Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam yang Menggugah Selera

Dipos pada March 5, 2022

Opor Ayam

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam kira-kira 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Opor Ayam diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 19 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 500 gr ayam (saya pakai sayap + ceker)
  2. 200 ml santan kental
  3. 3 cm lengkuas (geprek)
  4. 1 btg serai (geprek)
  5. 3 lembar daun salam
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. bumbu halus :
  8. 5 siung bawang merah
  9. 5 siung bawang putih
  10. 1 sdm ketumbar
  11. 1 cm kunyit
  12. 1 cm jahe
  13. 2 bj kemiri
  14. secukupnya garam
  15. secukupnya gula
  16. pelengkap :
  17. bawang merah goreng
  18. bawang putih goreng
  19. daun bawang

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Cuci ayam hingga bersih. Rebus ayam kurang lebih 20 menit, buang airnya. Rebus kembali ayam kurang lebih 10 menit.
2
Ulek bahan bumbu halus. Panaskan wajan dengan sedikit minyak.. tumis bumbu halus sampai harum, masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas.
3
Masukkan ayam k dalam bumbu yg sudah d tumis tambahkan air 500ml. Aduk rata. Tunggu sampai air sedikit menyusut. Masukkan santan, aduk2 supaya santan tidak pecah. Tunggu smpai ayam empuk krg lebih skitar 30 menit. Matikan api. Bumbui dengan garam dan gula.. koreksi rasa. Tambahkan daun bawang n bawang goreng. Siap di sajikan.
Opor Ayam - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat Darurat dari nasi

Ketupat Darurat dari nasi

Bismillah Pengen banget makan ketoprak..tapi lupa ngga pesen lontong sama mba sayur,hehe Recook ketupat Darurat punya Dapur ala mama Jasmine.. recommended bgt dehh buat yg Mageran kaya ana,hihi

Sayur ketupat

Sayur ketupat

Buat temen makan ketupat

10 porsi
40menit
Ketupat

Ketupat

Udah pada bikin ketupat belum moms?? Tahun ini saya sama suami tidak mudik, karna anjuran dari pemerintah dan tentunya karna sayang keluarga di kampung. Jadi mau gak mau harus bikin semua menu lebaran sendiri deh. Dan baru berasa 'ohh gini ya ternyata kalo nyiapin menu lebaran sendirian, dari pagi2 kerjaan di dapur terus πŸ˜…'. Oh iya cara masak ketupatnya saya ambil di yt punya mba styfani dan ternyata berhasil pdhl baru sekali coba dan tentunya irit gas ya moms πŸ₯° Kalo moms lebaran tahun ini masak apa??

7 buah
Ketupat Metode 5.30.7

Ketupat Metode 5.30.7

#DiRumahAja buka2 album foto ternyata banyak banget yang belum saya post. Nah ketupat ini saya bikin pas lebaran idul adha heheheh. Kebetulan sebentar lagi juga idul fitri jd pada masak ketupat donk ya. Nah kalau ibu saya masak ketupat itu lama banget sampe ngehabisin gas wkwkwk. Nah semenjak ada cookpad saya rajin ubek2 resep. Saya recook dari mba ugi. yuk langsung aja kita masak.

Ketupat simpel ngga pake presto

Ketupat simpel ngga pake presto

Ini cara bikin ketupat pas hari lebaran kemarin.alhamdulillah ngga perlu ribet tp udh bisa dinikmati

Ketupat yang tertinggal

Ketupat yang tertinggal

Ketupat ada di Indonesia sejak masuknya Islam di pulau Jawa. Diperkirakan diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. Jaman dulu, ba'da kupat atau acara bikin ketupat dilaksanakan seminggu setelah Idul Fitri. Karena setelah lebaran, mereka melanjutkan puasa Syawal terlebih dahulu selama 6 hari baru ba'da kupat (kalo skrg pas lebaran langsung makan ketupat hehe..) Biasanya saya selalu jadi tamu alias spesialis icip2 saat lebaran, dan balik ke Lamongan seminggu setelah lebaran. Makanya, pas ke pasar sedikit pesimis bisa ketemu kulit ketupat... tapi ternyata.. masih ada yang jual! cuma seorang, dan cuma 15 biji! Alhamdulillah... ini yang namanya rejekii..:D Masak ketupaat meski lebaran sudah lewaat.. :D Ini masaknya smbil inget2 cara eyang bikin ketupat dulu pas saya masih kecil :)

8 porsi
90 menit
Sayur ketupat sederhana

Sayur ketupat sederhana

selamat mencoba say.. makasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat #aamiin

1 panci sedang
1/2 jam
Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Rasanya ngga afdol yaa kalo Lebaran ngga ada ketupat, ayok kita buatπŸ˜πŸ˜‰ #siapramadhan #jemputrejeki

Opor ayam versi pedas

Opor ayam versi pedas

Bkin nafsu mkn saya bertambah mama 🌾

Sayur Ketupat Betawi Asli

Sayur Ketupat Betawi Asli

Ini resep dari mertua yang orang Kedoya, Betawi tulen ibaratnya sekelurahan sodara 😁 Tiap tahun saya kebagian rejeki masak semur daging n sayur ketupat ini.. Entah knp saya yg disuruh masak bukan anak2 perempuannya.. GR bgt yaa jd menantu kesayangan πŸ˜„ Masaknya seabrek2.. pokoknya Porsi Besar ya balik lg krn sekelurahan sodara.. Masakan ini istimewa krn bener2 cuma dimasak pas hari Raya Idul Fitri n Idul Adha.. jd nganenin walau masaknya rumit.. krn nurut sm mertua, semua bahan n step masak plek pakai cara dia.. krn menurut ibu mertua klo caranya dirubah hasilnya juga beda.. met mencoba 😊 #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Jakarta

90 menit
90 menit
OPOR 2 T (Telur dan Tahu)

OPOR 2 T (Telur dan Tahu)

Hari libur tukang sayur juga ikutan libur. Masak lauk seadanya aja buat makan siang suami sama anakku.

Ketupat Oat dan Opor Special

Ketupat Oat dan Opor Special

Bismillah dan Alhamdulillah.. Dipenghujung bulan Ramadhan yg segera berlalu, mimi mau share resep ketupat sehat karena dibuat dengan penambahan oat. Rasanya tidak berbeda nyata dgn ketupat yang full beras, dimakan dengan opor special ala Chef Farah Quinn, jadi menambah kenikmatan hidangan Lebaran namun tetap menyehatkan. Bikin kenyang lebih lama karena kandungan serat dr oat. Yukk moms cobain resepnya...jangan setelah berpuasa, nanti Lebaran nambah koles ya..hehe.. Source Farah Quinn Official Youtube #ResepRamadanQuakerOats

5 porsi
1 jam
Es terik matahari

Es terik matahari

Es ini sengaja dibuat saat lagi panas2nya terik matahari.hehe.lsgs nyesss ademnya

1 porsi
5 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Stok ayam yg selalu ada di kulkas membuat aku harus selalu kreatif mengolah aneka resep. Mulai dari ayam goreng lengkuas, ayam kecap, ayam teriyaki, ayam kare, ayam suir bumbu bali dll aneka resep ayam aku coba. Hari ini aku masakin resep opor ayam. Orang rumah sih selalu suka asalkan ayamnya super empuk. Yuk cekidoot β™₯β™₯β™₯

5 porsi
Ketupat Homemade

Ketupat Homemade

Penasaran banget bikin ketupat. Kata orang bikinnya lama. Mending beli jadi. Tapi kalo ga nyoba kan ga tau gimana sensasinya bikin kupat/ketupat yang super duper lama.

Ketupat homemade

Ketupat homemade

Menjelang lebaran cari2 emak pedagang lontong padang yang biasa langganan karena jual ketupat, kok gak ada. Ya sudahlah, belajar bikin ketupat sendiri. Dari macam2 sumber di youtube. Lumayan ya, untuk memastikan matang, perlu 4 jam merebus ketupat. Tahun depan...mikir lagi kalau mau bikin ketupat..hahaha. Tapi paling tidak, sudah berani coba..yang ini beneran #BikinRamadanBerkesan

Opor Ayam

Opor Ayam

Karena bapake tdk terlalu suka pedas, tumis cabe gendotnya di ganti dengan kuah cabe gendot. Jd tdk terlalu pedas saat di campur dengan opor.

4 porsi
90 menit
Roti Semir Ketupat (Overnight Method)

Roti Semir Ketupat (Overnight Method)

Bismillah.... Assalamu'alaikum..... Sengaja bikin roti semir untuk hampers lebaran ke tempat sodara....jadi muncul ide bikin ala2 ketupat gituu....pas banget kan ma moment nyaπŸ˜…πŸ˜… Ada sdikit modif dari resep aslinya....Q pake metode overnight...yar muluuurr rotinyaπŸ₯°πŸ˜‰ Q juga bikinya stengah resep dari resep aslinya.... Source : Erna Juliwati https://cookpad.com/id/resep/11926522-roti-semir?invite_token=GmMgXpED9vmvMKyiJpdmWMtT&shared_at=1621436591 #LihaiRecook12_semarang #pejuangGoldenApron3 #cookpadCommunity_semarang