Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor ayam gurih yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 19, 2022

Opor ayam gurih

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor ayam gurih yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Opor ayam gurih yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor ayam gurih, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor ayam gurih ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam gurih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam gurih memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makanan kesukaan sejuta umat πŸ˜‚

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam gurih:

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 3 butir telur
  3. 500 ml santan cair
  4. Bumbu halus
  5. 4 siung bawang merah
  6. 3 siung bawang putih
  7. 1/2 sdt ketumbar
  8. 1 sdt jintan
  9. 3 butir kemiri
  10. 1 cm kunyit
  11. 1 cm jahe
  12. 3 lembar daun salam
  13. 1 batang sereh
  14. 2 ruas jari lengkuas
  15. Gula
  16. Garam
  17. Penyedap rasa
  18. Air

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam gurih

1
Rebus telur dan ayam. Buang air rebusan ayam untuk menghilangkan lemak dan kotoran yang masih tertinggal. Tiriskan
2
Ulek atau blender bumbu halus.
3
Didihkan air ke dalam panci, tunggu hingga mendidih lalu masukan bumbu halus.
4
Setelah itu masukan ayam dan telur yang telah dikupas kulitnya.
5
Masukan santan lalu tambahkan gula, garam, dan sedikit penyedap rasa. Koreksi rasa sesuai lidah masing-masing.
6
Aduk dengan api kecil. Aduk hingga mendidih agar santan tidak pecah.
7
Setelah mendidih, angkat sajikan dalam mangkok taburi dengan bawang goreng
Opor ayam gurih - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Labu Siam

Opor Labu Siam

Belajar masak opor. Baru pertama dan pakenya labu siam dulu. Next time pake ayam yah hehehe

Opor Tewel / Nangka Muda #SelasaBisa

Opor Tewel / Nangka Muda #SelasaBisa

9# Jangan Tewel atau Opor Nangka salah satu menu yang sangat membantu di waktu Ramadhan. Karena semakin sering diangetin, rasanya semakin enak *menurutsaya πŸ˜…πŸ˜…. Apalagi klo bikinnya ditambah tetelan tulang dan daging sapi.. hmmm nampollll deh rasanya. Bisa jadi menu Buka sekaligus menu sahur klo bikinnya sekaligus buanyak hehe. Jadi alternatif pas males masak, karena biasanya ditengah2 ramadhan udah keluar males masak haha *pengalamanpribadi. Ini salah satu menu yang bikin kangen rumah saat berada jauh di luar kota. Setiap ramadhan ibuk dulu pasti bikin opor tewel ini, entah diawal ramdhan, ditengah atau diminggu2 terakhir ramadhan sesekali pasti menyediakan menu ini Hehe Ayo #BikinRamadanBerkesan dengan tetap menyediakan menu untuk berbuka dan sahur sesuai favorit keluarga kita. Langsung cusss resepnya

3 mangkok
Opor ayam

Opor ayam

8 porsi
πŸ“πŸ— Sayur Opor Ayam Pedas ala Dapur Fitri πŸ—πŸ“

πŸ“πŸ— Sayur Opor Ayam Pedas ala Dapur Fitri πŸ—πŸ“

Ψ§ΩŽΩ„Ψ³Ω‘ΩŽΩ„Ψ§ΩŽΩ…Ω ΨΉΩŽΩ„ΩŽΩŠΩ’ΩƒΩΩ…Ω’ ΩˆΩŽΨ±ΩŽΨ­Ω’Ω…ΩŽΨ©Ω اللهِ ΩˆΩŽΨ¨ΩŽΨ±ΩŽΩƒΩŽΨ§Ψͺُه Sore ini saya share resep-resep yang baru sempat saya tulis di karenakan kesibukan dan pasca meninggalnya ibu, saya baru sempat menulis resep-resep ini. Dan makan ini dah sempat di nikmati ibu selama saya merawatnya di rumah dan itu juga menjadi pengingat kepada almarhumah πŸ˜–πŸ˜”πŸ™Ž Besok saya akan coba menshare beberapa resep Nasgor jualan saya di warung.

3 orang
Opor Ayam

Opor Ayam

Weekend ini anak sulung sering ngeluh sakit gigi tiap kali ngunyah. Puyeng dan sedih banget kalau anak sudah ngeluh sakit gini, dan nafsu makan berkurang. Akhirnya sy belain agak ribet sedikit meres santan plus ngulek buat bikinin opor ayam kesukaannya. Resep ini layak dicoba, anak dijamin suka 😊

90 menit
Opor ayam kuning tanpa santan

Opor ayam kuning tanpa santan

Keluarga sy suka makan ayam opor kuning tp utk menjaga kesehatan dan supaya ga cepet basi bila dijadikan bekal suami ke kantor maka sy sering memasak tanpa santan. Rasanya tetap sedap apalagi dimakan dg lontong. Krn sy masak ayamnya bersama dg hati dan ampela sehingga hasilnya agak butek. Kalau mau warna opor yg lebih terang, hati dan ampelanya bisa di rebus terlebih dahulu. Selamat mencoba :)

Opor Ayam

Opor Ayam

Bingung antara bikin soto atau opor ayam. Walau keduanya sama2 pake ayam πŸ˜‚ (apa hubungannya coba). Karena belum pernah bikin opor ayam, maka dibuatlah opor ayam ini. Soto lain kali yaa.

Opor Daging Sapi

Opor Daging Sapi

Menu yg menjadi andalan saat kumpul keluargaπŸ˜‰

Opor tahu telur puedes

Opor tahu telur puedes

#pedesendeus #cookpadcommunity_Balikpapan, KalTim Lupa belanja ke pasar, tengok isi kulkas smua bahan lauk dah habis, tinggal sedikit tahu dan telur buat stok bikin kue. Alhasil pake dulu dah. Menyesuaikan suasana yang dingin ditambah hobby keluarga yang suka makan pedas.jadilah menu ini. Nikmaat

Opor Ayam Bakso

Opor Ayam Bakso

Masak opor dadakan dengan bumbu seadanya hasilnya semua sukaaaπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Opor ayam

Opor ayam

Untuk menu yang satu ini,saya sering menyajikan nya di rumah

untuk 10 potong
229. Opor Ayam Kentang

229. Opor Ayam Kentang

#Day15 Opor ayam kentang kuah santannya agak kental #BikinRamadhanBerkesan mudah dan praktis. Untuk buka puasa lebih ga banyak makan waktu bisa siapin masakan yg lain.

Opor Ayam + Tahu

Opor Ayam + Tahu

Punya paha ayam bingung mau diapain. Suami request opor ayam. Untung bahan2 ada di kulkas, langsung eksekusi. Aku tambah tahu biar isian opornya lebih lengkap. Ini aku pake tahu putih, karena stoknya cuma ada itu di kulkas. Kalo pake tahu coklat lebih enak ya, sesuai selera aja bun..

Opor ayam bumbu instan indofood

Opor ayam bumbu instan indofood

Perdana bikin opor sendiri, karna engga tau lengkap bahan nya apa aja, jadi cari yang praktis aja pakai bumbu jadi opor ayam dari indofood

Dada Ayam Bumbu Terik (khas Jawa)

Dada Ayam Bumbu Terik (khas Jawa)

Makanan favorite pas KKN di Yogya :) Rasanya manis gurih. Ayam yang dipake kali ini hanya bagian dada aja supaya empuk dan gak banyak tulang-tulangnya... Note: ayamnya dikukus dulu karena saya pakai ayam broiler, untuk menghilangkan lemak ayamnya.

Sayur Opor Daun Singkong

Sayur Opor Daun Singkong

Seperti biasa pagi pagi masak yang gampang. Yuk mari masaaaak

Terik ati ampela, telur, dan tahu

Terik ati ampela, telur, dan tahu

Terik itu sejenis opor klo opor kuahnya kuning n banyak kalau terik kuah sedikit, kental n g berwarna kuning. Masaknya musti sabar karna dgn api sedang cenderung kecil smpi kuah santan menyusut n kental. Jdi bumbu benar" merasuk. Ini enak bgt n ngelawuhi. Anak" lahap suami juga suka. Tinggal nyambel tomat sama kerupuk hemmm nikmatnyaaaa. Hayuk ibu ibu silahkan di coba. #5resepterbaruku

Opor Ayam Pedas

Opor Ayam Pedas

Lagi enak2 nya tidur.. malam2 ke bangun & seperti biasa otak atik hp liat cp, g sengaja liat foto masakan opor ayam,, duuhh perut yang tadi nya biasa aja jadi keroncongan..πŸ˜‚ Ga sabar nunggu besok pagi, pengen cepet2 langsung belanja ke pasar cuss berperang d dapur & jadi deh opor ayam ala saya..πŸ˜„ Ini resepnya ya.. Selamat mencoba mom's..😘

Opor Ayam #BikinRamadanBerkesan

Opor Ayam #BikinRamadanBerkesan

#MenuBukaPuasa #BikinRamadanBerkesan