Bagaimana Membuat Gulai Cincang yang Enak

Dipos pada October 17, 2022

Gulai Cincang

Sore-sore begini enaknya membuat Gulai Cincang yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Gulai Cincang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Gulai Cincang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai Cincang ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Cincang oleh krasi mommy. Tetap dengan bahan yang sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Gulai Cincang memakai 23 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Duh sampe ga punya foto pocan nya πŸ™ˆ. Jadi ini stlh mateng lsg saya packing buat dikirim ke mamah saya. Udah ga sempet lagi di foto2 buat disajikan wkwkwk. Tapi soal rasa yaa...endols bangeet. Syeneng dong bisa bikin gulai cincang sendiri, krn bisa sesuaiin pemakaian lemak2 di masakannya. Walaupun sebetulny kalau tdk pakai banyak lemak jadi ga bisa sama persis dg gulai cincang yg ada di RM. Padang. But isokeey laah....udah mirip bgt rasanya. Resep sy dpt dari mertua sepupu saya, gulai cincang beliau selalu hadir kalau sdg kumpul keluarga besar. Dan krn semenjak pandemi keluarga besar kami belum pernah kumpul2 lagi, jadi kangen beraat dong pastinya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Cincang:

  1. 1 kg daging sapi, masukkan lemak2ny kalau ada
  2. 1 bks santan kara 65ml campur air 100ml
  3. 2 ltr air
  4. 1,5 sdm bumbu bubuk kambing
  5. 15 buah cabe rawit hijau (opsional)
  6. Bahan Cemplung
  7. 2 lbr uk.sedang daun kunyit
  8. 2 ruas jari lengkuas, geprek
  9. 2 btg besar sereh, geprek ikat
  10. 10 lbr daun jeruk, remas2
  11. 4 butir kapolaga
  12. 2 buah bunga lawang
  13. 3 buah cengkeh
  14. 1 ruas jari kayumanis (kecil)
  15. secukupnya Garam dan kaldu jamur
  16. Bumbu Halus
  17. 17 siung bawang merah
  18. 7 siung bawang putih
  19. 5 cm jahe
  20. 1,5 ruas jari kunyit
  21. 1 sdm bubuk ketumbar
  22. 1 buah biji pala uk.sedang
  23. 2 sdm cabe merah giling (atau 10-15 buah cabe merah)

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Cincang

1
Siapkan bahan2ny, haluskan bumbu. Tumis bumbu halus dg minyak secukupnya. Masukkan bumbu cemplung. Beri garam, aduk rata lagi.
Gulai Cincang - Step 1
Gulai Cincang - Step 1
Gulai Cincang - Step 1
2
Stlh bumbu harum, masukkan daging yg sdh dipotong2 dadu kecil. Aduk rata sampai seluruh bagian daging dilumuri bumbu.
Gulai Cincang - Step 2
3
Masukkan air. Masak daging sampai daging empuk dg memasukkan air secara bertahap. Apabila air sdh susut tapi daging belum empuk, tambahkan air lagi. Teruskan beri air sampai daging empuk. Kebutuhan air bisa kurang dr 2ltr dan bisa lebih tergantung cepat tdkny daging menjadi empuk. Sesuaikan lagi yaa. Masukkan cabe rawit hijau dan masukkan bumbu kambing.
Gulai Cincang - Step 3
Gulai Cincang - Step 3
4
Jika daging sdh empuk, masukkan campuran air dg santan kara. Masak lagi sampai mendidih sambil diaduk terus agar santan tdk pecah. Matikan kompor jika kuah sdh mendidih lagi, gulai cincang siap disajikan. Note: saat memasak gulai ini saya merasa kuah gulai terasa lbh sedap ketika belum dimasukkan santan. Ketika santan masuk jadi agak terasa seperti masakan rendang/kalio. Next akan saya coba masak ini lagi tanpa santan.
Gulai Cincang - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lele asam pedas kuah santan (Gulai ikan lele)

Lele asam pedas kuah santan (Gulai ikan lele)

Menu masakan simpel menurutku itu adalah makanan yg dalam 1 menu itu sudah terpenuhi protein dan sayurannya, jadi dalam 1 menu tuh udah termasuk lauk dan sayuran. Kadang kalau masak 1/1 menu kan butuh banyak waktu, nah kalo dibikin 1 menu gini, cukup menghemat waktu. #Cookpadcommunity_semarang #semangcookhokya

Gulai sapi bumbu indofood

Gulai sapi bumbu indofood

Masak mudab dan ndak ribet

5 porsi
45 menit
Gulai Tempe, Kol, dan Terong

Gulai Tempe, Kol, dan Terong

Bismillah.... . #PejuangGoldenApron3 #Gulai

Gulai Jeroan Kambing

Gulai Jeroan Kambing

Assalamu'alaikum Masih mengolah daging kurban ... Hari ini mengolah jeroan kambing... aku bikin gulai aja lah yang mudah. Masih pake resep mba kiki.. Makasih resepnya ya mb... semoga sehat sehat selalu.πŸ€—πŸ€— Source : @7rizandinikiki Saya bikin 1/4 resep mb Kiki #genkpenjuangdapur #Remembergenkpeda_KikiRizqiAndini #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #KopiJos #PosbarIdaman #KampungIdaman #OlahanDagingKurban

Gulai Kundur Udang Kering

Gulai Kundur Udang Kering

3 porsi
30 menit
Gulai pucuk ubi, Telur dan jengkol

Gulai pucuk ubi, Telur dan jengkol

Setelah hampir 1bulan gak masak dikarenakan sakit dan gak selera makan tiba" pengen bikin gulai jengkol dg pucuk ubi...krn anak ku gak makan jengkol aku tambahin telur aja utk lauknya. Alhamdulillah makan km sekeluarga lahap. Selamat mencoba resepnya bagi yg ingin mencoba smg menginspirasi ya 😊

6 orang
30 menit
Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Udah lama ga masak daun singkong,,lagi kangeun dimasak kuah, bikinlah gulai daun singkongπŸ˜‹ Source : Susi Agung #cookpadcommunity_Cilegon #cookpadcommunity_Banten #pekanposbar #pekanposbarsayurlebaran #kampungramadan

Gulai ayam

Gulai ayam

#PekanCooksnap Untuk pekan cooksnap kali ini saya adaptasi dari resepnya mbak Ana Rafa Fadhlillah/ @AnaButterfly21 Mumpung weekend masak yang agak ribet dikit. Disini saya masak cuma ayam tanpa tahu dan telor.

Gulai Ikan Mujair

Gulai Ikan Mujair

Anakku smpe 3x nambah bund πŸ˜† yg suka pedes tinggal tambahin cabe sesuai selera. Kali ini cabe nya sy pisah krn utk anak jg.. Resep nya simple nih. Sy lupa resep nya dr siapa, krn wktu itu lupa save resep nya. Jd asal cemplang cemplung aja eh jadinya enak ternyataπŸ˜‚πŸ˜‹πŸ˜‹bikin sama2 yok bund 😍

3-4 orang
30 menit
Gulai terong hijau tempe dan udang halus

Gulai terong hijau tempe dan udang halus

Resep dari ibu saya sendiri, terinspirasi untuk membuatnya karna banyak terong hijau di rumah, dan bingung mau di masak gimana gimana lagi agar tidak bosan :)

5 orang
30 menit
Gulai singkong teri

Gulai singkong teri

#gulaisingkongteri #dapurmami #pejuangdapur

5 orang
30 menit