Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) yang Enak Banget

Dipos pada January 7, 2023

Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos)

Bagaimana membuat Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) adalah 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, waktu yang diperlukan dalam memasak Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) diperkirakan sekitar 30 menitan.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) oleh krasi mommy. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Di daerah asal saya laris banget gulai ini, tapi karna jauh dari rumah, akhirnya buat sendiri di negri serambi mekah dengan bahan seadanya. Check it out!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos):

  1. 2 ekor Ikan sale
  2. 8 buah Cabai rawit
  3. 4 siung Bawang merah
  4. 1 siung Bawang putih
  5. 1 buah Tomat kecil
  6. 1 kotak Santan
  7. secukupnya Kunyit bubuk
  8. Garam
  9. Totole

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos)

1
Siapkan bahan2 yg diperlukan. Di sini saya memakai bahan2 instan seperti kunyit bubuk, santan kemasan, dan cabai goreng yang memang digunakan sebagai stock harian biar proses memasak bisa lebih cepat. Maklum anak kosan mengutamakan cepat dan enak, hehehe..
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 1
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 1
2
Resep bumbu halusnya terdiri dari cabai rawit 8 buah, tomat kecil 1 buah, bawang merah 4 siung, bawang putih 1 siung. Haluskan semuanya, lebih bagus lagi ditambahkan jahe. Tapi tanpa jahe pun tetap enak kok. Kemudian goreng/tumis bumbu halus hingga wangi.
3
Kemudian tambahkan santan secukupnya sesuai selera. Karna saya suka banyak kuah saya masukkan 1 kotak santan (ukuran 125 ml kalo gak salah). Jangan lupa masukkan juga kunyit 1 sdt dan aduk2.
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 3
4
Setelah agak mendidih, masukkan ikan sale yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Aduk perlahan agar santan tidak pecah.
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 4
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 4
5
Koreksi masakan dengan garam dan totole sesuai selera. Masak selama kurang lebih 30 menit, jangan sampai ikannya hancur.
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 5
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 5
6
Masakan siap dihidangkan!
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 6
Gulai Ikan Sale (simpel ala anak kos) - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ayam

Gulai Ayam

3-4 orang
40 menit
Gulai Ayam Bumbu Instan

Gulai Ayam Bumbu Instan

Minggu ke 10, lagi malas buat bumbu gulai. Akhirnya mencoba menggunakan bumbu instan, ternyata enak juga. #GA_TheNextLevel

Gulai Daun Singkong dengan Teri Asin

Gulai Daun Singkong dengan Teri Asin

Daun singkong dan teri asin duo paling pas untuk di masak jadi gulai daun singkong, sayur yang pas banget untuk melengkapi menu makan 4 sehat siang hari ini. Pasnya lagi untuk ikut event jago Recook solo 2 di hari terakhir (tim mepet wkwkwk) dan bangga kirim recook. Pas Kan? πŸ˜‡ source Farhah #banggakirimrecook #FinalJagoRecook_Solo2 #wongsolomasak #cookpadcommunity_solo #pejuanggoldenapron3 #mingguke13

Gulai Vegan ala Anak Kos

Gulai Vegan ala Anak Kos

Sebenarnya mau buat gulai ayam. Pas ke pasar ngeliat ayam yang dijual pucet dan biru biru kayak abis kena tonjok jadi gak jadi deh. Biar bumbu gulai nya ga nganggur jadi tetep aja dimasak dengan bahan bahan yg ada dikulkas. Cemplang cemplung jadi dehhhhhhhh...gulai vegen gua sebutnya sih. Di masak di rice cooker, pemasak serbaguna, cinta banget deh sama alat yang satu ini.

Gulai kurma Padang

Gulai kurma Padang

Eitss.. bukan!! Bukan kurma buah yg digulai. Ini semacam gulai daging yg gurih manis gitu asli Padang. Bikin boros nasi apalagi cocok buat anak krn gak pedas

Gulai Ikan Patin ala "Smart Pressure Cooker Vienta"

Gulai Ikan Patin ala "Smart Pressure Cooker Vienta"

Alhamdulillah SPC ini memang sangat membantu dalam mewujudkan keinginan untuk tetap bisa menyediakan hidangan untuk keluarga tetapi mempunyai waktu yang terbatas, bayangkan gulai ikan patin ini hanya perlu waktu 13 menit dari mulai numis bumbu sampai matang sempurna dan yang penting lagi bisa ditinggal dan tinggal nunggu alarm tanda udah matang dan tingkat kematangan ikan benar2 pasπŸ˜‹

Gulai Kambing

Gulai Kambing

Ngabisin stok daging qurban dikulkas biar cepet ganti menu baru πŸ˜ƒ #PejuangGoldenApron3

5 orang
1 jam
Gulai cumi dan telor

Gulai cumi dan telor

Assalamualaikum πŸ™πŸ–οΈ,semoga semua sehat selalu.. WFH dan lagi Imlek 2021,suami minta dibuatkan cumi gulai yg isinya tahu.bumbu gulai ini kental dan kuahnya saja enak,jadi sayang kalau cuma isi cumi saja,aku memasukan telor dan juga tahu🀭dasar ngirit ya...tapi memasak ini,bisa mewakili bagi yg tdk suka cumi,bisa makan telor atau tahunya sajaπŸ˜ŽπŸ˜€

20 porsi
45 menit
Gulai Pucuk Ubi/ Gulai Daun Ubi

Gulai Pucuk Ubi/ Gulai Daun Ubi

Lama sekali rasanya sudah tak mencicipi gulai pucuk ubi lagi. Kebetulan ibu belanja pucuk ubi daripada ditumis melulu sekarang saya masak gulai. Lebih endeus untuk menu buka puasa dan sahur hehehe. Enak banget daun ubinya lembut dan kuahnya gulai banget πŸ’– #gulai #gulaipucukubi #gulaidaunubi #daunubi #pucukubi #ubi #bukapuasa #sahur #menusahur #menubukapuasa #FestivalRamadanCookpad #tiketmasukgoldenapron3 #goldenapron3 #sayur #cookpdid #dirumahaja

2 mangkuk
Gulai Pindang Dusun

Gulai Pindang Dusun

Pindang dusun, praktis dimasak

4 Porsi
25 Menit
Gulai Tauco Buncis Tahu

Gulai Tauco Buncis Tahu

Menu berbuka puasa ditemani dengan Balado Ikan Goreng..Hmm nikmatnya..Disini saya tambahkan kerupuk kulit dan pete krn kebetulan ada stocknya dirumah. Kalau tidak ada biasanya saya buat dengan buncis dan tahu aja sudah nikmat kok.

Gule sapi

Gule sapi

2-3orang
3-4jam
Gule Nangka

Gule Nangka

Tak ada daging, nangka pun jadi. Biasanya gule pakai cabe dan pedas. Tapi krn agar anak bisa ikutan makan, saya tidak pakai cabe untuk buat gule ini.

Gulai daun singkong

Gulai daun singkong

Kali ini masak Gulai daun singkong trus di jodohin sama ikan lele goreng dan sambel terasi.. wadidaw.. πŸ˜„

8 orang
1 jam
Sambal pendamping sate dan gule

Sambal pendamping sate dan gule

Makan kalau ngak ada sambel rasanya ada yang kurang,tadi masak gule terus ngak lenkap klw ngak ada sambelnya jadi ya langsung buat sambel yang simpel

Daun singkong bumbu gulai

Daun singkong bumbu gulai

Ceritanya lagi kangen bgt sayur daun singkong buatan ibu..rasanya lama bgt ga makan karena lama jg gak mudik... di sidoarjo daun singkong jg sangat langka... Kemarin iseng" psen di dagang sayur.. Eh alhamdulillahnya dapet.. Rasanya seneng bgt.. Langsung deh eksekusi

Gule kepala kakap

Gule kepala kakap

Sebenernya kalo ga niat banget bikin gule tuh males sih 😁, karena aga ribet dan bumbunya superduper kumplit. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasak gule kepala kakap. Karena kepala kakap ini mudah sekali matang dan hancur, maka dari itu gunakan api kecil ketika kepala kakap sudah masuk wajan dan jangan terlalu sering membolak-baliknya. Tips selanjutnya jangan membuang insang. Pengalaman saya kepala kakap menjadi hancur saat kita membuang insangnya. #gulekakapmerah #gulekakapkuning #gulekakappadang #masakanpadang #resepnusantara #resepgulekakap #resepkepalakakap #gulekepalakakap #doyanmasak #doyanmakan #cookwithlove #resepmasakan #gulekepalakakap #dk_gulekepalakakap #resepdapurkeluarga #dapurkeluarga #dapurkeluargabytia

2 orang
kurleb 1 jam