Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Rendang Jengkol yang Anti Gagal

Dipos pada February 16, 2020

Rendang Jengkol

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang Jengkol yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Rendang Jengkol yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Rendang Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setelah kemarin masak jengkol instan pk santan kara, sekarang sy cb masak lg rendang jengkol ini dengan santan fresh dr parutan kelapa. Kebetulan adikku minta di bikinin rendang jengkol ini. Dan sengaja ku masak dengan resep& rempah yang berbeda jg,,,rasanya lebih maknyos yg skr. Perlu di coba neh mom, lumayan irit gas jg karena ga terlalu lama rebus jengkolnya😁 Tips ciri2 jengkol tua menurut pengalaman saya😁 : bentuk bulat (uk kecil ga mslh), tidak ada bagian yg rusak/mengelupas, bila di tekan keras & tidak ada celah (bolong) antara kepingnya. Kalo ada bolongnya itu bkn mateng pohon tp itu mungkin jengkol muda yg udah di rendam/di proses dl ma penjualnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 1 kg jengkol tua
  2. 🌾Bumbu Halus :
  3. 5 bh cabe merah (blh tambah sesuai selera)
  4. 5 bh cabe keriting (blh tambah sesuai selera)
  5. 15 siung bawang merah
  6. 8 siung bawang putih
  7. 1 sdt ketumbar
  8. 8 butir kemiri
  9. 1 sdt lada
  10. 2 cm lengkuas
  11. 2 cm jahe
  12. 2 cm kunyit
  13. 1/4 biji pala
  14. 1 sdt jinten
  15. 🌾Rempah2 :
  16. 3 batang serai geprek
  17. 5 lbr daun salam
  18. 3 lbr daun jeruk
  19. 🌾Bumbu lain :
  20. secukupnya Garam, gula pasir, kaldu bubuk
  21. 1 sdm gula merah
  22. 700 ml santan encer
  23. 100 ml santan kental

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Cuci jengkol, lalu masukkan ke dalam panci berisi air mendidih tambahkan 2 lbr salam & 1 btg serai geprek, rebus selama 5 menit, matikan api. Lalu saya rendam jengkol selama 30 menit di dalam air rebusan. Setelah di diamkan nyalakan kembali api sedang saja, rebus jengkol sampai matang (saya 7-10 menit juga sudah empuk). Setelah api di matikan rendam lagi 1 jam.Tes tusuk dengan garpu kalau sudah empuk angkat & dinginkan. Lalu pipihkan.
Rendang Jengkol - Step 1
2
Setelah 1 jam di diamkan kembali. Lalu tumis bumbu halus & rempah yang ada sampai wangi, masukkan sedikit air, masak sampai mendidih.
Rendang Jengkol - Step 2
3
Masukan jengkol,garam dan santan cair sedikit2. Aduk trs smp air agak menyusut.
Rendang Jengkol - Step 3
4
Tambahkan santan kental sedikit2. Sambil terus di aduk masak hingga agak kering & terlihat santan mengeluarkan minyak. Masukkan gula, sisa garam & kaldu. Cek rasa
Rendang Jengkol - Step 4
5
Masak& aduk terus hingga kering. Matikan kompor& siap di sajikan
Rendang Jengkol - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Iga sapi bakar rendang

Iga sapi bakar rendang

Iga bakar praktis semua pasti bisa karena kita pakai bumbu jadi, dan hasilnya enak

Rendang Ayam Simple

Rendang Ayam Simple

ini papanya yang request hahaha, suamiku doyan makan. oh ya bumbu rendang beli yang udah jadi aja ya mom,, simple gak pakai lama dan rempoong hahaha,, beli di tukang sayur aja sebungkus 2500, tapi tetap tambahin bawang merah bawang putih ya mommies biar rasanya lebih nendang.

10 Porsi
❤Rendang ga pake' ribet❤

❤Rendang ga pake' ribet❤

Buat rendang bagi pemula ya bund

Rendang Ampela ayam dan ceker

Rendang Ampela ayam dan ceker

Pengen makan ceker dan ampela ayam .

Ayam Tempe Rendang

Ayam Tempe Rendang

#siapramadhan

Rendang Daging Lamak Bana

Rendang Daging Lamak Bana

#AntiRibet alhamdulillah sekali tahun ini bisa buat rendang sendiri berkat cookpad jadi masak bisa lebih mudah. Saya masih agak terharu si soalnya paksu bilang ini enak makan sampe 3 daging ehehe. Beberapa hari lalu aku titip beli daging sapi ke ibuku. Trus ibuku bilang sekalian coba buatin rendang bisa ga. Lalu aku iyakan dan foilaa jadi rendang dengan bumbu nya fresh blender sendiri di rumah. Makasih untuk mbak vy resepnya .yuk yang penasaran silahkan dicoba buat Source: DapurVY #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #SiapRamadan #Tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #rendangdaginglamakbana #clovercookinglover #cookpadcommunity_jakarta

Nasi Goreng Rendang Telur Gulung

Nasi Goreng Rendang Telur Gulung

Bikin nasi goreng enak yang gak pake ribet karena pake bumbu nasi goreng instan. Untuk melengkapi gizinya sy tambah dg daging cincang, aneka sayuran dan telur gulung biar makin komplit.

Rendang

Rendang

Bumbu rendang n cabe giling beli jadi di pasar. #SiapLebaran

Rendang Ayam

Rendang Ayam

06.05.19 Alhamdulillah sudah memasuki bulan suci Ramadan semoga puasa kita dilancarkan oleh Allah aamiin ya Rabb. Puasa pertama ini saya masak rendang #PorsiBesar tadinya mau buat ayam bakar tp suami req ini, baiqq bosque. Lumayan saur nanti jd sdh ad lauk nyaa #antiribet👌 Alhamdulillah sesuai lidaah rasanya numero unooo 👍 #SiapRamadan #PorsiBesar #AntiRibet #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Rendangayam #Cookpadcommunity_tangsel

"Rendang jengkol"Bumbu instant

"Rendang jengkol"Bumbu instant

Suuka' banget ama menu yg satu ini,tp q lebih suka yg simple2 aja bumbunya.meski agak lama prosesnya tapi tetep endes lah pokoknya!!!😅😅😅

Rendang Ayam Instan

Rendang Ayam Instan

Pengen makan rendang tapi nggak pengen ribet dgn bumbu2nya 😝 masaknya jg nggak terlalu lama, praktis deh

Rendang empuk pakai bumbu simple

Rendang empuk pakai bumbu simple

Suami seneng rendang..tp karena punya 3 balita jd repot masaknya...so maaf y moms bumbunya pake yg siap pakai...😅😅😅

1 porsi
(151).Rendang Ayam

(151).Rendang Ayam

Kali ini masak rendang dengan bumbu yg lengkap, resep asli punya mbak azka fairuz..enak dan mantab ada beberapa bahan yang aku skip dan ada pula beberapa bahan yg aku tambahin takarannya, sesuai dengan selera lidah ku 😊 #arisanrecookcookpadersjawabali #arisanrecook #arisanrecookclover #cookpadersjawabali #cookingwithhearteatingwithlove #tidaksekedarmemasak #clovercookinglover #cookpadcommunity_yogyakarta

Rendang

Rendang

Source : xander's kitchen Ini rendang ke dua yg sy buat dg resep yg berbeda dg yg pertama sy buat. Utk tau kira2 resep mana yg disenengi sm org rumah. Resep yg ini juga lbh banyak macam bumbu dan jumlahnya dg jumlah daging sama. Daging yg sy pake daging betis. Kt temen yg org padang, klu bikin rendang pake daging betis. Rendang yg pertama sy pake daging has. Resep yg sy tulis resep asli.

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Pertama masak rendang dan pakai ayam kampung. Alhamdulillah resepnya berhasil. Anak-anak bilang, enak.