Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Ngirit yang Anti Gagal

Dipos pada February 24, 2022

Opor Ayam Ngirit

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam Ngirit yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Opor Ayam Ngirit yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam Ngirit, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Ngirit bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam Ngirit adalah 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Ngirit diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Ngirit sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Ngirit memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Biasanya opor ayam bikin se-wajan buat lebaran. Kalo buat sehari hari, semua bahannya diirit aja haha.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Ngirit:

  1. 3 potong Ayam (terserah bagian apa)
  2. 1/2 buah Labusiam
  3. 1 lembar Daun Salam
  4. 1 lembar Daun Jeruk, buang tulangnya
  5. 1 buah Sereh (geprek)
  6. 1 ruas Lengkuas (geprek)
  7. 50 ml Santan Kelapa
  8. 200 ml Air
  9. Gula
  10. Garam
  11. Penyedap rasa
  12. Bumbu Halus :
  13. 3 siung Bawang Merah
  14. 2 siung Bawang Putih
  15. 1/2 sdt Ketumbar
  16. 1/2 sdt Merica
  17. 1 butir Kemiri
  18. 1 ruas Kunyit
  19. 1 ruas Jahe

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Ngirit

1
Cuci bersih ayam, beri perasan jeruk nipis, diamkan 3 menit kemudian rebus kurleb 25 menit, untuk menghilangkan lemak dan kotoran. Angkat.
2
Haluskan bahan2 bumbu halus, di ulek atau pakai blender. Potong lidi buah labusiam nya.
3
Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah halus sampai harum. Kemudian, masukkan sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas, tumis lagi sampai harum.
4
Masukkan ayam, tumis sebentar dan masukkan air, tunggu hingga agak mendidih, masukkan labusiam yang sudah dipotong lidi.
5
Masukkan santan, tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa.
6
Tutup sampai air agak sat, sambil di aduk agar santan tidak pecah. Koreksi rasa.
7
Tunggu hingga bumbu meresap, dan hidangkan!

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

#5resepterbaruku

Opor Ayam Negri

Opor Ayam Negri

Opor yang sebenarnya pakai ayam kampung. Tapi karena saya tidak suka bau ayam kampung maka saya pakai ayam negri

Opor Ayam Keto #ketopad

Opor Ayam Keto #ketopad

Ni resep opor favorit suami... Sampai yg masak bosan πŸ˜‚πŸ˜‚ tapi yg makan gak bosan-bosan Sudah sering bingit masak ini sampai lupa gak dtulis resepnya.. Monggo dicoba..

Opor Ayam

Opor Ayam

Masak opor tidak harus menunggu hari raya. Bisa jadi alternatif mudah saat bosan dengan menu ayam goreng

4 porsi
Sate lilit bumbu sisa kuah opor ayam

Sate lilit bumbu sisa kuah opor ayam

Saya suka menyimpan di freezer kuah dari memasak ayam ungkep, ayam bumbu rujak, ayam opor. Pertama karena mubazir, kedua karena bisa dipakai untuk memasak aneka masakan yg lain. Contoh, sisa ungkep ayam bisa untuk membuat nasi kuning, hanya tingga ditambah santan saja. Sisa bumbu rujak bisa dipakai untuk membuat telor bumbu rujak, kita hanya tinggal merebus telornya saja dan memanaskan sisa bumbu tersebut. Nah Ini resep paling mudah, karena mengandalkan sisa kuah dari opor ayam, jadilah sate lilit. Anak2 suka sekali sate lilit ini karena mudah digigit^^

Opor ayam ala ala

Opor ayam ala ala

cerita nya anak ku hmpir tiap hri makan ikan soal ny yg pling gmpang dan bnyak yg d kliling ikan laut mklum daerah ku dkat pntai hr ini dia minta msak ayam trs kpiran udah lama gak masak opor ayam jdi lah menu hari ini opor ayam ala all

10 porsi
Opor Ayam Kuah Kuning πŸ”πŸ”πŸ”

Opor Ayam Kuah Kuning πŸ”πŸ”πŸ”

Teman makan ketupat πŸ‘Œ tapi tradisi dikelurga saya bikin ketupat bukan pake kulit melainkan pake plastik πŸ˜‚ alasan'a supaya tahan lama / tidak cepat basi , resep opor nih dari mamah saya 😚😚

Opor ayam dan tahu

Opor ayam dan tahu

Opor ayam kesukaan bagus danu,bumbu sama aja kayak opor2 yg lain,cuma ini paha ayam,yang tulangnya dibuang,dan karna terlalu ringkas,aku beri tahu.bau kayu manisnya bikin makan mau tambah terus...😊

8 porsi
Opor ayam ala anak kost an

Opor ayam ala anak kost an

Bahan mudah di dapat, semoga bermanfaat πŸ€—

3 porsi
30 menit, simple kan? 😁
Opor ayam gurih

Opor ayam gurih

Makanan kesukaan sejuta umat πŸ˜‚

Opor Telur

Opor Telur

Pagi-pagi untuk sarapan masak yang simple aja πŸ˜‹

3 porsi
Opor telur ayam

Opor telur ayam

Masakan paling cepat n simpel Buat makan sahur...

Opor ayam

Opor ayam

Bosen sama ayam yg digoreng terus. Akhirnya masak opor utk bekal suami kekantor. Maaf fotonya seadanya.. karna tu sisa makan sama bekal suami.

Opor ayam tahu

Opor ayam tahu

πŸ˜€Opor ayam yang dikombinasikan dengan tahu dengan bumbu sederhanaπŸ˜€

empat porsi
Opor ayam special

Opor ayam special

Menutup menu ramadhan dengan Opor ayam 😍 Makanan wajib si kecil setelah sholat ied. Biasanya dari malam sebelumnya dia sudah ramai mengingatkan untuk membuat opor kesukaannya. Dan opor ini memang lebih lezat rasanya saat sudah di inapkan semalaman 😁 #Ramadan #Idulfitri #Oporayam #Indonesianfood #Ayam #Phiekitchen

Opor ati ampela tahu

Opor ati ampela tahu

#5resepterbaruku, tdi pgi blnja ati ampela sama tahu biar ada kuahnya dan ponakan jga mau mkn dbuatlah opor yg simpel kbetulan jga mrk suka πŸ‘πŸ‘πŸ˜‹πŸ˜‹

45meni
Bihun Goreng Bumbu Opor

Bihun Goreng Bumbu Opor

Assalamualaikum. Hari ini masak bihun goreng bumbu opor. Biasanya masak bihun pakai kecap dan cabe, jadi warnanya merah kecoklatan, sekarang pengen nyoba variasi baru kalau digoreng pake bumbu opor gimana rasanya. Eh rupanya enak juga. Ini resep dapat dari majalah saji edisi 381, dan patut dicoba. Enak dan bisa disajikan buat keluarga atau teman2 yang gak suka pedas.

6 orang
25 menit