Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor ayam by mimi yang Lezat

Dipos pada February 23, 2022

Opor ayam by mimi

Bagaimana membuat Opor ayam by mimi yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Opor ayam by mimi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor ayam by mimi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor ayam by mimi sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor ayam by mimi kira-kira 5-6porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam by mimi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam by mimi memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karna anak-anak saya suka dg ayam yg lembut dagingnya, maka saya masak lebih lama. Jika ingin daging ayam tdk mudah "cuil", ayam bs digoreng setengah matang terlebih dahulu 😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam by mimi:

  1. 1 ekor ayam
  2. 5 siung bawang merah
  3. 3 bawang putih
  4. 3 butir kemiri
  5. secukupnya Merica
  6. 1 ruas jari Lengkuas
  7. 2 ruas jari Kunyit
  8. 1 ruas jari Jahe
  9. 2 daun salam
  10. 4 daun jeruk
  11. 1 batang daun sereh
  12. secukupnya Santan
  13. Garam
  14. Gula
  15. Penyedap rasa royko
  16. Boleh ditambah sayuran lainnya, spt kacang panjang, dllnya

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam by mimi

1
Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit) untuk lengkuas, jahe, & daun sereh di geprek
Opor ayam by mimi - Step 1
2
Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya termasuk daun salam, daun jeruk, daun sereh + merica (disini saya pakai merica bubuk). Tumis hingga harum.
3
Masukkan potongan ayam kedalam tumisan bumbu, aduk perlahan hingga smua bumbu tercampur sempurna ke daging ayamnya. Diamkan bbrapa saat hingga bumbu trserap ke dlm daging ayam.
4
Kemudian tambahkan air matang, gula, garam, penyedap rasa, & santan. Diamkan hingga ayam empuk sesuai selera. Jgn lupa api jgn trlalu besar, agar santan tdk pecah.
5
Selanjutnya jk ingin menambahkan sayuran lain, dipastikan dimasak tdk terlalu lama, agar sayuran tetap nampak segar dan tdk alum.
6
Jika sayuran dirasa cukup matang, dan ayam sudah empuk, cerita masaknya udah kelar deh πŸ˜‰
7
Selamat menikmati & selamat mencoba 😊 Semoga cucoook rasanya 😘😘
8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Gurih

Opor Ayam Gurih

Lebaran tinggal hitungan hari tp lg kepingin bgt makan opor, kelamaan klw tunggu lebaran. Pemanasan dululah biar pas lebaran nati ga kalap makan opor. hehe πŸ˜πŸ”πŸ₯🍡 #BikinRamadanBerkesan #PekanINSPIRASI #23Day

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Makanan breakfast tadi bunda enak banget

5 porsi
Opor ayam dengan telur puyuh plus kentang

Opor ayam dengan telur puyuh plus kentang

Maulud Nabi Muhammad SAW, nyiapin opor ama lontong

10 porsi
45 mnt
Opor Ayam #bikinramadhanberkesan

Opor Ayam #bikinramadhanberkesan

Resep asli by diah didi's

Opor Ayam sederhana

Opor Ayam sederhana

Temennya sambel goreng kan opor ayaaaam πŸ˜€

Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Masih belajar masak

4 porsi
1jam
Opor tralala...ayam...telur...dan tahu.πŸ€—πŸ˜Š

Opor tralala...ayam...telur...dan tahu.πŸ€—πŸ˜Š

Bikin opor ini adalah sebagai lauk dari bubur gurih pada resep sebelumnya...

Opor Ayam Komplit

Opor Ayam Komplit

Ini my favorite winter dish (lagi winter di Australi). Opor ayam nya komplit pake banget... isiannya favorit aku semua 😚😚 ini aku share bahan kuah nya ya

Opor ayam

Opor ayam

#30 #BikinRamadanBerkesan 30HariMengejarCelemek Horeee 30 resep 😁 Kemarin saya upload resep sambal goreng, hari ini saya upload resep opor ayamnya. Saya pakai resep bundadiahdidi dg penyesuaian dari saya. Enak sekali, kuahnya encer, bumbunya simpel tdk terlalu berempah, jadi tidak eneg, guriiiiih. Disini saya tambahkan tahu putih, soalnya anak saya tidak suka makan ayam.

Opor Ayam Kentang

Opor Ayam Kentang

<< 27 >> Source : Ulfa Mutiara Masih edisi bersih bersih isi kulkas,, Ada 250gram ayam, 1 butir kentang diselamatkan sama setengah kilogram telur hee.. Dari resep asli ke edit dikit sesuaikan selera penghuni rumah dan isi dapur. #BikinRamadanBerkesan

Opor Ayam utk ketupat #BikinRamadanBerkesan

Opor Ayam utk ketupat #BikinRamadanBerkesan

Ini sayur ktupat yg kmrn baru sy postπŸ˜‚baru sempat ini😁

Opor ayam

Opor ayam

#resepmertua

Opor Ayam kuah

Opor Ayam kuah

Klo masak opor ingatnya lebaran 🀣🀣🀣 gak jg kali ..gak harus lebaran masak opor spesial sekarangpun bisa πŸ˜—πŸ€—

Dada Ayam Bumbu Terik (khas Jawa)

Dada Ayam Bumbu Terik (khas Jawa)

Makanan favorite pas KKN di Yogya :) Rasanya manis gurih. Ayam yang dipake kali ini hanya bagian dada aja supaya empuk dan gak banyak tulang-tulangnya... Note: ayamnya dikukus dulu karena saya pakai ayam broiler, untuk menghilangkan lemak ayamnya.

Opor ayam kampung (masak ala ingkung)

Opor ayam kampung (masak ala ingkung)

Opor dengan resep ini adalah favorit keluarga kami, dan merupakan resep dari ibunda saya tercinta 😍. Karena bumbu meresap ke dalam ayam dengan sempurna sehingga rasanya lezat sampai ketulang. Bahkan tadi mau foto-foto cantik tidak sempat karena sudah ingin dimakan 😊. Mungkin resep ini tidak umum seperti resep-resep opor lainnya, dimana perbedaan yang signifikan adalah bumbu tidak ditumis, tapi jangan kawatir rasanya lezat sekali 😊. Resep ini biasanya juga dipakai untuk membuat ingkung ayam.

Opor Ayam Khas Dapur JK

Opor Ayam Khas Dapur JK

Kangeen bgt sama masakan ibu yg satu ini. Walopun cuma opor ayam, tp comfort bangeet. Bermodal nanya bumbu dasar, ngutak atik komposisi sendiri deh akhirnya. Rasanya? Persiiiis masakan ibu waktu saya kecil dulu.

8 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

Masak opor pertama kali dan ketuker antara kapulaga sama jinten

Opor tempe

Opor tempe

Ini salah satu pelengkap kalo makan urap / kluban, kalo ga da ni rasanya kurang klop 😁 bumbunya pake bumbu opor biasa cm beda isinya, kalo opor biasanya ayam yang ni pake tempe. Sederhana tp nikmat 😍