Langkah Mudah untuk Membuat Bulgogi Sapi Korea yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 3, 2023

Bulgogi Sapi Korea

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bulgogi Sapi Korea yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bulgogi Sapi Korea yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bulgogi Sapi Korea, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bulgogi Sapi Korea bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bulgogi Sapi Korea biasanya untuk 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bulgogi Sapi Korea diperkirakan sekitar 180 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bulgogi Sapi Korea dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Bulgogi Sapi Korea memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Dalam bahasa Korea, kata Bulgogi secara harfiah berarti daging api. Utk mendapatkan hasil masakan bulgogi yang enak, tergantung dari 3 hal yaitu: kwalitas daging yang baik, saus perendam yang bagus dan cara/methoda memasak yg digunakan. Daging yang terbaik untuk digunakan adalah jenis sirloin/tenderloin maupun samcan. Anda juga dapat menggunakan daging jenis lain, tetapi proses perendamannya harus lebih lama. Sebelum dimasak, daging, irisan bawang bombay & jamur dilumuri dulu dengan bahan perendam untuk meningkatkan rasa & mengempukkan daging. Bahan perendamnya antara lain adalah campuran dari saus soya pekat, gula merah, minyak wijen, bawang putih, jahe, lada hitam, daun bawang serta buah pear & bawang bombay yg sudah dihaluskan (dibuat pure). Fungsi dari pear & baw.bombay ini antara lain adalah sbg pengempuk daging. Secara tradisional, Bulgogi ini biasanya dimasak dng cara di panggang di atas arang, tetapi sekarang ini juga banyak yang memasaknya di oven ataupun dengan menggunakan pan saja. Tetapi cara memasak yg terbaik tetaplah dengan dipanggang di atas bara api. Hal ini dikarenakan semua saus perendan, cairan daging & lemak yang menetes dari daging ke atas bara selama proses pemasakan, akan terbakar disana & harum/wanginya akan kembali ke daging & memberikan aroma khusus pada daging tsb. Bulgogi enak disajikan dengan nasi hangat maupun hidangan korea lainnya beserta saus pencelup dagingnya. PS: Yang saya maksud dengan saus soya pekat adalah saus soya yang agak asin, contohnya saus soya korea, kecap deluxe (Lee Kum Kee Double Deluxe soy sauce) ataupun Kikkoman.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bulgogi Sapi Korea:

  1. 750 gr - 1 kg Daging tenderloin/sirloin/samcan
  2. 2 sm Wijen sangrai
  3. 1/2 buah Bawang bombay-iris2
  4. 1 Wortel-iris2
  5. 50 gr Jamur Shiitake kering
  6. 50 gr Jamur putih/Champignon (opsional)
  7. Bahan perendam:
  8. 1 buah Pear-haluskan
  9. 4 Baw.putih sedang-haluskan
  10. 1/2 B.bombay-haluskan
  11. 3 cm Jahe-haluskan
  12. 2 Daun bawang-iris2
  13. 2 sm Gula merah
  14. 1 1/2 st Lada hitam bubuk
  15. 5 sm Saus soya pekat
  16. 1 sm Minyak sayur
  17. 1 sm Minyak wijen
  18. Saus Pencelup:
  19. 4 sm Saus soya pekat
  20. 1 sdt Jahe parut
  21. 1 sdt Gula merah
  22. 1/2 sdt Cabai bubuk
  23. 1 sdt Cuka beras
  24. 1 sdt Minyak wijen

Langkah-langkah untuk membuat Bulgogi Sapi Korea

1
Campur semua bahan saus pencelup lalu simpan di kulkas sampai siap untuk digunakan.
2
Rendam jamur shiitake dalam air hangat sampai jamur empuk. Tiriskan & peras utk membuang kelebihan airnya. Iris2 semua jamur.
3
Iris daging tipis2 berlawanan dengan arah seratnya, sisihkan. Campur rata semua bahan perendam di dalam mangkuk. Campur 3-4 sm saus perendam dng irisan baw.bombay & jamur, sisihkan.
4
Masukkan irisan daging ke dalam sisa saus perendam. Aduk rata sampai semua tersaput bahan perendam. Tambahkan irisan baw.bombay & jamur. Tutup & simpan di kulkas selama minimal 2 jam atau sampai semalaman bila menggunakan daging jenis yg lebih keras.
5
Keluarkan daging, jamur & baw.bombay dari mangkuk. Anda dapat memanggangnya ataupun memasak dengan menggunakan pan saja bila tidak memungkinkan. Memanggang: Susun irisan daging satu persatu di atas piring2 panggang aluminium. Susun irisan jamur, baw.bombay & wortel secara terpisah dibagian lain dari piring aluminium tsb (Rak panggang juga dpt digunakan)-lihat photo. Tetapi bila memanggang di oven, jangan lupa utk menaruh loyang/tatakan di bawah rak tersebut untuk menampung air yg menetes). Letakkan piring aluminium di atas panggangan BBQ atau di dalam oven yg sudah dipanaskan dengan panas sedang-tinggi. Masak sampai daging berwarna kecoklatan merata (3-5 menit/sisi). Dengan pan: Masak irisan bawang & jamur di pan dng panas tinggi. Masukkan daging, masak selama 5-10 menit (sampai matang saja). Tambahkan wortel, masak sebentar. Letakkan di piring2 saji, taburi dengan wijen. Tempatkan saus pencelup di mangkuk2 kecil. Hidangkan Bulgogi dengan nasi hangat & saus pencelupnya tersebut.
Bulgogi Sapi Korea - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Korean BBQ Teflon

Korean BBQ Teflon

Kayanya minggu ini lagi #MingguKorea πŸ˜‚πŸ˜‚ Makan dagingnya pake selada2 dan potongan bawang putih. Hmmm enakkkπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹. Jangan lupa bikin sundubu jiggae yg udh saya share di resep sebelumnya. Supaya korea banget🀣 #koreanfood #koreabanget

Pasta Agli O Olio sederhana

Pasta Agli O Olio sederhana

Resep ini sangat mudah pakai bumbu dapur biasa aja lada dan garam yang penting dan juga olive oil... Oh ya saya beri wortel dan bawang goreng juga jadi rasanya cocok di lidah indonesia...

2 Orang
30 Menit
Menu non halal: Babi Kecap

Menu non halal: Babi Kecap

Padahal niatnya mau berhenti makan babi. Eh tergoda juga gara-gara lihat acara mukbang korea babi-babian. Akhirnya iseng-iseng coba buat babi kecap. Oh ya babi bisa diganti dengan daging apa saya ya πŸ‘ŒπŸ˜Š

Pork Rolade

Pork Rolade

Belum pernah menemukan rolade Yang sesuai selera, entah daging nya ataupun kulitnya. Jadi testing aja pakai cara sendiri

Stuffed Crust Meat Lovers Pizza

Stuffed Crust Meat Lovers Pizza

Ternyata gampang bikin pizza dough. Ini toppingnya nya super yummy bacon sosis saus nya pake bolognese, so MEAT LOVERS and super cheesy dong.. cus resepnya

Babi Kecap Jamur Shitake

Babi Kecap Jamur Shitake

Menu favorit keluarga

Spaghetti bolognese with pork

Spaghetti bolognese with pork

Hi moms. Ini resep pertama saya yang akan saya share di Cookpad. Smoga resep saya bisa diapplikasikan di dapur moms smua ya. Hari ini pengen buat spaghetti di rumah tentunya dengan saus pasta buatan sendiri supaya Lebih sehat. #ResepPertamaku

3portion
Wrap telur ham & keju - cepat dan simple

Wrap telur ham & keju - cepat dan simple

Resep cepat dan simple utk makan siang atau brunch kekinian 😁. Lumayan bikin kenyang dan rasanya leker. Recook dari resep di internet (https://www.sandraseasycooking.com/2016/02/egg-cheese-and-ham-wrap.html)

1 porsi besar
15 menit
Mac and Cheese with Bacon

Mac and Cheese with Bacon

Membuatnya cukup mudah. Bisa ditambahkan bacon atau tidak. Diganti daging lain juga bisa πŸ‘

Potato With Mushroom

Potato With Mushroom

1 porsi
30 menit
Spaghety Carbonara 1 teflon

Spaghety Carbonara 1 teflon

Mudah, cepat , bergizi, nikmaaat

4-5 porsi
Babi Kecap Resep Kuno

Babi Kecap Resep Kuno

tiba tiba kangen resep babi kecapnya si oma mirip rasanya :)

Pork Bone with Sour Pickled Green Mustard Soup

Pork Bone with Sour Pickled Green Mustard Soup

My mum always cook this dish , very refreshing in hot day , and fun to eat , pick up the bone and suck it πŸ€ͺ With my Yorkie NODDY

Satay Beef Noodles

Satay Beef Noodles

Lagi PPKM ini menuntut kamu untuk tetap kreatif, walaupun di rumah aja. Salah satunya dengan tetap makan enak ala restoran mahal yang kamu buat sendiri di rumah. Salah satu sajian yang bisa kamu kreasikan adalah Satay Beef Noodles yang dipresentasikan apik agar terlihat lebih menarik. Rich’s punya resep Satay Beef Noodles yang bisa kamu buat, ini dia resep lengkapnya untuk kamu.

1 Porsi
Stir fry collar pork shabu shabu ""

Stir fry collar pork shabu shabu ""

Biasa ny daging ini sllu sy masak soup tp mlm ini sy coba stir fry .. ( non halal ) tp bs di ganti dgn daging sapi ..

English Breakfast

English Breakfast

resep ini saya dapat dari suami saya, dia selalu memasak ini untuk saya setiap weekend

1 porsi
15 menit