Bagaimana Membuat Gulai Ayam Kampung yang Enak

Dipos pada August 17, 2022

Gulai Ayam Kampung

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Gulai Ayam Kampung yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Gulai Ayam Kampung yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Ayam Kampung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai Ayam Kampung ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Gulai Ayam Kampung yaitu 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai Ayam Kampung bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Gulai Ayam Kampung memakai 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Gulai adalah salah satu masakan favorit keluarga, selain soto, dan tongseng. Kuah santan yang gurih menambah semangat makan anak-anak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ayam Kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung di potong 12 rebus sampai empuk
  2. 1 ruas jari lengkuas geprek
  3. 1 ruas jari jahe geprek
  4. 3 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 2 btg serai geprek
  7. 1 bngks santan kara 65ml
  8. 1 buah gula merah yang bulat
  9. secukupnya garam
  10. bumbu halus:
  11. 6 siung bawang merah
  12. 4 siung bawang putih
  13. 1 ruas kunyit
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 1 sdt lada
  16. Pelengkap :
  17. secukupnya Bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ayam Kampung

1
Rebus ayam sampai setengah matang.
2
Tumis bumbu halus dan bumbu yang lain sampai harum.
3
Tambahkan air kaldu secukupnya dan ratakan dengan bumbu.
4
Setelah mendidih,masukkan ayam yang sudah di rebus tadi, diamkan agar bumbu meresap.
5
Tambahkan air kaldu yang masih ada, hingga semua bagian ayam terendam kuah.
6
Setelah mendidih, masukkan santan kara dan aduk perlahan supaya tidak pecah. Masukkan juga gula merah yang disisir halus.
7
Lakukan tes rasa dan taruh dalam mangkuk saji. Jangan lupa di beri taburan bawang goreng. Sedaaap dan mantab.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ayam Padang ala rumahan

Gulai Ayam Padang ala rumahan

Memasak itu memiliki takarannya masing masing, ini selera ku. Tetapkan takaran mu? (No micin dulu :D )

8 porsi
Gulai Ayam Kaldu Sapi

Gulai Ayam Kaldu Sapi

Bingung mau apa yg diceritakan. Yg lain posting daging sapi.nya sy malah posting kaldu sapi.nya. Hehe. Sapi.nya ga mampir ke rumah sy πŸ˜‚ Kebetulan sy biasa stock rebusan air kaldu tulang sapi. Sy simpan dalam kantong2 plastik di freezer. Suami sy orgnya chicken lover πŸ˜… jadi paling sering ada stock ya daging ayam. Tetap ada batasan makan. Kali ini sy buat gulai ayam, sudah sering sebelumnya. Tetapi yg sebelumnya lebih pedas, klu yg sekrg lebih kuning, cabe.nya sedikit - pakai cabe keriting, dan santan kental.nya agak banyak. Kasihan si kakak klu terlalu pedas. Tetapi klu kurang merah bisa ditambah jumlah cabe merah/ keriting.nya.

Gulai ayam kentang

Gulai ayam kentang

#SatuResepSatuPohon

Gulai Ayam #BikinRamadanBerkesan

Gulai Ayam #BikinRamadanBerkesan

#BikinRamadanBerkesan Hari pertama. Setiap menyambut datangnya bulan ramadhan selalu saja diwarnai celoteh anak ponakan dan adek. Menu apa nantinya yang akan dihidangkan saat sahur nanti. Semua semangat mengutarakan menu yang jadi favorit masing2 😁. Tapi tentunya tak lepas dari menu berbahan dasar ayam, kayaknya sudah sehati dengan ayamnya πŸ˜‚.. favorit anggota keluarga. Marhaban ya Ramadhan dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang melaksanakan 😊

Gulai Ayam #pr_recookrancakbana

Gulai Ayam #pr_recookrancakbana

Gulai ayam Padang favorite bgt deh klo mesen heheh tapi skrg ga perlu mesen bisa masak tanpa perlu beli lagi πŸ‘ŒπŸ» Source : Dapur Kiki

Gulai ayam

Gulai ayam

Minggu ke-43 #PejuangGoldenApron2 #cookpad_id #cookpadcommunity_jakarta #berburucelemekcookpad #berburucelemekemas

Gulai ayam telor so simple by desaku

Gulai ayam telor so simple by desaku

Ceritanya sih lagi coba bumbu gulai dari desaku... Biasanya sy pakai bumbu rempah kasar untuk membuat gulai. Pngen coba yg simple. Walaupun dr segi rasa dan wangi jauh bgt dari gulai padang. Heeee. Tp lumayan enak jg sih.

Gulai Ayam Kampung Suwir

Gulai Ayam Kampung Suwir

Suami request dibikinin masakan yang bersantan tapi seger. Cuss eksekusi ayam kampung di buat gulai, karna santannya ga kentel jadi seger.

Gulai Ayam Suwir

Gulai Ayam Suwir

Buat yang tinggal di Jogja, mungkin pernah dengar warung makan yg jual Gulai Ayam enak di Jl. Moses Gatotkaca. Berhubung saya sudah ngga berdomisili di Jogja, jadi untuk memuaskan hasrat ngidam ini akhirnya coba bikin sendiri (termasuk sambalnya). 99% mirip rasanya ☺️

4 porsi
Gulai ayam santan

Gulai ayam santan

Berhubung 1 buah kelapa air santannya cair bgt jd ku tambahkan kara santan instant..

Gulai Ayam

Gulai Ayam

4 orang
Gulai Ayam Kentang

Gulai Ayam Kentang

Gule adalah salah satu masakan kesukaanku. Biasanya saya memasak gule daging sapi atau daging kambing. Namun karena saat ini saya sedang mengurangi daging hewan kaki 4, maka saya ganti dengan daging ayam dan kentang. Rasanya ternyata tidak kalah sedapnya.

1 porsi
Gulai Ayam Padang

Gulai Ayam Padang

Lebaran kali ini ga mudik alias pulang ke rumah orang tua, walhasil kita2 ini mahmud yang masak untuk makan bareng sama tetangga2 satu gang. #dirumahaja #TiketMasukGoldenApron3 #Dapurumi #Umi'scooking

20 porsi
60 menit