Bagaimana Menyiapkan Orange chiffon cake yang Anti Gagal

Dipos pada April 12, 2019

Orange chiffon cake

Bagaimana membuat Orange chiffon cake yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Orange chiffon cake yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Orange chiffon cake, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Orange chiffon cake bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Orange chiffon cake adalah 16 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Orange chiffon cake diperkirakan sekitar 1,5 Jam.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Orange chiffon cake oleh krasi mommy. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda bisa membuat Orange chiffon cake memakai 12 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Banyak persediaan orange juice di kulkas, karena Sabtu kemarin kebetulan ada acara keluarga di rumah. Bingung mau diapain πŸ€”? Karena selama weekend ini saya sudah kebanyakan minum minuman bersoda dan aneka juice. Akhirnya saya putuskan untuk memanfaatkan orange juice yang ada untuk dijadikan bolu chiffon. Hasilnya sangat memuaskan dan benar-benar mantab 😊. Berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Orange chiffon cake:

  1. Bahan bolu:
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 190 gr gula pasir
  4. 190 ml orange juice
  5. 125 ml minyak sayur
  6. 6 btr kuning telur ayam
  7. 1 sdt baking powder
  8. 1/2 sdt garam halus
  9. 2 sdt essence jeruk/orange zest
  10. Merengue:
  11. 100 gr gula pasir
  12. 6 btr putih telur

Langkah-langkah untuk membuat Orange chiffon cake

1
Pisahkan antara kuning telur dengan putih telur.
Orange chiffon cake - Step 1
2
Kocok lepas kuningtelur.
Orange chiffon cake - Step 2
3
Masukkan gula pasir dan kocok hingga pucat.
Orange chiffon cake - Step 3
4
Tambahkan tepung terigu, baking powder, garam halus, dan orange juice. Aduk-aduk hingga rata.
Orange chiffon cake - Step 4
5
Masukkan minyak goreng dan aduk rata.
Orange chiffon cake - Step 5
6
Terakhir masukkan orange essence/orange zest ke dalam adonan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tolong jangan kelewat semangat mengaduknya ya πŸ˜‰.
Orange chiffon cake - Step 6
7
Merengue: Kocok putih telur hingga berbusa, kemudian masukkan gula pasir secara bertahap dan lanjutkan mengocok hingga putih telur menjadi kaku.
Orange chiffon cake - Step 7
8
Masukkan merengue ke dalam adonan secara bertahap dan aduk-aduk adonan hingga seluruh bahan-bahan tercampur dengan rata.
Orange chiffon cake - Step 8
9
Terakhir, masukkan adonan ke dalam loyang chiffon dan panggang di dalam oven dengan suhu 165 derajat Celsius selama kurang lebih 50-60 menit/hingga matang (tergantung kondisi oven masing-masing πŸ˜‰).
Orange chiffon cake - Step 9
10
Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan dinginkan dengan meletakkan loyang dengan posisi terbalik (Kurang lebih 2-3 jam πŸ˜‰).
Orange chiffon cake - Step 10
11
Setelah benar-benar dingin, keluarkan cake dari loyang. Dan potong-potong πŸ˜πŸ˜‹.
Orange chiffon cake - Step 11
12
Yuummm.. Super-super lembut dan super empuk ❀️😊. Benar-benar juara πŸ‘πŸΌ. Bisa diberi topping gula halus, icing sugar ataupun chocolate ganache yuuummm.. πŸ˜€.
Orange chiffon cake - Step 12
13
Manisnya pas dengan rasa jeruk yang super lezattt.. Mantab ❀️.
Orange chiffon cake - Step 13
14
Note: Resep ini saya buat menurut selera pribadi dan juga berdasarkan ketersediaan bahan baku yang ada. Untuk mendapatkan hasil masakan yang maximal, silakan disesuaikan dengan selera massing-masing.
15
Note: Hasil masakan bervariasi pada masing-masing individu.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ciffon Cake Pandan 😍

Ciffon Cake Pandan 😍

Ga ngerti apa bedanya bolu biasa sama Ciffon atau mungkin JCC semacam itu.. Sampe ahirnya liat resep mba kheyla's kitchen,, lalu nyoba dan ahirnya tau apa bedanya bolu biasa dan ciffon 😍 Awalnya berasa gagal karna adonannya berasa encer.. tapi pas udah jadi 😱 wow,, amazing.. enak, kempus, lembut, pokonya mantaps deh.. 3harian ditaro kulkas karna ada acara diluar rumah selama 3harian, pas dimakan masih lembut banget 😍 makasi mba khey resepnya oke banget 😘

Chiffon Cake with Choco Chips ala Dian

Chiffon Cake with Choco Chips ala Dian

bisa liat juga di cara penyajian chifon cake pondan .

Chiffon Cake Ketan Hitam

Chiffon Cake Ketan Hitam

akhirnya kesampaian makan chiffon cake lembut

loyang 22 porsi
Chocolate Chiffon Cake

Chocolate Chiffon Cake

Masih harus latihan lagi.. πŸ’ͺπŸ’ͺ Buat saya Chiffon Cake itu tantangan, salah sedikit aja bantat..πŸ˜… Cake yg sensi 😁 Aduk adonan harus pelan2, mixer putih telur harus tepat, suhu oven harus pas juga jd harus kenal oven masing2.. u/ cocokin suhu oven perlu latihan terus.. Chocolate Chiffon Cake Resep dari IG lanny’s Kitchen

Bolu Jadul / Chiffon jadul

Bolu Jadul / Chiffon jadul

Kue empuk, dan cepat ludes πŸ˜‰ #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #cookpadcommunity_bandung

Triple Chocolate Chiffon Cake

Triple Chocolate Chiffon Cake

Recook resepnya mbak Tintin Rayner. Ini enak sekali, favoritnya khansa. Lembut kayak kapas πŸ˜„πŸ˜„

Chiffon Cake Buah Naga

Chiffon Cake Buah Naga

Source: JE deBloom. Sebetulnya bikin chiffon ini lucu bgt,, ceritanya saya udah kepedean bgt lihat warna buah naga merah merona cakepp bgt,, wah ini kalo dibikin kue pasti nnti cakep bgt warnanya sampe pas dituang keloyang masih merah muda warnanya, pas lg dioven saya pantengin terus 😁masih keliatan cakep jg warnanya , pas diangkat pun atasnya keliatan Pinky gitu.. dan dan dan pas dipotong ini kue bikin sulap warnanya jd putih bersih udh kaya pake pemutih πŸ˜‚πŸ˜‚ lucu ,, kaget juga sih loh ko merahnya ilang?? Entah kemana dia menghilang.. tapi rasanya enak moist.. lembut sekali, gk papa ya warnanya ilang yg penting rasanya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Chiffon ketan hitam

Chiffon ketan hitam

#BikinRamadanBerkesan #18 Kbetulan ada yg order bolu ketan hitam..tp penasaran ingin baking berbahan ketan hitam versi chiffonnya, karna sblumnya biasa bolu kukus atau panggangnya yaa..jdi ini first trial dan hasilnya yummy, empuk,, dlm waktu kurang dr sehari udah habis sm ak, c cantik batita dan papapnya.. saya share resepnya yaa brg kali ada yg pnasaran jg..

Bolu pandan shifon lembut

Bolu pandan shifon lembut

buat nya harap-harap cemas soalnya konsistensi pada saat baking harus tepat salah sedikit bolu nya jadi gak ngembang gak lembut bahkan bantet… disini saya juga pakai trik karna pakai banyak telur supaya tidak amis saya pandan saya campur dengan pandan suji...selamat mencoba

Roll cake batik ala shifon cake

Roll cake batik ala shifon cake

shifon cake sudh terkenal lmbutnya ya moms... ini resep andalan aku bikin bolu gulung,pke resep ci @tintinrayner dr awal trial prtama kenal bolu gulung udh sukses,trs ketagihan,nyoba resep lain,wassalam πŸ˜€πŸ˜€ jd balik lg ke cinta pertama... kalo shifon ini kuncinya cuma di saat mengaduk adonan putih telur aja.. hrus bnrΒ² nyatu,ga ada adona putel yg ngegumpel pasti hslnya bagus.. lentur,di gulung gak gmpang patah.. abaikan serbetnyabyg ikut ngeksis ya momiest.. krna lbh nyaman ngeroll pakai serbet ktimbang kertas roti.. suka lengket permukaan atasnya... tp bersih kok ini dijamin.. hihiii

Chiffon Cake Putih Telur

Chiffon Cake Putih Telur

Gara-gara tiap hari kerjanya bikin roti, putih telur pun menumpuk di kulkas. Pikir2 akhirnya sy buat chiffon aja. Resep dari mbaiyya. Enak deh asli. Lembut dan kempus2 nggak seret. Tapi saya cuma buat sedikit, bahkan nggak sampe separuhnya..hihi. Jadinya mungil gitu penampakannya. Cobain yuuk...

Hokkaido Chiffon Cupcake ala Nana Hanif

Hokkaido Chiffon Cupcake ala Nana Hanif

Source : Mba Nana Hanif Sebenernya ini salah satu resepnya mba Nana yg mau aku buat untuk setor arisan recook jabodetabek minggu kmarin. Tapi apa daya minggu kmarin berhalangan, jadi baru sekarang dibuat,kebetulan anak2 sangat suka cake. Jadilah pagi ini buat sekalian untuk bekalnya anak sulungku sekolah. Terimakasih mba Nana Hanif resepnya πŸ™πŸ˜πŸ˜πŸ˜˜πŸ˜˜ #seninsemangat #cookpadcommunity

Hokkaido Chiffon Cupcakes

Hokkaido Chiffon Cupcakes

Hasil recook dari mba genik ayu. Manisnya pas..

5 porsi
45 menit
Chiffon cake gulamerah

Chiffon cake gulamerah

Kali kedua bikin chiffon,awalnya penasaran aja,kok harus dibalik stlh matang,jg dg teknik aduk balik,meringue harus softpeak / medium peak,akhirnya dicoba,kali ini pake resep teh ricke,tapi sy buat hanya 1/2 resep. Yang ditulis dbawah resep full ya.Chiffon Gula merah ini enak legit,bercampur dg aroma kayumanis,selagi hangat sy abis 4slice🀭meski anak2 kurang suka xixi krn bau jamu katanya😁 Utk teknik aduk lipat,dan jenis adonan softpeak bisa di searching di google ya mom,,

Chiffon Pandan

Chiffon Pandan

Dari dulu suka makan kue ini, soalnya ringan. Ga bikin eneg. Di indo mah kue ini murmer ya, di pasar selalu ada. Buat ini susah2 gampang. Buat ke 3 kalinya baru berhasil cakep dan ngembang sempurna. Kuncinya : pas manggang suhunya jangan terlalu tinggi, begitu keluar oven langsung loyangnya di balik. Coba buat moms, daripada beli. Lebih sehat karena bahan2 alami dan gulanya bs dikurangi. Ini resepnya ak buat 1.5 kali karena loyangku besar. Resep dari ce Tintin

Chiffon cake

Chiffon cake

Setelah sekian banyak uji coba yang gagal, dari kempes pas kluar oven, adonannya rembes keluar, ga ngembang, macem2 dah.. ini resep yang paling pas. Insya allah anti gagal.

Chiffon Ketan Hitam

Chiffon Ketan Hitam

Sudah jadi jualan beberapa tahun ini..kualitas tepung ketan hitam sangat berpengaruh pada tekstur chiffon. Kebetulan hari ini ada yang order dan fotonya lumayan cantik utk dishare..selamat mencoba😁

1 loyang 22 cm
Chiffon Ketan Hitam (Gluten Free)

Chiffon Ketan Hitam (Gluten Free)

Akhir2 banyak makan tepung. Nyobain yang gluten free ah. Keinget resep ini. Dan masih punya tepung ketan hitam juga. Langsung cap cus di eksekusi. Karena ingin chiffon yang lebih hitam, komposisinya saya rubah sedikit, banyakin tepung ketan hitamnya. Source: Susi Agung

Chiffon cake tape ketan hitam

Chiffon cake tape ketan hitam

Masih seputar chifdon cake. Yg ini sebenernya bisa dibilang versi setengah gagal πŸ˜… karena cakenya ambleeesss kyk gorong2 kalo diterjang banjir πŸ˜‚ wkakaka Dan kenapa gagalnya setengah? Karena secara tekstur dan rasa sebenernya udah seperti yg diharapkan, udah chiffon cake buangeeet. Teksturnya fluffy dan rasa manisnya pas, legit tapenya juga kerasa. Gagalnya cuma karena cakenya kempes dan lembab aja setelah dingin. Perkiraan saya, ini mungkin disebabkan oleh penambahan tape ketan hitam yg berair (padahal air tapenya tak saring dulu). Ditambah lagi waktu pemanggangan cake saya kurang sempurna, karena si Ken gak ada yg momong, begitu saya tes tusuk kuenya udah mateng langsung saya matikan kompornya padahal bagian atasnya belum kering bener πŸ˜‚ Ini resepnya masih sama ya pake resep simplenya mbak fitsas. Mungkin kalo mau nyoba resep ini lagi takaran santannya dikurangi disesuaikan dg jumlah tape ketannya (jd misal tapenya 3 sdm ya santannya dikurangi 3 sdm gitu)

Chiffon Coklat

Chiffon Coklat

source : Trivina kitchen. lets Baking and Cooking!

40-50 menit panggang