Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat 39. Biji Salak Kuning yang Sempurna

Dipos pada September 22, 2018

39. Biji Salak Kuning

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat 39. Biji Salak Kuning yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal 39. Biji Salak Kuning yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari 39. Biji Salak Kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian 39. Biji Salak Kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 39. Biji Salak Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 39. Biji Salak Kuning memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih #DiRumahAja kan, Moms? Bosen juga yaa kalau kelamaan di rumah, tapi kita punya cara tersendiri melepas kepenatan dengan cara masak makan makanan tersehat untuk keluarga. Apalagi #WeekendChallenge kali ini cukup menantang lohh Moms, tema minggu ini #KelapaSeribuManfaat bareng #CABEKU Nah, siang ini saya mau berbagi resep menggunakan santan sebagai bagian dari manfaat kelapa untuk masakan. Selain membuat cita rasa masakan menjadi gurih, apabila santan diolah dengan baik maka membawa segudang manfaat bagi tubuh Moms. Gimana kalau santan dikolaborasikan dengan umbi-umbian yaa? Yuk intip resepnya Moms..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 39. Biji Salak Kuning:

  1. 4 buah ubi jalar/mantang ukuran sedang
  2. 50 gram tepung tapioka/tepung sagu tani
  3. 50 gram gula aren
  4. 50 gram gula putih
  5. 500 ml santan cair
  6. 30 ml santan kental
  7. 2 helai daun pandan ikat simpul
  8. 1/4 ruas jahe memarkan
  9. secukupnya garam
  10. secukupnya kolang-kaling rebus

Langkah-langkah untuk membuat 39. Biji Salak Kuning

1
Rebus ubi jalar hingga empuk. Lalu kupas kulitnya, haluskan. Pastikan ubi jalar/mantang benar-benar halus tanpa ada gumpalan. Jika ubi jalar telah halus, tambahkan tepung tapioka/tepung sagu tani dan sedikit garam. Uleni sampai kalis dan mudah dibentuk bola-bola.
2
Didihkan air. Rebus bola-bola biji salak di air yang benar-benar mendidih. Biarkan hingga mengapung.
3
Sambil menunggu biji salaknya matang, selanjutnya didihkan santan cair lalu tambahkan gula aren, gula putih, garam secukupnya, daun pandan, kolang-kaling rebus dan jahe yang telah dimemarkan. Masak hingga mendidih. Jika telah mendidih, pindahkan bola-bola biji salak dari panci rebusan ke dalamnya serta tambahkan pula santan kental. Aduk, masak kembali hingga mendidih.
4
Tes rasa. Bila rasa manisnya sudah cukup, matikan nyala api dan Biji Salak Kuning siap disajikan! Selamat mencoba resepnya, Moms.
39. Biji Salak Kuning - Step 4
5
CATATAN: Mengapa harus merebus biji salak di air yang benar-benar mendidih? Karena jika tidak mendidih, biji salak akan sulit matang dan sedikit lengket. Apabila terlalu ribet, Moms bisa men-skip proses perebusan dan menggantinya dengan merebus langsung biji salak di proses pendidihan santan cair, tetapi 'mungkin' hasil akhirnya akan agak sedikit mengental kuahnya dan saya menghindari itu.
39. Biji Salak Kuning - Step 5
6
CATATAN: Jika di rumah Moms tidak mempunyai persediaan gula aren, Moms tetap bisa menggantikannya dengan gula jawa atau gula merah biasa atau mungkin hanya gula putih saja. Selalu #DiRumahAja untuk sementara waktu yaa, Moms... stay healthy!
39. Biji Salak Kuning - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji Salak Ubi Merah

Biji Salak Ubi Merah

hidangan khas yang selalu muncul di bulan Ramadhan,,cocok untuk berbuka Puasa,,rasanya manis Legit & teksturnya kenyal2,,Enak sekali

4 Orang
60 menit
Biji Salak (Ubi)

Biji Salak (Ubi)

Homemade ❤

3 porsi
30 menit
Bubur Candil Kentang

Bubur Candil Kentang

Bubur candil merupakan salah satu jenis bubur yang populer. Iya dongs, popularitas nyatanya bukan hanya milik Candil yang bersuara melengking itu, ya kan. Ya, selain dari tepung tapioka atau tepung ketan, bola-bola candil dapat dibuat dari kentang juga. Rasanya gak kalah yummi dengan para pendahulunya. #PejuangGoldenBatikApron

Kolak Pisang Ubi Ungu

Kolak Pisang Ubi Ungu

bbrp hari lalu pulang kerja, ada tetangga masak kolak wanginya sampe ke garasi rumah. tunggu punya tunggu, eh ga dibagi hahaha. Akhirnya inisiatif bikin sendiri deh, pas banget lagi ada pisang yg udh mulai hitam dan ubi ungu yg udh lama gak dimakan 😀

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Ubi ungu lagiiii.. Ga bosen - bosen ma ubi yang satu ini. Dijadiin apa aja tetep endesss..

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak biji salak ubi ungu merupakan variasi dari kolak biji salak konvensional yang biasanya menggunakan ubi berwarna kuning atau kemerahan. Kreasi dengan menggunakan ubi ungu menonjolkan kesan hidangan yang cantik dan menggugah selera. Proses pembuatan kolak biji salak ubi ungu sebetulnya tidaklah berbeda dengan pembuatan kolak biji salak pada umumnya. Yang agak berbeda hanyalah pada saat kita membuat kuah yang didominasi dengan santan. Jika pada kolak biji salak biasa kita menggunakan gula jawa dan santan yang dimasak terpisah, kali ini proses pemasakan kita jadikan satu dengan mengganti gula jawa menggunakan gula pasir.

2 porsi
20 menit
Biji salak labu kuning lebut dan kenyal

Biji salak labu kuning lebut dan kenyal

Biasanya masakan ini permintaan suami 🥰 rasanya lemak dan dan legit terasa manis dengan labunya

Kolak ubi & biji salak labu kuning

Kolak ubi & biji salak labu kuning

Puasa2 gini bosen beli takjil terus...pengen buat sendiri dech...biar jadi banyak n sehat pula.searching2 cara buatnya...alhasil jadi dech...biji salak...suami juga suka😆...harusnya sich ada pisangnya,tapi gak nemu ditukang sayur yaaa okelah itu aja udah enak.

10 porsi
30 menit
Bubur Candil Ubi Kuning

Bubur Candil Ubi Kuning

Punya stok ubi kuning kalo dibuat ubi kukus aja pasti ga laku mau digoreng rasanya udah banyak menu goreng goreng wiken ini dan liat resep bubur candil mbak @desi_k2 oto kepengen bikin menu yang biasanya hanya ada ketika ramadhan 😁 Link resep asli https://cookpad.com/id/resep/15403894-bubur-candil-ubi-kuning?invite_token=BuCBGYfhQd37Lt5JUPd3PNqT&shared_at=1634455830 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_Desi #Cookpadcommunity_bali #CPBali_OlahanPalawija

Biji salak ala kadarnya

Biji salak ala kadarnya

Resepnya jjur aja ngarang....tp yakin enaak qo....

20 menit
Candil ubi

Candil ubi

Kudapan yg mengenyangkan, dan cocok sekali utk bukaan puasa. Enak juga dimakan setelah dimasukkan ke dalam kulkas.

2 orang
45 menit
Kolak biji salak kabocha

Kolak biji salak kabocha

Terinspirasi dari biji salak ubi dari ibu kos. Lalu, penasaran kalo pake kabocha ato pumpkin (waluh), rasanya enak juga..

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Kangen suasana puasa ramadhan di Jakarta. Tiap sore pasti udh berjajar di depan gang penjual makanan dadakan utk buka puasa. Salah 1 nya makanan favorit orang Jakarta adlh Kolak Biji Salak. Padahal gk ada Buah Salaknya tpi knapa namanya Bgtu ya?😊😀 whatever lah. Yg jelas 6 th meninggalkan Jakarta selalu ini yg saya rindu .. Hayuuk kt bikin aja drpd ngiler trs..

12 porsi
60 menit
Bubur Candil

Bubur Candil

Mari kita lanjutkan perjalanan #52weeksjourneyindonesiancuisine di jurnal Pejuang Golden Batik Apron! Kali ini pulang kampung dulu ah ke tanah jawa. Ada bubur candil yang "ngawe-awe" 😅 Banyak yg ngira bubur candil ini sama dengan biji salak. Nyatanya beda lho! Selain daerah asalnya yg beda, bahan yg dipake untuk membuatnya pun berbeda. Biji salak terbuat dari campuran ubi dan tepung tapioka, sedangkan candil terbuat dari tepung ketan. Cusss intip resepnya disini 👇👇👇 #CookpadCommunity_Yogyakarta #KopiJos #SelaluIstimewa #PejuangGoldenBatikApron #52weeksjourneyindonesiancuisine

Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Pakai ubi ungu, enaak 😍😍😍

Es loder (es bubur sumsum)

Es loder (es bubur sumsum)

Jajanan masa kecil yang sekarang susah banget di cari , jadinya mending bikin sendiri 😁