Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam yang Lezat

Dipos pada January 28, 2022

Opor Ayam

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Opor Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam sekitar 3porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam diperkirakan sekitar 20menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 21 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#AhlinyaAyam #siapRamadan Opornya ini bener2 porsi mini...karna memang yang makan cuma 2 orang. Yuk yang pingin seger-seger.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg ayam (me:dada ayam), potong sesuai selera
  2. 1 bungkus santan kara kecil (60ml)
  3. 800 ml air untuk merebus ayam
  4. 2 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 2 batang serai, memarkan
  7. 2 ruas lengkuas, geprek
  8. Secukupnya garam dan kaldu bubuk
  9. Secukupnya minyak untuk menumis
  10. Sedikit gula putih
  11. Bumbu yang dihaluskan:
  12. 6 siung bawang merah
  13. 6 siung bawang putih
  14. 1/4 buah pala
  15. 1 sdm ketumbar
  16. Seujung sdt jinten
  17. Seujung sdt merica
  18. 1 ruas kunyit
  19. 1 ruas kencur
  20. 1 ruas jahe
  21. 4 butir kemiri

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Rebus ayam sampai empuk dan sisakan air kaldunya kira2 500ml. (Saat merebus, masukkan ayam setelah air mendidih)
2
Sembari menunggu ayam empuk, tumis bumbu halus,tambahkan sere,lengkuas,daun jeruk,daun salam.tumis sampai bau wanginya keluar.
3
Setelah ayam empuk, masukkan bumbu tumisan tadi kedalam rebusan ayam. Tambahkan santan kental(kara). Aduk2 jangan sampai santan pecah. Tambahkan kaldu bubuk, garam dan gula putih. Koreksi rasa. Siap dihidangkan dengan ditaburi bawang goreng.
4
Nb: - kekentalan santannya bisa disesuaikan menurut selera ya. Kalau masih kurang kental bisa ditambah lagi. Memasukkan santannya setelah ayam empuk ya.. kalau dimasukkan diawal santan akan terlihat sangat berminyak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam lebaran

Opor ayam lebaran

Ini refill pas pertama ikut keto, masih bingung mesti makan apa Bingung juga mesti masak apa biar orang rumah yg ga ikutan keto juga bisa makan Maklumlah di rumah cuma saya sendiri yg ikutan program ini, tapi alhamdulillah sekrang paksu juga ikutan Katanya biar bisa tambah muda.. hahaha

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam dadakan.. meskipun masaknya cepat, tp alhamdulillah enak 😋

10-12 porsi
Opor ayam kampuang

Opor ayam kampuang

Opor ayam kampung nan jauh di mato,..

Opor ayam

Opor ayam

Maaf ya moms, fotonya jelek, buru2 hehe.. tambahkan cabai kalau mau pedas. Rasanya enak moms

Opor kuning tahu telor

Opor kuning tahu telor

Menu ini juga termasuk menu simple ,namun tetap enak. Kali ini yang buat anak saya sekalian mengasah belajar memasaknya. Yuk di coba resepnya #siapramadan #cookpadcommunity_Bogor #cookpadcommunity

Opor ayam betawi

Opor ayam betawi

Kangen masakan emak jaman dulu opor ayam betawi khas ny pake kentang dan Pete trus rasa ny agak pedas segar #PejuangGoldenapron2 #melestarikankulinernusantara #sempetsempetinmasak #biarpunsibuk #Bersamacookpadcommunity

10.porsi
1.Jam
Opor Ayam Telur Nyamleng

Opor Ayam Telur Nyamleng

Rasanya mager... banget saat libur begini. Apalagi belanja ke pasar....Enggak deh! Pinginnya istirahat di rumah setelah lima hari penat kerja. Tapi, "Ma, lapar...." Terpaksa bongkar isi kulkas. Lumayan...masih ada bahan yang bisa dimasak. Cling...! Jadilah Opor Ayam Telur Nyamleng 🍜😙. 16.6'19 @lima

5 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Masakn ini ingat kmpung hlmn di s.salak riau inhil. Opor ini biasa disajikan diacara2 nikahan atau doa . Biasa pnggnti ayam masak habang . Ini masakan idola setiap balik kampung.

Opor telur,tahu dan tempe

Opor telur,tahu dan tempe

Selamat mencoba Bun resep nya...😊

Opor Ayam

Opor Ayam

Mumpung suasana lebaran, mari kita masak Opor Ayam

4. Jantung Pisang Kuah Opor

4. Jantung Pisang Kuah Opor

Masak hemat dan enak ya masak opor jantung pisang...

Opor ayam dan telur pelengkap gudeg

Opor ayam dan telur pelengkap gudeg

Source Diah didi Mumpung dapet ayam kampung mentah dari bumer 😍😍

Terik Telor Puyuh Tahu tempe

Terik Telor Puyuh Tahu tempe

Jangan lupa save dan share ya bunda biar makin bermanfaat untuk diri sendiri dan teman teman lainya , semoga resep ini jadi inspirasi antara resep resep bunda di rumah nantinya.

Opor Ayam Tahu Kentang

Opor Ayam Tahu Kentang

Sajian lebaran pasti identik dengan ketupat beserta pelengkapnya. Yaa kaann.. Naah sebagai teman ketupat, bisa nih kita sajikan opor ayam ini. Isian bebas yaa, ini aku campurin tahu sama kentang biar rame. Hihi. Kalo mau bikin banyak, tinggal di kalikan aja ya moms resepnya. #AhlinyaAyam #SiapRamadan #berburucelemekemas #resolusi2019 #week21

Opor Ayam

Opor Ayam

Sedang ingin makan ayam yg berkuah, gurih, dan pilihan jatuh ke opor ayam. Selama ini saya lebih sering bikin opor yg santannya encer ataupun saya ganti santannya dg susu cair, kali ini saya buat dg santan kental. Hehehe.

8 potong ayam
300. Opor Daun Singkong

300. Opor Daun Singkong

Klo di tanggal tua gini suka bingung kan mau masak apa.. Klo beli pasti mahal dan cuma bs sekali makan aja.. Dan ini salah satu edisi nguras kulkas.. Ada sisa2 bahan baku di kulkas kuyy di masak aja 😅 Source : @bunda_didi (modifikasi by me) #cookpadcommunity_Bogor

Opor paha Ayam

Opor paha Ayam

#SiapRamadan dan #AhlinyaAyam

Opor Telur Tahu Tempe

Opor Telur Tahu Tempe

menikmati opor bagi yang kurang suka sama ayam..👍

Sayur Opor ayam

Sayur Opor ayam

Gak sempet photo saat dimasaknya krna sdah pada laper dan ini juga masakan dr lebaran baru sempet upload.. Selamat mencoba.. #AhlinyaAyam