Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Rendang yang Anti Gagal

Dipos pada February 25, 2020

Rendang

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Rendang yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Rendang yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Rendang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 27 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Anak kos yang mulai berkreasi dengan makanan berat 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 3 bungkus santan kara (cairkan di 1/5 liter air)
  3. 2 cm kayu manis
  4. 1 butir kapulaga
  5. 3 buah bunga lawang
  6. 5 cm lengkuas (geprek)
  7. 3 batang serai (geprek)
  8. 4 lembar daun salam
  9. 3 lembar daun jeruk
  10. 7 lembar daun pepaya berukuran kecil (agar daging cepat empuk)
  11. Secukupnya garam
  12. Secukupnya gula pasir
  13. Secukupnya gula merah
  14. Secukupnya Royco
  15. Bumbu Halus :
  16. 3 buah cabe merah besar
  17. 20 buah cabe merah keriting
  18. 15 buah cabe rawit merah (sesuai selera kepedasan)
  19. 15 bawang merah
  20. 10 bawang putih
  21. 3 buah cengkeh
  22. 2 butir pala
  23. 1/2 sdt jinten
  24. 1 sdm ketumbar
  25. 5 buah kemiri
  26. 3 cm kunyit
  27. 6 cm jahe

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Potong daging terlebih dahulu, cuci sampai bersih, lalu remas daging dengan daun pepaya Sampai merata, lalu diamkan 30-60 menit, setelah itu bersihkan daun pepaya dan cuci kembali daging sapi
2
Haluskan semua bumbu yang harus dihaluskan, tambahkan pelengkap lainnya lalu tumis hingga harum.
3
Masukkan daging sapi aduk rata lalu tambahkan santan perlahan sambil di aduk-aduk sampai mendidih, dan terus aduk agar santan tidak pecah.
4
Setelah dipastikan santan sudah mendidih dengan sempurna, rendang sidah bisa di tinggal dan di aduk setiap 15-30 menit sekali sampai airnya hampir habis
5
Pada saat air sudah hampir habis, kembali di aduk jangan sampai gosong, aduk terus rendang Sampai warnanya kecoklatan dan minyaknya keluar.
6
Rendang siap diangkat dan disajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

1#Rendang Ayam Tradisional (3 bahan 😊) #RabuBaru

1#Rendang Ayam Tradisional (3 bahan 😊) #RabuBaru

#BikinRamadanBerkesan Resep pertama di Cookpad. Selama ini ngintip aja πŸ˜€. Rendang ini diajarkan ibu saya, versi minimalis, cocok sama yang males ribet sama bumbu2, cuma santan dan cabe rawit aja. Rasanya, Maknyuss.. 😁 Persiapan sahur nanti malam.

4 porsi
Rendang paru sapi

Rendang paru sapi

Rendang parunya enak, serasa makan di warung makan padang. Monggo di coba resepnya

Rendang ceker+kentang pedesss

Rendang ceker+kentang pedesss

Awalnya cuma coba2 tapi ternyata rasanya endolita bingitzzz

Nasi Goreng Rendang Kilat

Nasi Goreng Rendang Kilat

Ceritanya rendang masakan kemaren tinggal semangkuk kecil. Buat orang serumah jelas kurang tuh. Akhirnya dibikin nasi goreng aja. Jadi kita berbagi nih. Semua masih dapet rendangnya. Yuk moms cobain.

2. Rendang Daging #RabuBaru

2. Rendang Daging #RabuBaru

Nah ini dia makanan terenak nomor satu di dunia versi CNN. Rendang. So yummy...buat yuk.. #BikinRamadanBerkesan

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Masih byk sisa rendang lebaran nah di kreasikan deh

1. Rendang Daging dan Kacang (presto) #SeninSemangat

1. Rendang Daging dan Kacang (presto) #SeninSemangat

Alhamdulillah sebentar lagi kita jelang bulan ramadhan, ditandai dg sirup marjan yg sudah gentayangan dimana mana πŸ˜…. Biasanya minggu pertama utk sahur bikin yg spesial spesial krn semangat masak belum terkontaminasi dg mudik dan kue kering πŸ˜„. Bikin rendang pakai kacang putih (kacang utk rendang) yg langsung didatangkan dr Padang πŸ˜… semoga bisa #BikinRamadanBerkesan #Day1 kali ini. Kalau tdk ada kacang putih bisa diganti kacang merah ya 😊. Penampakan kacang putih ada di foto bawahπŸ‘‡. Dan ini masak nya pakai presto aja, lumayan bisa menghemat gas dan waktu setengahnya 😊😊.

Rendang sapi

Rendang sapi

Maaf2 kalo belum disajiin di piringπŸ˜…πŸ˜…

Rendang Simpel

Rendang Simpel

Fotonya pas baru mateng, jadi masih di wajan. Hehe... Belum sempat platting, lagi mager, soalnya nanti langsung di pack mau dibawa mudik untuk lebaran besok :)

Rendang Usus Bumbu Instan+Bumbu Cemplung

Rendang Usus Bumbu Instan+Bumbu Cemplung

Source : Hanaizu Cara bersihin usus nya dapat dari mbk laras dan tambah pakai caranya mbk hana πŸ’ƒbener" bersih Udah gitu aja 😁 yuk cuss bikin πŸ’ƒ Oh iya disini saya tulis sesuai kebutuhan saya ya..dan bumbu nya sedikit di modif πŸ€— #SeninSemangat #CookpadCommunity #Cookpadersjawabali #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #DapurUNO

Rendang Usus Bumbu Jadi + Bumbu Cemplung (Keto Friendly)

Rendang Usus Bumbu Jadi + Bumbu Cemplung (Keto Friendly)

Recommended bagi pecinta usus ayam yg pengen coba variasi menu usus selain disate atau dikeripik. Dibikin rendang pakai bumbu jadi atau bumbu instan aja, cari praktisnya biar ga halusin bumbu hihi. Tapi tetep dong pakai bumbu cemplung biar sedap, asal bumbu jadinya yang bumbu giling yaa, bukan yg bubuk. Sebagai variasi menu keto juga cocok bgt karena kaya lemak dan minim karbo/gula. Memang sih kalau bumbu instan gitu masih suka ada kandungan gulanya, tapi total gulanya kurang dr 100 gram dan atau 10 persen dr total satu porsi jadi masih aman (kata mama) 😁 Mama yg diet keto suka, saya yg pemakan segala juga suka πŸ˜† - #ketofastosis #ketogenic #ketopad #cookpadcommunity_surabaya #hanaizu_daging #hanaizu_masakanindonesia #hanaizu_keto

>5 porsi
50 menit
Rolade ayam bumbu rendang

Rolade ayam bumbu rendang

Ceritanya Ada beberapa potong rolade ayam sisa mpasi mikha, klw hnya dibikin saus teriyaki, tiram dan asam manis, rasanya kok bosan. Cuz aja langsung otak atik resep bikin rendang bumbu biar rasanya makin unchhh.....wkwkwkwk cerita mamud kece badai....hikss

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Weekend hari ini ,ikut kepasar bareng suami,tadi nya sih niatnya nyari onde onde πŸ˜ƒπŸ˜ƒ, eh pas di bakul sayur ada jengkol, suami nanya mau masak apa Mah, sy jwb Ngrendang jengkol +telor ya Yah.😁😁 Suami blm ok..!!! Cusss lah saya pilih2 jengki yg tua. Yg bulett col kalo jengki yg gepeng itu jengki mudaπŸ˜€πŸ˜€

8 porsi
1 jam
Rendang Telur

Rendang Telur

Ini recook dari mba andinskitchen, cuma saya sesuaikan sm porsi yg saya mau masak aja dan bahan-bahan yg ada 😊

2-3 porsi