Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Ketupat Ketan yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 12, 2022

Ketupat Ketan

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Ketupat Ketan yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Ketupat Ketan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ketupat Ketan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ketupat Ketan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Ketupat Ketan kira-kira 12-15 buah ketu. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Ketupat Ketan diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Ketan memakai 4 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini adalah resep warisan dari ibu almarhumah yang berasal dari Tondano, Sulawesi Utara. Ketupat Ketan selalu hadir dalam kesempatan Idul Fitri maupun Idul Adha. Rasanya gurih dan cocok disandingkan dengan lauk teman ketupat apapun. Selamat menikmati...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Ketan:

  1. 1 kg beras ketan putih
  2. 4 pak santan instan (saya pakai santan kara atau sasa kemasan kecil)
  3. 1 sdt garam
  4. 12-15 kulit ketupat (ukuran cenderung kecil/sedang)

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Ketan

1
Cuci bersih beras ketan. Taburi sedikit garam dan setengah pak santan. Campur hingga merata.
2
Isi cangkang ketupat dengan beras ketan hingga hampir penuh, sekitar 3/4.
Ketupat Ketan - Step 2
3
Ikat ketupat sepasang-sepasang, masukkan ke dalam panci presto.
4
Tuang santan ke atas ketupat secara merata. Tambahkan air hingga ketupat terendam. Bubuhi garam.
Ketupat Ketan - Step 4
5
Rebus ketupat dalam panci presto sekitar 30-40 menit. Buka panci ketika uap sudah tidak keluar lagi.
6
Angkat ketupat lalu siram dengan air panas agar sisa santan luruh. Gantung di tempat kering sebelum ketupat disantap.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat sayur ayam #BikinRamadhanBerkesan

Ketupat sayur ayam #BikinRamadhanBerkesan

buka kulkas nemu ketupat peninggalan ibu kemarin, trus langsung deh kepikiran buat ketupat sayur. seger jg buat makan buka ataupun sahur. Ini recook dr resepnya mbak Viena_rizzkiana. makasih yaa.. oia resep aslinya pakai cabe, tp berhubung masakannya sy kasih utk anak jg, cabenya saya skip.

Ketupat simpel ngga pake presto

Ketupat simpel ngga pake presto

Ini cara bikin ketupat pas hari lebaran kemarin.alhamdulillah ngga perlu ribet tp udh bisa dinikmati

Opor ayam bumbu khas klungkung bali

Opor ayam bumbu khas klungkung bali

Long weekend udh brakhir mahmud... bsk udh kembali ke realita sbg wanita karir.Yuk Masak dulu di akhir long weekend

Opor Ayam Pasti Gurih

Opor Ayam Pasti Gurih

Masih dalam rangka masak makanan berkuah..makanya nyoba bikin opor ayam ini. Resepnya sebenernya resep opor tapi dikasi kunyit biar lebih bewarna dan sedap. Bisa disajikan variasi dibanding ayam yang digoreng.

8 porsi
60 menit
Empal Banyumas (Empal Kupat)

Empal Banyumas (Empal Kupat)

Aslinya nama masakannya Empal Kupat,Irisan Daging /Sumsum/Jeroan Sapi bisa dimasak untuk masakan ini..biasanya khas memang dihidangkan dengan irisan ketupat bagi masyarakat Banyumas. Kali ini saya menyajikan masakan empalnya saja,untuk karbohidratnya bisa nasi,ketupat atau irisan kentang rebus..enak semua 😍😍😍😍

Ketupat sayur betawi

Ketupat sayur betawi

Klo lebaran biasa bkin sayur ketupat dngn jmlh yang bnyk udh kyk mau jualan aja. Hehe dn smpe berkali2 mkn ketupat beserta sayurny. Resep ini inspirasi by dr umiku tersayang dn kk iparku tercinta.smoga resep ini bermanfaat bagi yang lain jg.

Ketupat Besek Daun Pisang Presto

Ketupat Besek Daun Pisang Presto

Selamattt idul fitri yaa. Ini saya bikin ketupat dari anyaman bambu yg suka dipake di abang kupat tahu/ pedagang. Gado-gado.. dll saya pakai ini biar gak ribet masukin ke ketupat yg kecilΒ² πŸ˜‚

..
29. Ketupat

29. Ketupat

Sebentar lagi lebaran akan tiba. Ketupat ini yang biasanya menemani menu lebaran. Monggo 😊 #BikinRamadanBerkesan

Pecel Sayur Ketupat Campur

Pecel Sayur Ketupat Campur

Mantap.. πŸ˜€

Ketupat Palas by lely

Ketupat Palas by lely

Di tanah melayu..setiap tiba musim perayaan tidak ketinggalan makanan khas ini..ketupat palas..dimakan bersama gulai atau serunding..tahun ini sy berkesempatan belajar membuat ketupat palas..caranya memang agak rumit untuk yg baru belajar..jom kita mencoba buat ketupat palas ..

40 porsi
180 menit
Bakso kupat

Bakso kupat

Kata temen2 "lebaran blm afdol tanpa ngebakso".haha quote ini yg memotivasi bwt bkn bakso sendiri.kebetulan emak jualan daging lebaran ini.ya udah sisain dikit langsung d bawa ke penggiling daging.pas masukin k tukang penggiling jgn lp blg "nda usah pke MSG ya".hehe. Jadi d resep ini ga jelasin bkn pentol bakso nya ya.tp kuah nya sm pelengkapnya.hehe Untuk resep sambel dan tahu bakso akan d post menyusul.

Ketupat pipiti

Ketupat pipiti

15 orang
2jam
Ketupat sayur

Ketupat sayur

Berhubung ada lodeh kuning sisa kmrn...dan ada nasi sisa juga... Jadi sarapan pagi jadilah ini..πŸ˜€

Sayur Ketupat Lebaran

Sayur Ketupat Lebaran

Sayurnya endolita dan pas dilidah. Pokoknya pas bgt dipasangin sm ketupat , rendang dan sambel goreng ati . Sayurnya super simple krn disini saya pakai bumbu giling yg bisa langsung dibeli di pasar . Mari memasak β˜ΊοΈπŸ™πŸ» #MudikOnline #PejuangGoldenApron2 #DirumahSaja

Ketupat

Ketupat

Bikin ini rasanya gemetar dan mau nangis 😭😭😭 baru kali ini dirantauan ndak pulang dan semua tradisi kampung harus masak sendiri diperantauan ... Nyesek Ya Allah πŸ˜₯ Mudah2 an wabah ini segera berakhir.Aammin 🀲🏻🀲🏻 biasanya mlam takbir begini sudah kumpul keluarga sudah masak2 bareng sma keponakan2 an ...Tapi apa daya skrang aq harus dirantau tanpa siapa2 😭😭 bismillah tetep semngat berjuang menjalani semua πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻#MudikOnline#FestivalRamadhanCookpad#Cookpad_CommunityBali

Ketupat Tanpa Janur Enak Simpel

Ketupat Tanpa Janur Enak Simpel

Buat yg g suka ribet tetapi hasil tetep ok

155. Sayur Lodeh Ketupat

155. Sayur Lodeh Ketupat

Udah lebaran ketupat aja yaa...gak terasa banget ☺️☺️ Kemarin nih mamak masak sayur utk temen makan ketupat. Masaknya dibanyakin sekalian, meski sederhana dengan budget yg low (under 100k), tapi masih bisa anter2 rata jg ke tetangga2. Alhamdulillaah... Maklum udah masuk tanggal tua. Emak2 harus bisa bersiasat dg prinsip ekonominya, dg modal dikit tp bisa menghasilkan bnyak barang hehehehe. Kalo kata kita warga Cookpad, dg modal yg ekonomis tapi bisa tetep masak yg enakk buat sekeluarga πŸ₯°πŸ₯° Untung ada Mamahh CP...luph u mamahh πŸ’™πŸ’™ #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali #LebaranKetupat #week51