Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor ayam yang Sempurna

Dipos pada March 1, 2022

Opor ayam

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Opor ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam:

  1. 1 kg ayam, cuci bersih, potong sesuai selera
  2. 4 lbr daun jeruk
  3. 1 lbr daun kunyit
  4. 3 lbr daun salam
  5. 3 cm lengkuas geprek
  6. 1 ltr santan encer
  7. 400 ml santan kental
  8. secukupnya garam
  9. secukupnya gula putih
  10. 1 bh jeruk lemon
  11. bumbu yang dihaluskan :
  12. 5 bh bawang merah
  13. 5 bh bwang putih
  14. 5 bh kemiri bakar
  15. 2 cm kencur
  16. secukupnya minyak untuk menumis
  17. bawang goreng untuk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam

1
Lumuri ayam dgn jeruk lemon, diamkan selama 10 menit
2
Tumis bumbu yg dihaluskan sampai tercium wangi lalu masukan ayam, dantan encer, daun jeruk, daun salam, lengkuas, garam, gula, aduk hingga merata.
3
Didihkan dgn api kecil sambil terus diaduk, sampai ayam kira2 sudah matang lalu masukan santan kental aduk lagi hingga mendidih jgn sampai santan pecah hingga ayam benar benar matang.
4
Angkat fan sajikan selagi hangat dgn taburan bawang goreng

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam telor tahu praktis

Opor ayam telor tahu praktis

Opor yang saya buat cenderung putih krn tdk menggunakan kunyit.bumbu uleknya pun praktis.

5 porsi
Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Ceritanya saya lagi kepengen banget makan opor ayam nih, karena jujur sejak ibu saya gerah (baca: sakit), beliau enggak pernah lagi masak opor ayam kalau Lebaran tiba 😒 Padahal masakan apapun kalau yang masak ibu pasti selalu enak, karena dimasak dengan cinta, bener kan bunda? 😊 Untuk mengobati rasa kangen saya pada opor buatan ibu, saya cari resep dari website MasakApaYa.com dan lihat ada resep opor tahu telur. Kenapa enggak pake ayam, karena sebelumnya sudah masak ayam, jadi kali ini opornya pakai tahu dan telur saja, biar beda.. Resep saya modifikasi sedikit ya..

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Lebaran....ada sambel goreng ati, harus ada lontong opor juga. Ada beberapa versi opor. Kalo di tempat saya opornya versi warna kuning..

8 porsi
60 menit
Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Biasanya bikin opor ayam yang kuahnya kuning yaa..kali ini coba yg kuah putih, bikinnya sama aja sih cuma gak pakai kunyit aja..terus kyny kalo kuah putih lebih creamy rasanya drpd kuah kuning..udah serasa mau lebaran aja makan opor ayam..hehehe..

4 porsi
60 menit
OPOR AYAM

OPOR AYAM

Masak opor ayam gak harus nunggu hari raya. Kadang tiba-tiba aja pengen makan opor ya masak opor hehehe...

4 porsi
45 menit
Opor Tahu Tempe Istimewa

Opor Tahu Tempe Istimewa

Lagi kangen opor ayam buatan ibu, alhasil karena adanya bahan di rumah tahu tempe jadinya buat opor versi irit Hehe. Rasanya lumayan bisa mengobati rindu masakan ibu. Pas banget dimakan pas cuaca hujan dan mendung. Biar makin mirip masakan ibu, aku juga buat sambal goreng sebagai bahan pelengkap santapan opor ini.

45 menit
Terik Kuning Tahu Telur

Terik Kuning Tahu Telur

Ga tau juga ini masakan khas darimana,suami juga baru denger ini namanya terik.di bilang mirip opor sihπŸ˜‚cuman waktu ku kecil dulu tiap aku sakit/ga enak badan mama selalu beliin sarapan bubur sama terik ini...rasanya ngangenin lembut gurih2 gitu,cocok juga buat balita/mpasi nih tinggal skip aja y cabenya.

Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Resep mbah Uti yang rasanya menurutku pas banget d lidahnya orang Jawa hehee,,, Cobain momss,,, Lebih nikmat kalau ayamnya ayam kampung yaa πŸ˜‰πŸ˜‰

Opor Ayam Putih Simple

Opor Ayam Putih Simple

Menu lebaran kemarin, abis sholat Ied langsung makan bersama, sekalian syukuran ultah Mas (anak sulung). Tp sekeluarga doang sih yg makan2 πŸ˜€πŸ˜€. Walopun namanya opor putih tp tetep make kunyit walopun ga sebanyak opor kunibg, biar aroma apek ayam hilang, dan menambah aroma masakan...

Bubur Lemu Terik Tahu (bubur nasi)

Bubur Lemu Terik Tahu (bubur nasi)

Ceritanya gigi geraham saya baru numbuh jd gusi sakit pakek banget kl buat maem, jadi bikin bubur lemu biar ga perlu ngunyah tinggal telen😊😊😊

Opor sayap ayam lezatos

Opor sayap ayam lezatos

Baru pertama buat opor ayam, maklum mahmud hehe, ternyata stok kemiri dan daun salam kosong. Jadi buat seadanya aja .. eh sukses. Suami sukaaa...

Opor Pala Ayam + Tempe

Opor Pala Ayam + Tempe

Beli pala ayam 8rb dapet 10 buah kepala ayam niatnya pengen dimasak kecap tapi ko liat kulkas ada tempe 1 papan + ada santan bubuk ditoples yang kemaren dipake cuma 1 sdm buat campuran getuk, ya wis lah tak opor wae secara kemarin 12042018 harus ngambil rapot bayangan disekolah mas kinza harus masak yang ga makan waktu πŸ˜…πŸ˜…. Menu simple dan cara pengolahannya ga butuh waktu lama, kebetulan juga suami paling suka bagian kepala klo makan ayam. Untuk tempe boleh digoreng boleh tidak ya, sesuai selera aja dan untuk kepala ayam juga boleh utuh boleh dipotong2 ya. Untuk bumbu opor pala ayam + tempe ini hampir sama ya ma opor tahu tempe yang pernah saya share juga.

Opor Ikan Kakap

Opor Ikan Kakap

40 menit
Opor Ayam+Tahu

Opor Ayam+Tahu

Kuahnya gurih banget karena pake kelapa yang tua yang banyak santanya