Cara Gampang Membuat Babi sambal matah yang Sempurna

Dipos pada May 15, 2023

Babi sambal matah

Anda sedang mencari inspirasi resep Babi sambal matah yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Babi sambal matah yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Babi sambal matah, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Babi sambal matah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Babi sambal matah bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Babi sambal matah memakai 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi sambal matah:

  1. 1/4 kg daging babi (bisa diganti ayam / ikan)
  2. Sagu
  3. Lada
  4. Kecap asin
  5. 1 butir telur
  6. Bumbu serbaguna
  7. 2 sendok meizena
  8. Bahan sambal matah :
  9. 10 siung bawang merah
  10. 8 buah cabai jawa
  11. 5 buah cabai rawit
  12. 1 buah serai
  13. 1 jeruk nipis
  14. 5 lembar daun jeruk
  15. secukupnya Garam
  16. secukupnya Gula
  17. 3 sdm minyak panas

Langkah-langkah untuk membuat Babi sambal matah

1
Daging ayam / babi / ikan dilumuri dengan sagu, lada & kecap asin (min 2 jam) kalau saya semalaman dikulkas
2
Iris halus semua bahan sambal matah (daun jeruk buang tangkainya)
3
Setelah diiris halus, bumbui dengan jeruk nipis, garam dan gula kalau sudah diaduk merata masukkan minyak panas kedalam campuran sambal matah
4
Cicipi sambal matah, koreksi rasa
5
Keluarkan daging dari kulkas lalu lumuri 1 buah telur
6
Ditempat terpisah campurkan tepung serbaguna & meizena
7
Baluri daging dengan tepung lalu sampai kuning kecoklatan
8
Siapkan piring / mangkuk lalu tambahkan nasi dan taburi daging beserta sambal matah.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi Rica Super Enak

Babi Rica Super Enak

Resep babi rica maknyos, boleh ditambah potongan kentang yg digoreng terlebih dahalu, masukkan kentang ketika daging sudah mulai empuk dan aduk rata.

Sup Bakut kembang tahu

Sup Bakut kembang tahu

Sup super simple that brings back the memories of my childhood food.

Bubur Ayam/Babi ala rumahan

Bubur Ayam/Babi ala rumahan

ini bubur favorite turun temurun keluarga kami 🤗

banyak
1 jam-an
Babi Cah Sayur Asin

Babi Cah Sayur Asin

Sayur asinnya bikin sendiri, pakai air matang tambah gula & garam saja.. Jadi ga usah dicuci lagi waktu mau masak.. air rendamannya pun bisa u/ tambahan kuah, jd lbh enak.. Bakteri Asam Laktat yg terdapat pada sayur asin masih terus diuji coba untuk mengetahui apa manfaatnya. Yang jelas memang ada manfaat yang sudah terbukti baik untuk kesehatan. Bakteri asam laktat dapat membantu menunjang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Di bawah ini adalah poin-poin lengkap mengenai manfaat sayur Asin untuk kesehatan: 1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 2. Membantu Penyerapan Gizi Makanan 3. Melindungi Dinding Usus 4. Mencegah Penyakit Autoimun 5. Melancarkan Saluran Pencernaan 6. Meningkatkan Nafsu Makan 7. Memperbaiki Mood yang Sedang Buruk 8. Mencegah Masuk Angin 9. Mengatasi Hipotensi 10. Mengandung Vitamin B1, B2, B3, B12, Vit E 11. Mengandung Serat yang Melimpah 12. Mengatasi Kulit Kering 13. Menaikkan Tekanan Darah 14. Bagus untuk Diet 15. Menyembuhkan Lesu 16. Membuat Stamina Meningkat 17. Mencegah Anemia (Sumber: Google)

Sweat potato Rösti with Egg & Bacon

Sweat potato Rösti with Egg & Bacon

Biasa Rösti dengan kentang, pas ada ubi merah dirumah buat sarapan praktis. Untuk versi vegetarian bisa dilihat resep potato rösti link ada di paling bawah #Switzerlandfood #breakfast #ubi

Samcan Merah

Samcan Merah

Punya angkak di kulkas. Dikasih tetangga, waktu PakSu gejala DBD. Sayang klo dianggurin. Kebetulan ada daging babi. Tadinya sih mau bikin babi kecap tp kasihan sama si angkak hehehe. Yuk di coba. Daging boleh diganti yang lain yah. Berhubung bocil pada makan juga, jadi pedesnya dikit aja.

Pork asin

Pork asin

Maaf non halal 🙏

4 porsi
Babi Cincang Mustard dan Labu

Babi Cincang Mustard dan Labu

Masakan ini adalah perpaduan bahan2 masakan western food dan chinese food. Dipadu dengan sayuran supaya sehat dan lengkap gizinya. Saya sebetulnya tidak suka labu siam. Tapi saya iseng waktu buat masakan babi cincang yg gurih ini, saya kombinasikan dengan labu dan wortel yang manis dan crunchy. Hasilnya enak banget. Saya jadi doyan makan labunya jika dicampur. Anak2pun jadi makan sayurannya banyak. Padahal biasanya mereka juga tidak suka labu seperti maminya 😋 Give it a try...

4 porsi
30 min
Babi Kecap resep Mertua (non halal)

Babi Kecap resep Mertua (non halal)

Resep ini resep kuno, dan ngga terlalu banyak tambahan bahan2. Rasanya yang otentik mengingatkan pada rasa masa lalu, saat saya makan babi kecap di masa kecil. #berburucelemekemas #resolusi2019 #mingguke10

Babi Kecap Bali

Babi Kecap Bali

Hasil recook dari @Citradevie , tp ada yang aku modif dikit 😁

Babi Kecap (Non Halal)

Babi Kecap (Non Halal)

Sebenernya ini gampang masaknya, cuma Jarang2 masak pake daging b2. Dan masaknya kudu sabar pakai api kecil biar meresaaap. Sukaan anak2 makan pake nasi bisa nambah2. Atau dimakan ama bakpao gapit buat sarapan.

6 porsi
Shirataki samcan babi #keto

Shirataki samcan babi #keto

Lg kangen pengen makan mie, krn keto jdlah shirataki goreng samcan.. Ternyata cukup mengurangi rasa rindu mie

Homemade Nasi Tim Babi Kecap MPASI 1 tahun+

Homemade Nasi Tim Babi Kecap MPASI 1 tahun+

Babi nya bisa diganti ayam ya moms. Jadi ga masalah utk bumbu2 nya tetep sama

1 jam 30 menit