Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak Biji Salak ++ yang Bikin Ngiler

Dipos pada September 25, 2018

Kolak Biji Salak ++

Anda sedang mencari inspirasi resep Kolak Biji Salak ++ yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Kolak Biji Salak ++ yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kolak Biji Salak ++, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak Biji Salak ++ bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kolak Biji Salak ++ yaitu 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Kolak Biji Salak ++ diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak ++ sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak ++ memakai 12 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kolak biji salak plus potongan labu kuning, pisang kepok dan kolang-kaling. Cocok dihidangkan di bulan puasa!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak ++:

  1. 500 gram ubi manis
  2. 1/4 buah labu kuning potong dadu
  3. 3 buah pisang kepok potong
  4. 2 bungkus kolang-kaling
  5. 130 gram tepung sagu
  6. 2 blok gula aren
  7. 200 ml santan
  8. 1500 ml air
  9. 4 lembar daun pandan
  10. 1 sdt vanili
  11. 1 sendok teh garam
  12. Secukupnya gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak ++

1
Pertama, rebus labu kuning dan pisang yang sudah dipotong selama lima menit/hingga setengah matang. Sisihkan.
2
Kukus ubi yang sudah dikupas hingga lunak dan bisa dilumatkan. Sementara itu, ayak dan masukkan tepung sagu dan satu sendok teh garam ke dalam mangkuk besar.
3
Setelah ubi lunak, lumatkan hingga halus dan masukan ke dalam mangkuk yang berisi sagu dan garam lalu segera ulen hingga kalis. Bentuk adonan dengan tangan hingga menyerupai biji salak atau sesuai selera (saya lebih suka berbentuk bulat.)
4
Potong gula aren kecil-kecil agar lebih mudah mencair. Sementara itu, rebus air di wajan besar hingga mendidih.
5
Tiriskan kolang-kaling. Buang airnya.
6
Masukkan gula aren ke dalam wajan. Setelah gula lumat, masukkan juga daun pandan, kolang-kaling, labu, pisang dan biji salak.
7
Rebus di atas api medium hingga adonan biji salak mengapung di permukaan. Tambahkan vanili dan gula pasir hingga dirasa cukup manis. Aduk rata.
8
Apabila semua bahan sudah 80% matang, masukan santan ke dalam wajan dan aduk pelan. Note: di foto saya memisahkan santan dengan kolak agar tampilan lebih cantik dan kolak bisa lebih awet. Apabila Anda ingin pisahkan kolak dengan santan, rebus santan yang dicampur air di tempat terpisah hingga matang.
9
Aduk terus hingga santan tercampur merata dan semua bahan matang sempurna. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak(candil)

Kolak biji salak(candil)

Kalau di kampung saya namanya bukan kolak biji salak tapi kolak candil

39. Biji Salak Kuning

39. Biji Salak Kuning

Masih #DiRumahAja kan, Moms? Bosen juga yaa kalau kelamaan di rumah, tapi kita punya cara tersendiri melepas kepenatan dengan cara masak makan makanan tersehat untuk keluarga. Apalagi #WeekendChallenge kali ini cukup menantang lohh Moms, tema minggu ini #KelapaSeribuManfaat bareng #CABEKU Nah, siang ini saya mau berbagi resep menggunakan santan sebagai bagian dari manfaat kelapa untuk masakan. Selain membuat cita rasa masakan menjadi gurih, apabila santan diolah dengan baik maka membawa segudang manfaat bagi tubuh Moms. Gimana kalau santan dikolaborasikan dengan umbi-umbian yaa? Yuk intip resepnya Moms..

Biji salak buah naga

Biji salak buah naga

Ngepasin hari valentin

Bubur candil labu mutiara

Bubur candil labu mutiara

Ramadhan kali ini bertepatan dg pandemi covid 19 yg mengharuskan diam di rumah kecuali utk hal2 yg urgen, demikian juga utk tajil jadi lebih byk waktu buat mengolah sendiri

Kolak pisang biji salak

Kolak pisang biji salak

Kegabutan yang hqq

Biji salak

Biji salak

Sering dengar tapi nggak pernah lihat soalnya ditempat saya nggak ada yang jual.lihat2 &cari resepnya di internet,akhirnya dapat juga dan bikin deh.anak2 sama mertua ternyata suka sekali ,kalo urusan kue2 sama makanan tradisional mereka sih memang paling suka. Resepnya saya dapat dari sase ya,mudah dan cepat buatnya. Ini iseng2 saja saya bikin warna warni biar menarik.

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Sambil ngabuburit bentuk bulet2nya yg lama biar ga berasa waktunya 😁

45 menit
Kolak pisang dkk

Kolak pisang dkk

Saya bilang dkk karna ada pacar cina, biji salak, dan labu kuningnya, jadi komplit. Kolak ini takjil favorit ramadhan semua orang, bikinnya gampang banget tinggal cemplung2 in satu per satu jadi deh..πŸ˜„ #BikinRamadanBerkesan #7

Bubur Sumsum Candil Mutiara

Bubur Sumsum Candil Mutiara

Bikin bubur ini untuk pemulihan setelah sakit udh paling cocok biar adem diperut. Source Candil dan mutiara : @ekolilis Source Sumsum dan kinca : @kartikawina90 #Pais_Teunganggotarigu #PekanPosbar #GlutenFree #Idemasak #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung Minggu ke 6

5 porsi
Bubur candil ubi kuning / kolak biji salak

Bubur candil ubi kuning / kolak biji salak

Kebetulan Ada sisa ubi kuning YG sudah direbus.. jadi dibikinlah bubur ini πŸ€— @henny_rosita #PejuangGoldenBatikApron #week8

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Dibuang sayang........ beberapa waktu yg lalu ibu saya membuat getuk ubi ungu, enak sekali rasanya apalagi makannya ditaburi parutan kelapa... tapi krn ibu memasaknya terlalu banyak hingga sampai sore msh tersisa satu piring kecil. Rasanya sayang kalau sampai terbuang, sy simpan di kulkas dan akhirnya jadilah bubur biji salak ini.... yaaaah... ubi lagi ubi lagi.... :)

Tajin (Bubur) Polor (biji salak)

Tajin (Bubur) Polor (biji salak)

Iseng aja pengen yang simple dimakan ^^

Kolak Biji Salak (sederhana)

Kolak Biji Salak (sederhana)

Menikah 9 tahun belum pernah buatin ini, padahal suami suka πŸ˜‚ . Mumpung lagi ada ubi dan mood nya πŸ˜„

3 porsi
60 menit
Biji Salak "pisang"

Biji Salak "pisang"

Yang hangat dan manis. #berburucelemekemas #resolusi2019 #47

Biji Salak Thailand

Biji Salak Thailand

Kolak Biji Salak Ala Ala Thailand Yg Begitu Manjaaa Full Color πŸ˜† Ga jauh beda siiih sama Kolak di Kita, Kalu di Kita pake Gula Merah, di Thai sono pake Gula Putih plus Santan, dua2 nya sama Enak nya...Cobain Yuuuk..πŸ˜‰

Candil Labu Kuning #idetakjilramadhan

Candil Labu Kuning #idetakjilramadhan

Bismillah, karena 1 ramadhan sudah ditetapkan pada hari Minggu, 03 April 2022, maka saatnya kita keluarkan resep-resep takjil yang simple nan cantik ini😍

Biji salak (porsi mini)

Biji salak (porsi mini)

Teruntuk sahabat2ku yg cantik ,semoga selalu diberi ketabahan ,kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan .. dan semoga segera diberi kesembuhan amiin.. dan teruntuk kita yg masih diberi kesehatan, mari perbanyak bersyukur.. #TemanBerjuang . Resep ini saya tulis khusus untuk porsi mini yg tidak berlebihan .. ccok untuk anak kost.😊

2 porsi
Bubur Biji Salak Ubi Merah

Bubur Biji Salak Ubi Merah

Masih edisi menu-menu takjil untuk buka puasa, nyoba bikin bubur biji salak dari ubi merah...

4 porsi
60 menit