Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Rendang Daging Sapiii yang Lezat Sekali

Dipos pada February 20, 2020

Rendang Daging Sapiii

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Rendang Daging Sapiii yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Rendang Daging Sapiii yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Rendang Daging Sapiii, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapiii enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapiii sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapiii memakai 27 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dapat bagian daging saat Idul Adha. Sebelumnya udah dibikin gulai dan rawon. Masih sisa lumayan banyak, dihabiskan dengan dibuat rendang. Lagi malas dibagus-bagusin, jadi langsung cekrek dari wajannya. Hahaha. Lagi-lagi, ngulik dari blog JTT resepnya. Ini termasuk masakan yg super butuh kesabaran, haha. Bahannya yg buanyak dan prosesnya yg lumayan, bikin hasilnya patut utk ditunggu. Tapi memang, rendang rasanya juara!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapiii:

  1. Bahan dasar:
  2. 2 kg daging sapi
  3. 3 butir kelapa, diparut
  4. 10 sendok kelapa parut (berasal dari 3 butir kelapa tadi)
  5. Bumbu halus:
  6. 12 siung bawang putih
  7. 22 siung bawang merah
  8. 400 gram cabai merah (tambahkan cabai rawit jika ingin pedas)
  9. 1,5 sdm merica
  10. 2 sdm ketumbar
  11. 2 butir pala
  12. 3 cm jahe
  13. 4 cm kunyit
  14. 2 buah serai (ambil bagian bawah yg putihnya, iris tipis-tipis)
  15. 1 sdm jinten
  16. 6 buah kembang lawang
  17. 5 buah kapulaga
  18. 7 butir cengkeh
  19. 1,5 sdm garam (disesuaikan)
  20. 2 sdm gula jawa
  21. secukupnya minyak goreng untuk menumis
  22. Bahan langsung tumis:
  23. 2 buah kayu manis (panjang 5 cm)
  24. 5 lembar daun jeruk (sisihkan uruas tengah yg di daun)
  25. 4 lembar daun salam
  26. 5 cm lengkuas (belah dua, memarkan)
  27. 3 buah serai (memarkan)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapiii

1
Bersihkan daging sapi. Potong tebal dan besar supaya tidak mudah hancur saat di masak. Tiriskan
2
Jika ingin daging berbentuk utuh (tidak hancur) saat dimasak: Panggang daging di atas teflon tanpa minyak hingga berwarna kecoklatan, bolak-balik hingga semua sisi terpanggang. Air akan banyak keluar dari daging, jangan dibuang ya. Ini justru yg bikin tambah enak, nanti campurkan dgn kuah santannya.
3
Jika ingin daging ikut lumat dgn bumbunya, biarkan saja. Langsung masukkan ke dalam kuah rendang nanti.
4
Sangrai 10 sdm kelapa parut yg tadi sudah disisihkan dari 3 buah kelapa parut. Kelapa parutnya ini yg masih belum diperas ya. Sangrai hingga kering dan berwarna coklat dengan api sedang. Bolak balik, jangan sampai gosong, nanti akan pahit loh. Setelah itu, haluskan. Bisa dengan blender (ditambah air agar bisa berputar), bisa juga dgn diulek. Sisihkan.
5
Peras kelapa parut sisanya. Buat santan yg kental saja, nanti juga akan dimasak hingga kering kok. Sisihkan.
6
Haluskan bumbu halus semuanya. Siapkan juga bumbu berupa lengkuas dan serai yg sudah dimemarkan. Siapkan juga daun salam, daun jeruk, dan kayu manis.
7
Panaskan minyak untuk menumis. Tumis bumbu halus beserta bumbu langsung tumis bersmaan. Masak hingga wangi dan bumbu matang.
8
Setelah bumbu tumis siap, masukkan kelapa sangrai dan santan ke dalam wajan/panci yg digunakan utk menumis bumbu tadi. Masak hingga mulai mengental dan mengeluarkan minyak. Jangan terlalu sedikit airnya, nanti daging tidak bisa empuk.
9
Masukkan daging yang sudah dipanggang ke dalam wajan/panci yg tadi. Aduk terus hingga tercampur. Kalau sudah mulai meresap bumbu ke dalam daging, tutup wajan/panci tadi dan kecilkan api.
10
Cek sebentar-sebentar untuk mengaduk daging agar tidak gosong bagian bawahnya. Masak hingga kuah rendang mengental dan warnanya berubah coklat kehitaman. Kering tidaknya rendang yg diinginkan dapat disesuaikan.
11
Apabila kuah sudah kering namun daging masih belum empuk, bisa ditambahkan air mendidih dan ungkep lagi.
12
Selamat berjuang memasak rendang! :D

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam dan Rendang Sapi 2in1 ala Tiger Kitchen

Ayam dan Rendang Sapi 2in1 ala Tiger Kitchen

Sebenarnya ini masak ala-ala rendang aja, soalnya cuma pakai bumbu instant Rendang Paste dari Malaysia. Tapi untuk arsip pribadi saya masukkan juga ya. Kenapa 2 daging..? karena bumbu rendangnya masih banyak dan stock daging ayam saya sedikit banget...jadi biar ga mubazir sy masukkan juga daging sapi yang juga tidak banyak ini..:) Rasa rendangnya mantappp... ada pedes-pedesnya dikit..

Rendang ati ayam ala gue

Rendang ati ayam ala gue

Cuma iseng2 ternya endol tak gendol2.. Cus silakan dipraktekin..

Rendang daging hitam ala dapoer vanayya

Rendang daging hitam ala dapoer vanayya

Rendang daging hitam ini adalah makanan favorit suami, teman mesranya nasi putih. Untuk yang punya kolesterol Dan darah tinggi kayak aku, makannya Jangan banyak-banyak Yaa.. Hehheee... Resepnya dari almh. Mama Yg keturunan batak mandailing. Rendang ini bisa awet Berbulan-bulan Karena Proses masaknya yang cukup Lama Dan kunci rahasianya Ada dikelapa sangrai nya Untuk mendapatkan Warna hitam Dan tahan Lama. Ayukk langsung saja yaa kita masakπŸ˜† #tantangandiakhirtahun #masakditahunbaru

2 porsi
3 jam
Rendang

Rendang

5porsi
1jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Source : Akun Bunda Arvina Harahap @cookpad "Rendang Jengkol" ☘ Entah mengapa tiba2 saja saya ingin memasak jengkol. Tetapi ingin bumbu yg tak biasa. Akhirnya pilihan saya jatuh pada resep Mba Arvina ini πŸ˜‡ Kemudian saya konsultasi dulu dg mba Vina supaya ga salah proses. Tentunya saya sesuaikan dg stock bahan ya 😁 Terutama santan, saya pakai 1 pcs 200 ml Kara instan dan airnya bukan air kelapa, melainkan air biasa. Untuk klik link resep asli langsung disini ya πŸ‘‡πŸ™ https://cookpad.com/id/resep/3596267-rendang-jengkol

Rendang jengkol sosis & bakso

Rendang jengkol sosis & bakso

Hari ini buat yg ribet tp di buat simpel hehe.. #berburucelemekemas#resolusi2019

6 spices (bumbu dasar rendang, kalio, nasi rempah dan lainnya)

6 spices (bumbu dasar rendang, kalio, nasi rempah dan lainnya)

Ibuku merupakan panggung masak jika ada hajatan keluarga seperti baralek (pesta pernikahan), aqiqah, sunatan dan acara besar lainnya beliau dipercaya untuk meracik bumbu masakan. Nah, mempunyai ibu yang hebat masak membuatku menjadi ketergantungan dengan masakan beliau. Jika ingin rendang aku biasanya meminta ibu untuk mengirim rendang siap santap. Setelah pindah sementara dengan jarak ribuan mil dari ibu tercinta, tak mungkin lagi aku meminta beliau untuk mengirim rendang siap santap. Sebagai gantinya beliau meracik bumbu siap masak untukkuπŸ˜‚, naluri seorang ibu selalu menyediakan apapun untuk anak. Karena stok bumbu siap masak sudah habis, akhirnya aku membuat sendiri bumbu siap masak ini. Alhamdulilah rasanya gak beda jauh alias sama😍😘😎 Resep ini untuk 20 porsi ya, kalau mau buat 1-5 porsi tinggal dibagi 20 saja masing-masing bahan. Kita tinggal menambahkan bawang putih, merah, jahe, lengkuas, daun-daunan, dan cabe.

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Wktu itu lg mudik dirumah mertua, eh main kepasar bwt belanja stok sayur malah nemu ini. Alhasil langsung beli 500 gr.

Rendang Ayam #PR_recookrancakbana

Rendang Ayam #PR_recookrancakbana

Recook dari: uni Michico Octavian Hihi pengen ikutan pr, cm ada ayam di freezer yasud deh bikin ini ajah.

Rendang Jengkol Simpel

Rendang Jengkol Simpel

Makanan kesukaan mama bapakku. Jadi ingat beliau berdua

Kalio Daging Sapi (Rendang)

Kalio Daging Sapi (Rendang)

Ceritanya sih pengen belajar bikin rendang sama nyokap.. ya tapi otomatis jadinya ada fase jadi kalio dulu. Jadi sebenernya kalo bikinnya banyak, dalam 3 hari dapet 2 jenis lauk yg beda. Kalionya besok2 dipanasin lagi, jadilah rendang. Kl keluargaku sih pas lg fasenya males masak pasti bikin ini. Awettt 😍

Rendang daging ubi cincang #BikinRamadhanBerkesan

Rendang daging ubi cincang #BikinRamadhanBerkesan

Saia dan paksu lg kepengen mkn rendang, tp yg ada ubi nya sprti dijual org2.. Berhubung dsni ssh nemuinnya jadilah saia terjun sndri menciptakan mknan lezat yg wangi dan rasanya sampe ke eropa sana,, mariii cuzz ngedapur,, berkreasi dg rempah2 itu menyenangkan,, selamat mencoba buat yg bljr msk rendang,, insyAllah ini enakkk (mnrut saia😁) #cookpadcommunity_padang

Nasi goreng rendang kerang

Nasi goreng rendang kerang

Paling suka ama kerang , dimasak apapun pasti suka , nah kemarin masak deh sekilo rendang kerang pedas . Yang setengah kilo di beli ama customer , nah sisanya d ambil dikit buat di olah jadi campuran nasi goreng Yg mau coba monggo ya resepnya

Rendang daging sapi dengan susu full cream

Rendang daging sapi dengan susu full cream

Memeringati #HariGiziNasional2019 kali ini sy akan membuat resep masakan rendang daging menggunakan susu full cream. Selamat mencoba ya😊

Rendang daging dan paru sapi

Rendang daging dan paru sapi

Sebenernya daging sisa kurban kemarin. Dan krn mau ada kegiatan diluar kota jd kita bikin rendang aja buat bekel. Ini resep dr mertua yg asli padang. Hahahhaha..., dan eike mah org jawa jd keusilan tangan buat masuki gula tak bs terhindarkan. HahahπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Oke cekidot ya mom...

Rendang Mini lobster air tawar

Rendang Mini lobster air tawar

pas ke pasar ikan ketemu udang imut2 ini.. jarang sekali ada di pasar. Lobster tp mini banget heheheheehe... penasaran mau dimasak apa. Tp krn sdh kepincut beli aja urusan mau dijadiin apa urusan belakangan dwh. Ehhh.. sampe rmh kepikiran utk nyobain dimasak rendang. Taraaaaa.... jdlah minilobster masak rendang

4-5 org
Rendang Tahu Telur Pueddes

Rendang Tahu Telur Pueddes

Buat yg suka pedesan, yuk dicoba.. kebetulan cari bahannya yg ada di dapur aja, cara bikinnya simpel cucok buat yg baru belajar masak kaya saya.. Saya makan sama nasi liwetan.. enak banget! πŸ›πŸ˜„πŸ‘ˆ

4 porsi