Langkah Mudah untuk Menyiapkan Tongkol Masak Gulai Aceh yang Lezat Sekali

Dipos pada May 15, 2022

Tongkol Masak Gulai Aceh

Anda sedang mencari inspirasi resep Tongkol Masak Gulai Aceh yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Tongkol Masak Gulai Aceh yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Tongkol Masak Gulai Aceh, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Tongkol Masak Gulai Aceh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Tongkol Masak Gulai Aceh sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Mommy bisa menyajikan Tongkol Masak Gulai Aceh memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sesuain namanya olahan masakan ini identik dengan citarasa rempah Aceh. Untuk penggunaan cabai, biasanya digunakan cabai merah yang telah dikeringkan atau di Aceh biasanya dikenal dengan sebutan 'caplie kleng'. Bagi yang sering menyantap ikan masak Aceh ini pasti lidahnya dengan mudah menemukan perbedaan citarasa bumbu yang dihasilkan dari caplie kleng atau dari cabai merah segar. Bukan berarti tidak enak menggunakan cabai merah segar, tetap enak rasanya hanya saja seakan ada taste yang hilang di lidah. Tapi untuk yang jarang menikmati masakan ini mau pakai cabai segar atau yang dikeringkan mah sama saja 😄 #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru #cookpadcommunity_aceh #cookpadcommunity_langsa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tongkol Masak Gulai Aceh:

  1. 500 gr tongkol, bersihkan
  2. 8 sdm minyak goreng
  3. 1 butir bawang merah, rajang
  4. 1 butir bawang putih, rajang
  5. 2 tangkai daun kari
  6. 1 batang serai, geprek
  7. 1 buah bunga lawang
  8. 2 butir kapulaga
  9. 5 buah cabai hijau, belah 2 (boleh di skip)
  10. Secukupnya air
  11. Secukupnya garam
  12. Bumbu Halus
  13. 4 siung bawang merah
  14. 2 siung bawang putih
  15. 1 butir kemiri
  16. 1/2 ruas jari kunyit
  17. 1 sdt ketumbar
  18. 1/2 sdt jinten
  19. 6 cabai merah kering/ cabai merah biasa
  20. 8 buah cabai rawit
  21. 3 buah asam sunti

Langkah-langkah untuk membuat Tongkol Masak Gulai Aceh

1
Beri garam dan perasan jeruk nipis pada ikan yang telah dibersihkan. Diamkan 5 menit.
2
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
Tongkol Masak Gulai Aceh - Step 2
3
Masukkan bumbu tumis hingga bumbu harum dan menjelang matang
Tongkol Masak Gulai Aceh - Step 3
4
Masukkan serai, daun kari, bunga lawang dan kapulaga. Aduk rata hingga daun kari layu
Tongkol Masak Gulai Aceh - Step 4
5
Masukkan air, ikan dan garam, aduk perlahan.
Tongkol Masak Gulai Aceh - Step 5
6
Masak hingga ikan matang dan air terlihat menyusut. Jangan sampai terlalu mengental ya, baurkan agak berkuah. Atau dapat diatur sesuai selera karena yang banyak kuahnya juga enK. Tes rasa. Siap dinikmati.
Tongkol Masak Gulai Aceh - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Kuning Ikan Patin

Gulai Kuning Ikan Patin

Dari kapan itu ya saya kepengen makan ikan di gulai kuning. Cuma males masak. Baru kesampean sekarang deh, dan sempet masak juga. Yuk dicoba ...

5 porsi
Gulai Ikan Tuna

Gulai Ikan Tuna

Tadinya mau bikin nasi bakar tuna ... eehhh gak ada daun pisangnya

Gulai kacang panjang tempe tongkol

Gulai kacang panjang tempe tongkol

Easy, simple and love it. Karena aku suka tongkol, kacang panajang dan tempe. Kalo ketiga bahan ini menjadi satu, ulalala.. enaknya..

Kakap Gulai Kuning Yana / Pangek Masin Kakap

Kakap Gulai Kuning Yana / Pangek Masin Kakap

Penilaian : 💛💛💛💛💛 Segar kecut manis pedas nano" rasanya. 👀. Ceritanya kemarin beli Gulai kakap d salah satu Ampera Padang.. rasanya hmmm kecewa... Akhirnya berinisiatif masak setelah ke pasar ketemu ikan kakap yg segerrr... Taaarraaa jd deh. Ternyata kata bapak negara namanya "Pangek Masin" ha-ha-ha. Selamat mencoba.

4-5 porsi
Gulai Ikan Gabus

Gulai Ikan Gabus

Yeaa...si Bos besar dapet lagi ikan gabus.Ikan air tawar yang paling saya suka.

30 menit
Gulai kepala tuna / tongkol

Gulai kepala tuna / tongkol

Kenapa hanya kepala ikan???😏😏😏 Karena ikan goreng khususnya tuna ato tongkol yang laris manis hanya bagian badan sampe ekor sj..😥 bagian kepalanya selalu tinggal dan terbuang...dari pd di buang... sayang dong 😁😁 jadi mari kita berdayakan aja.

3 porsi
30 menit
Gulai kepala ikan

Gulai kepala ikan

gulai kepala kakap salah satu menu kesukaan kalo ke rumah makan padang,di rumah jg sering sekali buat ini menu,untuk anak2 bisa di skip cabe nya ya #pekan_padang #cookpadcommunity #cookpadcommunity_bali #cookpadindonesia #cookpad

Ikan Dori masak Gulai Padang

Ikan Dori masak Gulai Padang

Saya suka sekali Gulai ikan kakap. Berhubung tidak ada ikan kakap merah segar, saya ganti dengan ikan dori beku fillet. Rasanya tidak kalah enaakk....!:)

Gulai kepala kakap simple

Gulai kepala kakap simple

Ada sisa kepala kakap dikulkas, bingung akhirnya dibuat gulai

2 porsi
Gulai ikan patin

Gulai ikan patin

Mm.. ini masakan permintaan temen satu kost yang pas moment natal dia ga bisa balik kemedan dan rindu masakan emaknya. Alhamdulillah katanya bisa sedikit mengobati rindu nya hihi

Gulai pedas salai baung

Gulai pedas salai baung

Ikan salai atw kita kenal ikan asap ini saya dapat dari palembang. Buah tangan suami tercinta. Jadi deeehhh dibikin masakan ala ala palembang juga...cuma aku tambahin kemangi sedikit biar lebih maknyooss lagi..

Sup Gulai Salmon Tahu Jamur (Tanpa Santan)

Sup Gulai Salmon Tahu Jamur (Tanpa Santan)

Bahan kelas A pantesnya dimasak secara proper juga dong yah... Kali ini resepnya asem2 pedas gurih. Dijamin nambah 😚 Suami sampe angkat 2 jempol 👍🏻😁👍🏻

4-5 porsi
Gulai Ikan Mujair Kemangi

Gulai Ikan Mujair Kemangi

Awalnya mau bikin pepes, karna daun pisang lagi kehabisan. Trus kepikiran, kayaknya makan ikan berkuah santan, pakai sambal ijo plus sayur rebus enak. Dan kali ini pakai ikan mujair, karna ada stok ikan dikulkas. Cuss eksekusi, tapi pakai bumbu yang lebih ringan dan lebih seger.