Cara Gampang Menyiapkan Fettuccine Alfredo yang Enak Banget

Dipos pada October 26, 2023

Fettuccine Alfredo

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Fettuccine Alfredo yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Fettuccine Alfredo yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Fettuccine Alfredo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Fettuccine Alfredo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Fettuccine Alfredo adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Fettuccine Alfredo diperkirakan sekitar 1 jam.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Fettuccine Alfredo dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Tetap dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda bisa membuat Fettuccine Alfredo memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Ini menu pasta paling favoritnya suami. Tapi jarang dimasak karena tiap mau bikin, udah keburu kehabisan stock susu dikulkas (suami hampir tiap hari bikin kopi latte). Sebenernya ini perpaduan carbonara dan alfredo sih, tapi karena creamy, jadi sebut saus alfredo aja lah yaa daripada bingung moms 😁 Kalo carbonara asli harusnya ga pake cooking cream atau susu, kalo alfredo harusnya ga pake telur. Nah ini pake keduanya. Terus harusnya kalo masak pasta lebih enak pake parmesan, tapi karena versi hemat jadi kami pake keju seadanya aja di kulkas. Anggap aja versi selera pribadi (dan versi bahan seadanya) 😆🙏 Kalo suka pasta carbonaranya p*zza hut, boleh silahkan dicoba resep ini moms and sis ❤

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Fettuccine Alfredo:

  1. 100-120 gram fettuccine (diganti spaghetti juga boleh)
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 buah bawang bombay
  4. 2 buah sosis (bisa diganti spam/bacon/smoked beef/dll)
  5. 4-6 buah jamur kancing (opsional, kalo ada aja)
  6. 70-100 gr keju quickmelts (sesuai selera)
  7. 2 kuning telur, kocok bersama 2-3 sdm susu cair
  8. 250 ml susu cair (bisa pakai cooking cream)
  9. 100 ml air bekas rebusan pasta
  10. 2 sdm mentega/margarin
  11. 1 sdm olive oil
  12. 1 sdm tepung terigu
  13. 1 sdt mustard powder (opsional banget, selera pribadi)
  14. Secukupnya garam dan lada hitam bubuk
  15. Secukupnya italian herbs
  16. Secukupnya parsley kering

Langkah-langkah untuk membuat Fettuccine Alfredo

1
Didihkan air, beri sedikit garam dan 1-2 sdm minyak goreng. Rebus pasta sampai al dente. Tiriskan. Sisakan air rebusannya sekitar setengah gelas atau 100-120 ml. Sisihkan
2
Selagi merebus pasta, iris sosis, jamur, dan bawang bombay sesuai selera. Cincang halus bawang putih. Parut keju.
3
Panaskan mentega dan olive oil. Tumis bawang putih sampai harum. Lalu masukkan sosis/spam/bacon/smoked beef, tumis sampai matang. Kemudian masukkan bawang bombay dan jamur.
4
Setelah bawang bombay layu, masukkan tepung. Aduk-aduk beberapa saat (tidak sampai 1 menit). Lalu masukkan air rebusan pasta, susu, dan keju. Aduk-aduk terus.
5
Tambahkan lada hitam bubuk, mustard powder, italian herbs. Jika sudah mulai mendidih, cicip untuk koreksi rasa. Bisa ditambah garam jika kurang asin.
6
Jika rasa sudah pas, masukkan kuning telur sambil terus diaduk. Jika sudah tercampur rata, matikan api. Masukkan pasta, aduk hingga tercampur rata. Sajikan di piring, beri parsley di atasnya.
Fettuccine Alfredo - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bacon & Vegetables Muffins

Bacon & Vegetables Muffins

Ini resep untuk anak-anak ya Bun .. Cocok banget untuk Ibu sibuk ☺☺ Oh iya, baconnya bisa diganti dengan sosis ayam atau sapi yaa .. 😊 Bisa disimpan di kulkas, cukup untuk persediaan beberapa hari. Pas makannya bisa di tambah sedikit nasi atau alpukat

40 menit
Babi Lada Hitam

Babi Lada Hitam

Selain babi, Bisa juga Pakai Daging Sapi atau Ayam

Spicy Pork wraps & shiracha mayo / Kryddig fläskkarré med paprika, spetskål och sriracha

Spicy Pork wraps & shiracha mayo / Kryddig fläskkarré med paprika, spetskål och sriracha

Lihat resep dari tv nyheter morgon berita pagi sekaligus akhir acara ada chef dan masak. Ini menu favorite baru di keluarga kami, kelihatan banyak bumbu atau bahan tapi aslinya gampang bgt. Yuk cobain 😍❤ salam hangat dari Swedia #PejuangGoldenApron2 #Cabeku

2 - 4 porsi
Satay Beef Noodles

Satay Beef Noodles

Lagi PPKM ini menuntut kamu untuk tetap kreatif, walaupun di rumah aja. Salah satunya dengan tetap makan enak ala restoran mahal yang kamu buat sendiri di rumah. Salah satu sajian yang bisa kamu kreasikan adalah Satay Beef Noodles yang dipresentasikan apik agar terlihat lebih menarik. Rich’s punya resep Satay Beef Noodles yang bisa kamu buat, ini dia resep lengkapnya untuk kamu.

1 Porsi
Toast box breads 🍞

Toast box breads 🍞

Knpa sy tulis box breads , krn roti ny sy potong bentuk kotak .. Tp syg kmrn sy bikin roti ny kurang tinggi krn tin ny terlalu lebar jd proofing ny setengah tin sj .. Anyway roti ny tetap enak .. Lembut dan renyah ..

Daging Babi Kecap

Daging Babi Kecap

Ini dagingnya bisa diganti ya untuk teman" yg muslim mis. Sapi atau Ayam cocok dan enak juga, keluarga pasti suka :) masak dan bumbumnya gak ribet jd semua pasti bisa masak nya.

Babi Rica ala Babe

Babi Rica ala Babe

Menu dibuat memang banyak sekali rempahnya karna untuk menghasilkan rasa pedas dan hangat setelah menyantapnya. Penampakannya memang kurang menarik. Tapi rasanya 👍 oiya selain babi, babeku suka buat dari daging sapi juga. Rasanya sama 👍

Babi Hong (Tun Bak)

Babi Hong (Tun Bak)

Recook resep @Mariana Huang. #ComboNgabibita

Babi Kecap (Super Enak dan simpel) Non Halal

Babi Kecap (Super Enak dan simpel) Non Halal

Kesukaan saya dan suami hehe bikinnya simpel dan enak

5-6 porsi
Babi Kecap

Babi Kecap

No Halal #Babi #Babikecap #nohalal #cookpad #cookpadIndonesia Resep ini bisa di tambahkan daun bawang dan paprika.

30 menit
Sup paikut lobak

Sup paikut lobak

Pgn masak kuah tp pgn masak yg simpel... Jadi deh sup paikut lobak😊😊

Jjampong Noodle

Jjampong Noodle

Comfort korean soup. Jjampong, seafood soup with noodle. Rasanya gak amis sama sekali, clean soup. Gurih dan segar sekali, cocok dimakan sore2, apalagi waktu gerimis😂 bikin badan anget dan bersemangat.

4 porsi
Spaghetti Aglio Olio

Spaghetti Aglio Olio

Resep simple untuk anak kost dan apartmen. Jangan lupa follow ig @dapursepetak dan @lindalin04

1 porsi
Babi Crispy Kecap

Babi Crispy Kecap

Non Halal 🐷 Ini masakan emang yahuudd banget, cara buatnya super duper simpel. Rasanya nendang dan gurih Cocok buat bekal keluarga❤

Babi kecap

Babi kecap

lagi pengen masakan serba babi, dan kebetulan dapat daging babi dan iga babi. dan resep ini recommend banget dan mudah untuk dibuat dirumah

untuk 5-7 porsi
Babi kecap

Babi kecap

Karna ada 1/4 dg babi di kulkas lgsung di eksekusi aj jadi babi kecap. Ini versi simple sih ya karna dagingnya cuma dikit. Kalo buanyak beda lagi say🥺 ya udh yukss

2/3 orang
± 30 menit
Bulgogi Sapi Korea

Bulgogi Sapi Korea

Dalam bahasa Korea, kata Bulgogi secara harfiah berarti daging api. Utk mendapatkan hasil masakan bulgogi yang enak, tergantung dari 3 hal yaitu: kwalitas daging yang baik, saus perendam yang bagus dan cara/methoda memasak yg digunakan. Daging yang terbaik untuk digunakan adalah jenis sirloin/tenderloin maupun samcan. Anda juga dapat menggunakan daging jenis lain, tetapi proses perendamannya harus lebih lama. Sebelum dimasak, daging, irisan bawang bombay & jamur dilumuri dulu dengan bahan perendam untuk meningkatkan rasa & mengempukkan daging. Bahan perendamnya antara lain adalah campuran dari saus soya pekat, gula merah, minyak wijen, bawang putih, jahe, lada hitam, daun bawang serta buah pear & bawang bombay yg sudah dihaluskan (dibuat pure). Fungsi dari pear & baw.bombay ini antara lain adalah sbg pengempuk daging. Secara tradisional, Bulgogi ini biasanya dimasak dng cara di panggang di atas arang, tetapi sekarang ini juga banyak yang memasaknya di oven ataupun dengan menggunakan pan saja. Tetapi cara memasak yg terbaik tetaplah dengan dipanggang di atas bara api. Hal ini dikarenakan semua saus perendan, cairan daging & lemak yang menetes dari daging ke atas bara selama proses pemasakan, akan terbakar disana & harum/wanginya akan kembali ke daging & memberikan aroma khusus pada daging tsb. Bulgogi enak disajikan dengan nasi hangat maupun hidangan korea lainnya beserta saus pencelup dagingnya. PS: Yang saya maksud dengan saus soya pekat adalah saus soya yang agak asin, contohnya saus soya korea, kecap deluxe (Lee Kum Kee Double Deluxe soy sauce) ataupun Kikkoman.

4 porsi
180 menit