalu nambuh kalo beli ;) sekarang, coba buat sendiri, dan rasanya mantul ternyata, btw ini percobaan ketiga Bun, hehe selamat mencoba ye ;)

5 porsi
Resep sate Padang

Resep sate Padang

Cek Instagram @sulistyowati_05 YouTube Sulistyowati webster

Sate Kambing Bumbu Kacang Empuk Khas Madura

Sate Kambing Bumbu Kacang Empuk Khas Madura

Resep sate kambing bumbu kacang sambal kecap empuk khas madura selalu menjadi pertanyaan. Ada banyak sekali panduan dalam bentuk video masakan bagaimana cara membuat resep sate kambing bumbu kacang yang enak dan empuk khas madura. Beberapa diantaranya menggunakan sambal kecap pedas ala abang penjual kaki lima dan juga hotel bintang lima untuk memberikan sensasi pedes lombok rawit indonesia. Nah silakan langsung coba memasak resep masakan ini dirumah. Kalau nanti ingin mencoba bikin resep lainnya cobalah bikin sate khas padang, sate jejamuran, resep sate telur puyuh, sate bali lilit, sate daging ayam, sate ayam maranggi dan tentunya sate kambing lombok ijo atau resep sate lainnya

Sate padang

Sate padang

Kala psbb gini anakkua pengen buka puasa makannya sate padang. Akhirnya nekat coba bikin sate padang sendiri. Alhamdulillaah berhasil 😁

4 porsi
Sate Padang Daging

Sate Padang Daging

Karena di jepang susah mencari makanan2 khas indonesia terlebih sate padang yg sangat asing dilidah orang asing. Alhasil saya coba buat sate padang sendiri dg rasa yg benar2 rich bumbunya.

Sate Padang

Sate Padang

A la nCep Sandi

Sate kacang ala mimi Shidqya

Sate kacang ala mimi Shidqya

Kuah kacangnya bisa utk sate, lontong, batagor, multi fungsi sekali masak😘

Sate Padang Pariaman

Sate Padang Pariaman

Siapa yang tidak kenal kuliner yang satu ini. Penjualnya-pun tersebar dimana-mana. Pernah perhatiin gak, kalau kuah siramnya ada yang kuning terang, ada juga yang cokelat kemerahan. Menurut sumber yang terpercaya, kuah siram berwarna kuning, adalah #Pekan_Sate Padang Panjang. Kalau yang cokelat kemerahan, merupakan kuliner khas Pariaman. #PekanInspirasi kali ini, saya buat Sate Padang yang khas Pariaman. Oh iya, satu lagi yang mejadi ciri khas sate padang Pariaman, adalah serundeng a.k.a parutan kelapa sangrainya. Berpadu dengan kuah siram yang pedas, kaya rempah, dan mengiurkan, makin menambah legit daging satenya. Segala puji bagi Allah 🥰. Yuk, bikin bareng saya 😊. Resep lain klik 👇🏻 https://www.youtube.com/channel/UC83zjrTnIbVqmVSUpAhflng #satepadang #cookpadcommunity_tangsel #satepadangpariaman #olahandaging #kulinernusantara #proudindonesia #minangcuisin #masakanpadang #@marhezaayu #kikiayurecipe

27 tusuk sate, potongan besar
Sate padang

Sate padang

Ini pertama kalinya nyoba bikin sate padang alhamdulillah hasilnya memuaskan aku pake resep mba dinda hasni Makasih ya mba resepnya 🙏 Tpi kalo aku bumbunya aku saring dulu supaya lebih kentel kaya yg di abang tukang sate padang gitu. 😂 #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Sate padang pariaman

Sate padang pariaman

Diponorogo tidak ada yg jual sate padang,sementara anak2 pengen banget sate padang,krn kita suku minang biasa makan sate padang...alhasil,mamak esekusi sate padang demi anak2...

4 porsi
1jam
#16 Sate Ayam Bumbu Kacang

#16 Sate Ayam Bumbu Kacang

Dari kapan pengen banget makan sate ayam, baru eksekusi hari ini. Lumayan jadinya banyak dan puas makannya. Yuk dicoba.. Ig: @mrs.alleeeaaa

Sate Padang

Sate Padang

Setor foto untuk ikutan challange #pekaninspirasi dengan tema #PEKAN_PADANG tetap dari #cookpadcommunity_jember Sekaligus setoran untuk #berburucelemek emas #resolusi2019 Resep source bunda Sukmawati di IG