Langkah Mudah untuk Menyiapkan Authentic Pasta alla Carbonara yang Enak Banget

Dipos pada October 6, 2023

Authentic Pasta alla Carbonara

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Authentic Pasta alla Carbonara yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Authentic Pasta alla Carbonara yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Authentic Pasta alla Carbonara, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Authentic Pasta alla Carbonara bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Authentic Pasta alla Carbonara biasanya untuk 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Authentic Pasta alla Carbonara diperkirakan sekitar 30 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Authentic Pasta alla Carbonara oleh krasi mommy. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Authentic Pasta alla Carbonara memakai 6 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Olahan pasta favorit ini asalnya dari Roma, Italia. Aslinya, Carbonara ga pake susu atau krim bahkan ga pake jamur tapi merupakan campuran dari telur, keju pecorino dan guanciale (daging babi bagian rahang/pipi yang di-cure atau diasinkan). Awalnya agak susah karena sulit menentukan tingkat kematangan telurnya, tapi kedua kali masak lebih oke. Selamat memasak!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Authentic Pasta alla Carbonara:

  1. 2 gulung Pappardelle pasta (bisa pakai spaghetti)
  2. 2 butir telur ayam omega + 1 kuningnya (pastikan telur segar karena akan dimasak setengah matang)
  3. 70-90 gr Guanciale dipotong dadu (bisa diganti dengan Bacon babi atau Bacon sapi untuk versi halal)
  4. 100 gr keju Pecorino (bisa diganti dengan Parmesan bubuk)
  5. Lada hitam
  6. Extra Virgin Olive Oil

Langkah-langkah untuk membuat Authentic Pasta alla Carbonara

1
Didihkan air, taburin garam secukupnya dan masak pasta sesuai petunjuk di kemasan.
2
Dalam mangkok yang agak besar, campurkan telur, keju Pecorino, dan lada bubuk seperti di gambar, lalu diaduk sampai merata dan membentuk paste.
Authentic Pasta alla Carbonara - Step 2
3
Tumis Guanciale atau bacon dengan Olive Oil sampai agak crispy
4
Ketika pasta hampir matang, langsung masukkan pasta ke tumisan Guanciale disertai dengan seperempat gelas air rebusan pasta. Masak pasta dengan tumisan Guanciale sampai air rebusannya terlihat agak mengental.
5
Matikan api, tunggu beberapa saat sampai panci ga terlalu panas, lalu masukkan campuran telur dan keju kedalam tumisan pasta. Aduk hingga merata dengan pasta, jangan sampai telurnya terlalu matang dan sajikan.
Authentic Pasta alla Carbonara - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi kecap simple

Babi kecap simple

First try and kids love it! Di sadur dr resep nya ci tintin rayner, maknyos ci!

4 orang
1 jam
Babi Kecap

Babi Kecap

4 orang
2 jam 30 menit
Gyoza Recipe (Gyoza Mawar)

Gyoza Recipe (Gyoza Mawar)

Gyoza ini dibuat karena waktu itu dagingnya banyak dan malas goreng beberapa kali krn wajannya kecil jd ga cukup 😃. Jadilah bikin gyoza mawar yg tetep enak tp cantik dan gorengnya bs sekaligus..

Untuk 10-12 bh
Babi Kecap

Babi Kecap

Dapet resep otentik dari mama, beda dari bicap yg lain. Bumbunya praktis, tapi rasanya juaraaa. Manisnya pas, ada rasa asem sedikit dari pekak plus ada mericanya juga yg bikin rasanya nyatuuu banget. Enaaak gilaaa 😭 Ga perlu pakai bumbu ribet, karena rasa daging babi sendiri sudah teramat nikmat, sehingga kalau dimasak dengan bumbu yg bermacam-macam, menurut saya rasanya membuat eneg 😁🤭 Tips : -Tumis daging babi hingga mengeluarkan minyaknya, baru setelah itu tambahkan air untuk proses mengempukkan dagingnya. -Jangan menambahkan air sebelum daging babi ditumis hingga mengeluarkan minyak, supaya dagingnya tidak 'gembur' saat disantap #PejuangGoldenApron3 #Week25

Babi kecap

Babi kecap

Babi kecap kesukaan orang dirumah dan ini resep andalannya..😊😊😊

Sop iga balungan - bali

Sop iga balungan - bali

Di bali biasanya pakai iga babi, tapi saya ganti iga sapi. Pilih iga yang tanpa lemak .

Bolognese

Bolognese

Istri minta spaghetti, tp spaghetti apa? Terserah katanya, ya udah aku bikinin ini, sekalian kl Bolognese nya sisa bisa buat makan anak pake nasi. Bahan seadanya, tp mendekati aslinya, maklum kaum proletar.

Fettucini creamy carbonara

Fettucini creamy carbonara

#LazyKitchen wants something easy, quick, and delicious!

Fettuchini carbonara simple

Fettuchini carbonara simple

Aduh gk ngerti lagi rasanya nagih banget nulis resep sambil ngiler

Quinche

Quinche

4 porsi
Oseng B2 Sayuran (Non Halal)

Oseng B2 Sayuran (Non Halal)

Kali ini coba bikin oseng2 daging babi dan sayuran, yang mau coba silakan goyang dapur mu. Happy cooking! salam sehat buat kita semua. #PejuangGoldenApron2

4 porsi
40 menit
Sup Baikut lobak

Sup Baikut lobak

4-5 porsi
Babi Kecap Manado

Babi Kecap Manado

Salah satu menu dari catering kecil saya

2 porsi
20 menit
Babi Kecap ala Momy Erza

Babi Kecap ala Momy Erza

Masakan chinese food paling favorit buatku. Aroma bumbunya kuat dan rasanya pas di lidah. Resep ini aku bikin sedikit modifikasi. Aku kurangi kecap karena tidak terlalu suka rasa manis, jadi penampakannya tidak terlalu coklat pekat . Biasanya tdk pakai bawang merah tapi kali ini aku coba menambahkan bawang merah dan cabe keriting. Ternyata enak juga lho bun..

4 orang
15 menit
Pan Fried Potatoes

Pan Fried Potatoes

Bikin makan siang buat suami yang lagi kepingin makan bacon dan kentang.

1 porsi
Babi Kecap | Braised Pork Belly (hanya 30menit)

Babi Kecap | Braised Pork Belly (hanya 30menit)

Pas ke pasar, daging babi nya hanya tinggal 1.25 kg saja. 500gram saya bikin Babi saus telur asin (resep nya saya sudah tulis kemarin) hehehe Nah, 750 gram nya saya bikin Babi Kecap deh. Mudah dan sederhana banget karena saya masaknya pakai Presto Cooker jadi tinggal masukin kesitu aja, 30 menit selesai deh. Bisa pakai Rice Cooker juga ya.

4 porsi