Bagaimana Membuat Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea yang Enak Banget

Dipos pada October 30, 2023

Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea biasanya untuk 6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, perkiraan waktu untuk memasak Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea diperkirakan sekitar 45 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Kalau kamu mau, masakan Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea memakai 18 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Japchae ini walaupun kelihatan mudah tapi masaknya lumayan perlu effort karena tiap bahan harus dimasak satu per satu. Masaknya dimulai dari yang warna terang ke gelap dengan tujuan supaya warna tiap bahan tetap cantik. Dagingnya bisa diganti pakai daging ayam atau b2 ya. Resepnya diadaptasi dari Maangchi.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea:

  1. 113 gr daging sapi/ayam/b2, iris tipis
  2. 2 buah jamur shitake kering besar, rendam air sampai empuk, iris tipis
  3. 2 siung bawang putih, cincang
  4. 1 sdm + 2 sdt gula pasir
  5. Secukupnya soy sauce (saya pakai Yamasa)
  6. 2 sdm sesame oil
  7. 1 sdm biji wijen (optional)
  8. 1 butir telur besar
  9. 113 gr bayam, cuci, tiriskan
  10. 113 gr dangmyeon/sweet potato glass noodle/soun korea
  11. 2-3 batang daun bawang, iris 5 cm
  12. 1 butir bawang bombay size medium, iris tipis
  13. 1 batang wortel, iris korek tipis
  14. Secukupnya jamur champignon/mini oyster (optional)
  15. Secukupnya lada hitam
  16. Secukupnya garam
  17. Secukupnya minyak untuk menumis
  18. 1 buah baskom besar untuk mencampur bahan

Langkah-langkah untuk membuat Japchae / Stir Fried Glass Noodle / Soun Korea

1
DAGING & JAMUR: Marinasi dengan 1 siung bawang putih cincang, 1 sdt gula, 1/4 sdt lada hitam, 2 sdt soy sauce, 1 sdt sesame oil. Masukkan dalam kulkas, diamkan minimal 30 menit.
2
GARNISH TELUR: Pecahkan telur, beri sejumput garam, kocok dengan garpu. Buat telur dadar tipis dan dinginkan. Iris tipis. Sisihkan.
3
BAYAM: Rebus dalam air mendidih 1 menit. Tiriskan dan peras sampai kering. Potong2 dengan gunting. Beri 1 sdt soy sauce dan 1 sdt sesame oil, aduk. Masukkan dalam baskom.
4
SOUN: Didihkan air, masukkan soun kering. Tutup panci dan masak sekitar 7 menit atau sampai lembut. Angkat dan tiriskan. Potong2 dengan gunting. Masukkan dalam baskom yang sudah ada bayam. Beri 2 tsp sesame oil, 1 tsp soy sauce, dan 1 tsp gula pasir. Aduk rata.
5
BAWANG BOMBAY DAN DAUN BAWANG: Tumis bawang bombay dan daun bawang sampai layu. Masukkan dalam baskom.
6
WORTEL: Tumis sampai empuk. Masukkan dalam baskom.
7
DAGING DAN JAMUR: Tumis daging dan jamur sampai matang. Campurkan ke dalam baskom.
8
MIX DAN PENYAJIAN: Ke dalam baskom, masukkan 1 siung bawang putih cincang, 2 sdm soy sauce, 1 sdm gula pasir, 1/2 sdt lada hitam, 2 tsp minyak wijen. Aduk rata (paling mudah pakai tangan). Tambahkan garnish telur iris. Sajikan langsung atau bisa disajikan dingin (masukkan kulkas terlebih dahulu).

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Yakitori Don - Sate Jepang Pakai Nasi

Yakitori Don - Sate Jepang Pakai Nasi

Tahun baru enak nya sate sate. Cus gas masak sate

2 orang
Babi genyol bumbu bali

Babi genyol bumbu bali

DIJAMIN 100% JOSS..BUMBU BALI BISA DI APLIKASIAN UNTUK MASAKAN APA SAJA

10 porsi
Ham lobak toge

Ham lobak toge

Masakan hasil experiment hubby... 😄😄

3 porsi
20 menit
Spaghetti in creamy mushroom sauce

Spaghetti in creamy mushroom sauce

Ini makanan favorit saya dan anak2. Dari yang besar sampe yang bontot smua doyan. Awalnya suami yang nemuin resepnya dari mbah google lalu dia masak dan ternyata enakkkk. Resep yang ini udah dimodifikasi dengan bahan yang mudah dicari. Gampang buatnya, jadi kadang suka bikin juga untuk sarapan pagi. Disini saya pakai bacon, bisa diganti dengan sosis atau ham. Mau plain jamur saja juga sudah enak kok.

4 - 5 porsi
Soto Babi utk jegeg bagusku

Soto Babi utk jegeg bagusku

Lagi lemes masak, tapi ada persediaan lobak, mintol Bagusku beli daging Babi, alhasil buatlah soto babi bening kesukaan mereka, plus lobak sebagai obat pnemoninya, n pencernaan juga, Ndak lupa dong seledri utk peluruh pipisnya..

4 porsi
20mt
Bakso lobak (lo bet yan)

Bakso lobak (lo bet yan)

Maaf non halal... Makanan khas provinsi Hakka di Cina

Swedish meatballs

Swedish meatballs

Swedish meatballs ini resepnya banyak macam, bahan2 juga bervariasi, yang akan saya tulis ini gabungan beberapa resep, tapi garis besarnya sama, bahan utamanya adalah allspice, yang bisa kita ganti dengan campuran pala, cengkeh, kayu manis dan black pepper

6 porsi
Butter Rice Vegetable

Butter Rice Vegetable

Recook from yummy.idn.... yummy bgt. Thank you yummy.idn 🙏

Babi Kecap Manado

Babi Kecap Manado

Salah satu menu dari catering kecil saya

2 porsi
20 menit
Babi goreng garing/ crispy fried pork

Babi goreng garing/ crispy fried pork

Bikin nya gampang banget, pengganti siobak kalo gak punya oven

Babi lada hitam ala2 (NON HALAL)

Babi lada hitam ala2 (NON HALAL)

♧21.08.2018♧ hari ini kesiangan gara2 baby boy rewel menjelang subuh jadilah emak kesiangan 😂 hari ini masak babi lada hitam ala2 aja..oia untuk daging bisa pake ayam atau sapi ya..seperti biasa tanpa takaran karena pake feeling aja 😅

Kaldu Iga Babi

Kaldu Iga Babi

Coba coba buat kaldu Babi untuk MPASI anak... setelah diambil kaldunya, Iganya bisa ditambahkan bumbu bakut teh untuk makan Mamak & Bapake

Sup Lobak Ala Korea

Sup Lobak Ala Korea

Ini hasil searching di youtube sup lobak ala Korea yang asli videonya orang Korea tapi bahasa Indonesia, ketemu dari channel nya Orora Chung. Ternyata mudah banget dan sedap. Komposisi nya aku sesuaikan sendiri. #PejuangGoldenBatikApron

4 orang
1,5 jam
Lanzhou Beef Noodle

Lanzhou Beef Noodle

Ingat Lanzhou selalu Ingat waktu di Hongkong & China. dan Noodle Soup disana enak enak bikin ketagihan. Untuk mengobati rasa kangen ku. Aku coba buat resep ini.

2 orang
45 menit