Bagaimana Membuat Gulai Daun Ubi yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 28, 2022

Gulai Daun Ubi

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Daun Ubi yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Gulai Daun Ubi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Daun Ubi, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Gulai Daun Ubi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai Daun Ubi dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda bisa membuat Gulai Daun Ubi memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Gulai daun Ubi ini merupakan resep warisan dari mama. Dan sekarang menjadi menu kesukaan anak2. #cookpadcommunity_sumut #resepkhassumaterautara #cookpadmedan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Daun Ubi:

  1. 1 ikat daun ubi, petik daun mudanya
  2. 2 buah kencong, diiris
  3. 1 ltr santan dari 1/2 butir kelapa
  4. Secukupnya garam, gula Dan Penyedap
  5. Bumbu Cemplung :
  6. 1 batang serai, geprek
  7. 1 ruas jari lengkuas, geprek
  8. 2 lbr daun salam
  9. 3 lbr daun jeruk
  10. Bumbu Halus :
  11. 5 siung bawang putih
  12. 8 butir bawang Merah
  13. 5 buah cabe merah
  14. 3 butir kemiri
  15. 1 cm jahe
  16. 2 cm kunyit
  17. 2 sdm ebi, direndam air panas
  18. 1/2 sdm ketumbar
  19. 1/2 sdt merica

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Daun Ubi

1
Rebus Daun Ubi tambahkan air abu 1 sdt biar cepat empuk. Rebus sampai matang. Buang air rebusan, cuci lagi daun ubi 2 Kali. peras airnya sampai kering lalu potong2 kecil, sisihkan.
Gulai Daun Ubi - Step 1
2
Masukkan semua bumbu halus ke blender. Haluskan.
3
Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bumbu cemplung, kencong, aduk- aduk bentar, tuangi santan, masak sampai mendidih.
Gulai Daun Ubi - Step 3
Gulai Daun Ubi - Step 3
Gulai Daun Ubi - Step 3
4
Masukkan daun ubi yg sudah dipotong tadi, garam, gula, penyedap. Aduk rata. Masak lagi sampai mendidih. Cicip rasa. Sudah pas matikan api kompor.
5
Siap sajikan dengan sepiring nasi Dan sambal terasi.
Gulai Daun Ubi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

250. Gulai Taboh Ikan Asap Khas Lampung

250. Gulai Taboh Ikan Asap Khas Lampung

Challenge accepted mba @yoeni_pawonbyFAA 🙏 entah ini beneran disebut gulai Taboh Khas Lampung apa engga.. Tapi saya sudah berusaha... Hehehe ,✌ Saya yang bukan orang Lampung bener-bener tertantang buat bikin masakan khas lampung jadinya.. Hehehehe.. Sekilas gulai taboh mirip seperti lodeh, tapi bumbu nya sedikit berbeda. gulai taboh biasanya berbahan dasar ikan, kalau kata orang Lampung, kebanyakan gulai Taboh berbahan dasar dari Ikan Asap di campur dengan umbi-umbian dan kacang-kacangan.. Wangi dari ikan asap ini yang membuat berbeda.. Citarasa Lampung banget katanya , 👌 Untung masih sempat share resep di ujung waktu 🙏 mianhae.. Source: Fimela.com #SemeruColam #SeleraMasakNusantaraLampung #Colam_ApiKabaghNikeu #CookpadCommunity_Malang

Gulai taboh ikan salai simple

Gulai taboh ikan salai simple

Resep favorit orang serumah. G ribet juga masaknya. Biasanya pke labu kuning, berhubung lagi g ada. Klo mau ada rasa lebih manis, boleh tambah gula. Klo saya g pke gula lagi, soalnya jagung nya sudah manis.

8 orang
25 menit
Gulai Otak Sapi

Gulai Otak Sapi

Rabu, 24 Nov 2021 Bismillah Ceritanya Senin kemarin, gak sengaja ngeluarin otak sapi dari frezeer, nanya paksu mau dimasak apa, beliau request gulai, waduhhh belum pernah buat nih.. rada maju mundur.. Langsung nyari lagi deh resep dicp, nemu resep mbak Titik @cook_16567280 (Kendal, Jawa Tengah), dan ada beberapa penyesuaian, jadi kemarin pagi sudah siap-siapin bumbunya, tapi ada beberapa bumbu yang habis, lari kepasar dulu deh, sekalian anter cila sekolah, siangnya nyoba buat.. dan hasilnya... Alhamdulillah paksu & kiddos suka.. Saya masukin daging sedikit, biar saya bisa ikut icip juga..😅 Bakal jadi Resep favorit nih 🤗 Resep asli mba Titik 👇 : https://cookpad.com/id/resep/12724300-gulai-otak-sapi?invite_token=BXAT1nV5UFae5ys9y5SN6cx6&shared_at=1637740017 "Makasih mbak Titik contekan resepnya, sukses🤗🙏🏻" #Masaksetiapbagian #Rekreasi_Semarang #WongkitoSanjo_keSemarang #Cookpadcommunity_palembang #Cookpadcommunity_id #berbagiinspirasi #masakitusaya #cookpadindonesia #Temansetiapmomen #stayathome #dirumahaja #kedapuraja

53. Gulai Pakis

53. Gulai Pakis

Sayur nya cuma ada pakis hasil metik di mamang sayur 😁 #IdeMasakku

1 mangkok
±30 menit
Gulai kikil sapi

Gulai kikil sapi

Tiba-tiba pengen gulai kikil malam" Alhasil pagi langsung eksekusi

6 porsi
30 menit
Gulai kikil (tunjang)

Gulai kikil (tunjang)

Kikil adalah salah satu bahan makanan yg berasal dari kaki sapi. Kikil yang dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur dan cita rasa yang empuk dan gurih. Disini saya menggunakan kikil yg agak tebal, saya beli di penjual langganan, biasanya sudah direbus. Jadi saya tinggal merendamnya sebentar dengan air hangat setelah memotong2nya. Tujuannya selain utk mencuci kikil tsb juga supaya tidak berlendir saat dimasak. Favorit di rumah adalah kikil pedas manis yaitu oseng dibumbui kecap dan cabe hijau keriting. Berhubung sekarang sudah dekat dengan Idul Adha, jadi saya masak dengan kuah santan ala rumah makan padang #PekanPosbar #PosbarIDAMAN #KampungIdaman #OlahanDagingKurban #CookpadCommunity_Bandung

Gulai Cincang

Gulai Cincang

Makanan ini selalu bikin selera makan nambah apalagi kalau ditemani dengan potongan mentimun dan balado terung. Tapi yang bikin gak kuat proses masaknya yang lama. Maklum saya belum paham trik agar tetelan sapi ini cepat empuk.😆 Musim hujan kayak sekarang menu ini dirasa pas disantap karena rempahnya yang kaya mampu menghangtkan tubuh. Yuk bikin.

5 orang
2 jam 30 menit
Gulai Ikan Kuwe/Rambeu (Menu budget 50rb)

Gulai Ikan Kuwe/Rambeu (Menu budget 50rb)

Senin, 08.11.21 .. Assalamu'alaikum sobat Cookpad, semoga selalu sehat semuanya. Lama ga nulis dan posting resep,, hari ini diniatin bikin resep walaupun sudah terlambat utk Posbar Semarak Clover yg harusnya kmrn Sabtu, 06.11.21 .. Tema Semarak kmrn Sabtu "Menu Budget 50k" dgn penentu tema Mba @Ragil_wulan .. Maafkan ya Mba Ragil, diriku yg terlambat ikut Posbar dikarenakan fisik dan banyak kesibukan yg membuat sy ga bisa goyang dapur. Oea dgn budget 50k, sy membuat menu ikan kuwe/rambeu, goreng tempe dan goreng ikan asin. Sebenernya masih mau tumis sawi putih seharga Rp 2.000 tapi berhubung gulai ikannya udah ada kacang panjang nya jadi sawi putihnya sy simpan utk masak besok aja. Kalau terlalu banyak menu di meja makan kebiasaan malah ada yg ga ke makan. NB: foto langkah menyusul, galeri hp penuh. #GAMasak_50k #SemarakMasak_50k #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Aceh #ResepDapurNauzalla #DapurNauzalla_ikan

Gulai Jantung Pisang

Gulai Jantung Pisang

Bismillah.... Assalamu'alaikum... Jantung pisang ni adalah favoritnya swamy...pulang kerja bawa jantung pisang dikasih temenya....langsung dh eksekusi... Keinget mba @indahmei pernah bikin gulai...lgs dh searh di CP....😅😅🥰🙏 Mba indah adalah salah 1 author favoridQuu🥰😘😘😘..krna beliau super rajinnnn👍👍👍 💚Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan : - Mencegah Dampak Buruk Radikal Bebas. ... - Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi. ... - Menurunkan Risiko Diabetes. ... - Menjaga Kesehatan Pencernaan. ... - Mampu Meningkatkan Mood. ... - Mengurangi Efek Menstruasi. ... - Mengatasi Infeksi. ... - Mencegah Kanker. #LihaiCooksnapNov_semarang #semangcookHokya #cookpadCommunity_semarang

Gulai Pakis Teri

Gulai Pakis Teri

Gulai pakis favorit ku banget,tapi diBangka jarang² ketemu pakis,pas ketemu langsung beli,anak²ku baru ini kecicip gulai pakis,pada bilang enaak 🤭 #CookpadCommunity_Palembang

Gulai paku /Gulai daun pakis

Gulai paku /Gulai daun pakis

Resep detailnya bisa dilihat di youtube channel " Dapur Irez" 👌👌👌

Gulai Daun Singkong ala Masakan Padang

Gulai Daun Singkong ala Masakan Padang

Pengen explore tanaman yg ada di sekitar rumah. Jd ceritanya ini singkong tanaman tetangga. Minta dikit buat bikin sayur hehe.

Gulai Daun Singkong Teri

Gulai Daun Singkong Teri

15/09/2021. Alhamdulillah...bisa ikut memeriahkan kembali #Goda_Paders #KomunitasPaders yg di rabu pekan cooksnap ini hadir dgn tema " Masakan Dedaunan " atau nama bekennya lockdown alias laukdaun😅. Sy cooksnap resep gulai daun singkongnya mba oliv @oliveiafaizin ,dengan sedikit penyesuaian di cara masak & bahan (krn menyesuaikan dgn bahan yg ada),lalu saya tambahkan teri biar gulainya ga kesepian😁. #GodaSnap_Getdaun #Goda_Cooksnap #cookpadindonesia #olahandaunsingkong #anekagulai

Gulai Kol Kacang Panjang

Gulai Kol Kacang Panjang

Salah satu menu sayur saat makan di RM Minang, selain rebusan daun singkong. Sayur ini juga favorit putri bungsuku. Boleh pakai geprekan lengkuas saat menumis bumbu. Saya skip krn lg gak ada stok. Jika menghaluskan bumbu memakai blender, gunakan sedikit minyak goreng sebagai ganti air, utk memperlancar proses penghalusan.

8 porsi
30 menit
Gulai putih

Gulai putih

Selain toge dan wortel Bisa juga diganti kol dan buncis

Gulai Daun Singkong with Iga Sapi

Gulai Daun Singkong with Iga Sapi

Panen daun singkong dikebun sendiri. Binggung mau dimasak apa? Karena masih ada sisa tulang iga dikulkas. Eksekusi seadanya aja.

Gulai Nangka Padang

Gulai Nangka Padang

Siapa sih yang gak suka masakan Padang? Salah satu yang bikin enak dari si masakan padang adalah Gulai Nangkanya ini. Yuk ah yang pengen ikutan bikin.

Gulai Cincang

Gulai Cincang

Punya daging sengkel dan tetelen, coba buat gulai cincang dari resepnya mba @Mamikembar_ , terimakasih 🙏❤️ Bahan saya sesuaikan, dan agar anak-anak bisa ikutan makan jadi seperti biasa cabe saya buang bijinya ☺️ #CSDepok_Lydia #Rekreasi_Depok #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id