Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam yang Menggugah Selera

Dipos pada February 15, 2022

Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Opor Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam kira-kira 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Opor Ayam diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 21 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Baru sempat upload masakan Lebaran kemarin. Walau tidak ikut merayakan Lebaran, opor ayam, sambal goreng dan ketupat adalah menu wajib di rumah orangtua. Tahun ini ga bisa mudik padahal libur panjang karna lagi hamil jadi perdana banget masak opor sendiri nih. Dibawa ke rumah mertua dan senangnya pada bilang enak!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1 kg ayam
  2. Asam jawa
  3. 2 siung bawang putih
  4. Garam
  5. 1 batang sereh
  6. 3 lembar daun salam
  7. Air
  8. 200 ml santan kental
  9. Kaldu bubuk
  10. Bumbu halus:
  11. 7 siung bawang merah
  12. 4 siung bawang putih
  13. 1 ruas jahe
  14. 1 ruas kunyit
  15. 1/2 ruas kencur
  16. 1/2 sdt jinten
  17. 1/2 sdt ketumbar
  18. 1/2 sdt merica
  19. 1/4 bh pala
  20. 2 bh kemiri
  21. 1/2 bagian gula jawa, sisir halus

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Lumuri ayam dengan garam, asam jawa dan bawang putih geprek. Diamkan 15 menit.
2
Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan sereh yang sudah digeprek serta daun salam. Masukkan ayam, tambahkan sedikit santan yang sudah diencerkan. Aduk rata.
3
Saat ayam sudah berubah warna, tambahkan santan lagi. Beri sedikit kaldu bubuk. Koreksi rasa.
4
Sajikan selagi hangat! Enak ditaburi dengan bawang merah goreng

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor MPASI (Tofu, Tempe, Telur)

Opor MPASI (Tofu, Tempe, Telur)

Nyoba ngenalin santan adek krisna . Reaksinya : muka mengeryit aneh, tp lama2 mangap sendiri, habis hampir 20 sendok ๐Ÿ™Œ

Terik Tahu Tempe

Terik Tahu Tempe

Tiba-tiba kangen masakan ibu yang satu ini, coba cari resep di internet ngga ketemu. Akhirnya telpon ibu, ternyata tadi salah cari nama resepnya. Dan akhirnya dapatkan resep ini "Terik tahu tempe". Karena suka yang pedas-pedas maka saya tambahkan cabe rawit utuh.

5 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Karena sering pusing bikin sarapan menunya apalagi..maka saya bikin opor ini untuk sarapan suami

Opor Kuning Komplit || Opor 3 in 1

Opor Kuning Komplit || Opor 3 in 1

Saya mengambil trik yg diterapkan mama jika sikon sedang sibukยฒnya tapi tetap memasak utk keluarga. Nah menu "Opor 3 in 1" ini adalah salah satu solusinya yg menggunakan bumbu dasar kuning. Didalamnya sudah ada : lauk, sayur dan unsur pedas dari cabe rawit utuhnya. Kenapa rawit dibiarkan utuh? Disinilah trik nya ... Agar anakยฒ yg tdk doyan pedas tetap bisa makan, sementara orang tua masih mendapatkan sensasi cabe dg rawit yg sudah lembut, dan si rawit tdk meletus lho saat dicemplung ๐Ÿ˜. Jitu kan? ๐Ÿ‘ Seperti pepatah lama "Sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau terlampaui" Artinya : satu kali melakukan pekerjaan, mendapatkan beberapa hasil sekaligus Benarยฒ #AntiRibet dan hemat waktu, jadi pas banget sebagai #SolusiSiSibuk makanya dgn #ModalBumbuDasar semua jadi serba cepat & menu favorit keluarga pun tersaji ๐Ÿ˜ #AntiRibet #SolusiSiSibuk #ModalBumbuDasar #3weekschallenge #cookpadcommunity_batam #resepkeko_oporkuning

5 person
30 menitan
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Selamat makan siang...๐Ÿ˜… bumbunya simpel, dg rasa jawa yang lembut.. tidak strong bumbunya, tidak pakai daun jeruk karna pengen rasa dan bau yang soft...

4-5 porsi
Opor sayur nangka

Opor sayur nangka

Masakan santan terfavorit keluargaku,meskipun hanya buah nangka tapi olahannya tak kalah rasa dengan opor daging ayam atau sapi ,hmmm MANTAPP !!๐Ÿ˜‹ #DikuahinBiarSyedep ๐Ÿ‘Œ

Opor Ayam

Opor Ayam

Abaikan wajannya yg hitam ya.ini higienis kok... ; )

Opor ayam

Opor ayam

Sajian hari raya yang gak pernah absen. Lebaran Id adha nya baru besok masaknya sekarang aja biar jongjons

28. Opor Ayam & Telur

28. Opor Ayam & Telur

020818_Masak g perlu repot, tinggal plung...plung.. Aja hehe...

#60. Terik Tahu Tempe (Santan kunyit kemiri)

#60. Terik Tahu Tempe (Santan kunyit kemiri)

Ini kesukaan mama & diajarkan pd sy. Andai gak pake santan pun ttep enak kok๐Ÿ˜‰

1 jam
Opor ayam

Opor ayam

Karena kesibukan jadwal pekerjaan padat pas pulang ke rumah anak anak ingin dibuatkan opor ayam langsung diolah #berburucelemekemas#resolusi2019 Minggu ke-11

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Maaf y bunda" moto y buru" jadi jelek tpi soal rasa jangn diragukan ..hihi kepedean dikit ๐Ÿ˜ƒ

Opor Ayam Nanas

Opor Ayam Nanas

Setiap momen lebaran menu opor ini selalu ada di meja makan keluarga kami, yang membuat sedikit berbeda dari opor pada umumnya resep opor kami ini menggunakan nanas sebagai campurannya sehingga menambah cita rasa kecut manisnya opor.

4-5 Porsi
40 Menit
Opor ayam

Opor ayam

Faforit Abos