Bagaimana Menyiapkan Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan yang Lezat

Dipos pada May 24, 2023

Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Rindu masakan ibu d ranah minang, coba2 masak sendiri, Alhamdulillah nikmat ๐Ÿ˜Š Bumbunya bs disesuaikan dengan kesukaan bunda2 dirumah hehehe Selamat mencoba dn berekspresi men ๐Ÿ˜

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan:

  1. 1 ekor ikan tongkol ukuran sedang (bisa ikan lain)
  2. 30 biji cabe rawit (boleh lebih kalau suka pedas)
  3. Seikat kacang panjang
  4. Santan
  5. secukupnya Garam dan gula
  6. 2 lembar Daun jeruk
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 Daun serai
  9. Secukupnya jahe, lengkuas, kunyit
  10. 6 buah Bawang merah
  11. 3 buah bawang putih
  12. Minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Gulai ikan tongkol (masakan khas minang) masakan rumahan

1
Giling cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, jahe, lengkuas dan kunyit
2
Tumis dengan minyak secukupnya dan masukan daun salam, daun jeruk dan sereh sampai wangi
3
Setelah wangi masukan ikan tongkol yang sudah dipotong, ratakan dengan bumbu
4
Setelah 2 menit masukkan santan, lalu aduk supaya tidak pecah santan
5
Setelah hampir matang masukan kacang panjang, masak sampai kacang panjang sudah agak lunak
6
Koreksi rasa, jika dirasa sudah pas saatnya disajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Telur Puyuh Simple

Gulai Telur Puyuh Simple

Ini tuh masakan yg sangat sangat simple, bahannya jg hemat laah pas dikantong. Lebih enak di sajikan dengan nasi hangat, sambel ijo, ikan asin tipis yg digoreng kriuk dan kerupuk (Makan nya di sawah gitu bareng-bareng biar mkn nikmat ๐Ÿคญ) Cobain deh..

Gulai Ikan Campur

Gulai Ikan Campur

Kok gulai ikan campur sih judulnya. Emang ada ya ikan yang namanya campur. Adalah ikannya di masaknya di campur dengan bahanยฒ lain jadinya namanya gulai ikan campur. Bingung soalnya mau kasih judul apa. Sebenarnya niat awalnya cuma mau bikin gulai ikan aja, tapi anakยฒ mintanya macemยฒ yang kakak minta telor ceplok, yang adek minta sayur sop... is...is...is... anakยฒ mah gitu, banyak maunya.... Nah di saat seperti inilah emakยฒ langsung putar otak biar anaknya gak kecewa. Akhirnya jadilah gulai ikan ini dengan isi yang beraneka macam, ada kentang, ada wortel dan telor ceploknyapun gak ketinggalan.. Alhamdulillah saat di hidangkan anakยฒ lahap banget makannya. Si adek yang suka wortel + kentang malah doyan banget makan walaupun wortel + kentangnya bukan di buat sayur sop, dan si kakakpun tetap bisa makan telur ceplok versi kuah ala mama.

3 porsi
Gulai Sotong Padang

Gulai Sotong Padang

One of my favorite ๐Ÿ˜๐Ÿ‘ Maaf ya Moms tanpa poto tutorialnya kali ini ๐Ÿ™ #KulinerPadang #CookpadCommunity_Batam

1 kg
Gulai salmon mix telor puyuh-MPASi 12 Bulan

Gulai salmon mix telor puyuh-MPASi 12 Bulan

Buka kulkas adanya ikan salmon, telur puyuh, tofu dan santan jadilah aku bikinin si bayi gulai ala ala baby gitu. 2

Gulai telur dengan daun mangkokan (tapak leman)

Gulai telur dengan daun mangkokan (tapak leman)

Gulai telur dicampur dengan daun tapak leman ini kasi sensasi rasa yang beda tapi enakkk.. masakan favorit resep dari mama tercinta.

Sayur gulai daun singkong

Sayur gulai daun singkong

Masak daun singkong memang harus ekstra sabar. Karena harus benarbenar empuk biar bisa dinikmati

Gulai ayam padang

Gulai ayam padang

Pengen masak yang simple..tapi rasanya ga simple..๐Ÿ˜ #siapramadhan #gulaiayampadang #masakanpadang

8porsi
Gulai Kepala Kakap

Gulai Kepala Kakap

Gulai Kepala Kakap makanan favorit saya. Kebetulan suami ga suka jadi setiap diajak makan di resto jadi tidak asik karena mesti makan sendiri. Daripada nahan selera saya coba explore dengan dimodifikasi sesuai selera saya. Selamat mencoba !

untuk 4 porsi
Gulai kakap merah + telur

Gulai kakap merah + telur

MasyaAllah,perdana masak ikan kakap merah trs nyariยฒ resep nemu resepnya bunda niar gulai ikan kakap,tertarik pengen langsung eksekusi,nyari belimbing wuluh sampai ke rumah kakak,kebetulan punya saya belom berbuah,ini ma juara rasanya lebih enak dari yang ada di warung padang...menurut saya sih.hihihi termakasih bunda niar resepnya,saya pakai santan kara bund dan pakai cabe merah besar bukan keriting, karena itu yang ada di rumah. #GulaiIkanKakapTelur #GulaiIkanKakap #CookpadCommunity_Surabaya #Cookpad_Community #Cookpad_indonesia #Cookpad_Gresik #CookpadGresik #CintaLuarBiasa #imaimeygulaikakapmerah #Olahanikanimaimey

Gulai Telur Tahu Kesayangan

Gulai Telur Tahu Kesayangan

Suami baru pulang dari luar kota...minta gulai telur...ok dch...lngsung aja aku masakin gulai telur kesayangan...

1 keluarga
Gulai Kulit dan Melinjo

Gulai Kulit dan Melinjo

Rumah di Aceh dikelilingi halaman yang penuh dengan tanaman - seperti buah dan daun melinjo ini, tinggal metik ๐Ÿ˜ What a free grocery shop #LovePulangKampung

Ikan Patin Gulai Kuning

Ikan Patin Gulai Kuning

Ikan Patin Gulai Kuning

5 Porsi
Gulai Daun Ubi Tumbuk

Gulai Daun Ubi Tumbuk

Gulai daun ubi tumbuk adalah sayur khas Sumatra Utara. Bahan utamanya daun singkong atau orang Sumatra biasa bilang daun ubi dan proses pembuatan sayurnya ditumbuk menggunakan lesung. Masakan ini biasanya dimakan dengan lauk pendamping lainnya seperti sambel teri kacang. Duh, kebayang deh rasanya bikin laper. ๐Ÿ˜ Cobain yuk ah ๐Ÿค— #post2get_DaSi_Cocomtang #cocomtang #cookpadcommunity_tangerang #SatuResepSatuPohon #OneRecipeOneTree

Gulai ikan patin praktis

Gulai ikan patin praktis

Kalau buat gulai, pelerjaan yg paling mudah ๐Ÿ˜‚ Karna bumbu yang saya beli asli dari orang padang, kenapa orang padang, saya rasa mereka enak banget buat makanan, bak nasi padang ๐Ÿ˜‚ terkenal dimna mana.

Gulai ayam tahu

Gulai ayam tahu

Akhirnya aku ingat lagi cara bikin gulai ayam enak, setelah amnesia gara2 lama nginap rumah mama, g ada masak2..hahaha

10. Gulai Kari Ayam #weekendChallenge

10. Gulai Kari Ayam #weekendChallenge

Bumbu2 diIndonesia Sangat bagus buat tubuh kita, jika kita bisa kreasikan dgn baik, sayur ini favorit di temen2 saya yg tinggal di luar negeri, bumbu dasarnya saya buatin, dan simpan di freezer, bumbu dasarnya nanti saya akan tulis disini. Selamat mencoba

10 org
45 menit