Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam Putih yang Sempurna

Dipos pada February 26, 2022

Opor Ayam Putih

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor Ayam Putih yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Opor Ayam Putih yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam Putih, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Putih ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Putih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Putih memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Biasanya masak opor ayam kuning, tiba-tiba si gadis kecil minta opor yg warnanya putih.. Bismillah dicoba.. Kata si gadis "enakkkk bu" 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Putih:

  1. 3/4 ekor ayam negeri, potong sesuai selera
  2. 1/2 butir kelapa tua untuk santan (500ml santan kental, 1000ml santan encer)
  3. 1500 ml air
  4. 5 siung bawang merah
  5. 4 siung bawang putih
  6. 1 sdm ketumbar
  7. 1/2 sdm lada
  8. 5 butir kemiri
  9. 3 lembar daun salam
  10. 5 lembar daun jeruk
  11. 1 batang sereh, memarkan
  12. 2 ruas jari lengkuas, memarkan
  13. 2 ruas jari jahe, memarkan
  14. Secukupnya garam dan gula pasir
  15. Secukupnya penyedap rasa ayam
  16. Secukupnya minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Putih

1
Cuci ayam hingga bersih, sisihkan
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada dan kemiri.
3
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, sereh, garam, gula pasir. Tumis hingga harum.
4
Masukkan ayam. Masukkan santan encer sedikit demi sedikit. Aduk-aduk pelan santan hingga mendidih, agar santan tidak pecah.
5
Setelah mendidih, tunggu ayam hingga empuk dan matang.
6
Masukkan santan kental, aduk pelan sampai mendidih lg.
7
Koreksi rasa. Sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

pertama kali masak opor ayam, dan pas jadi alhamdulillah rasanya enak, masak itu kuncinya di bumbunya ya, kalo bumbunya banyak insya Allah enak deh.

1 panci
1 jam
Terik Tahu Telur Tempe #pr_recookmasakanawalanT

Terik Tahu Telur Tempe #pr_recookmasakanawalanT

Inget masa kecil kalo sakit pasti dimasakin sayur ini,dimakan sama bubur beras. Ini mirip sama opor,tapi beda yaa...

2 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Masak opor ayam gak harus nunggu hari raya. Kadang tiba-tiba aja pengen makan opor, ya masak opor..

4 porsi
50 menit
OPOR AYAM ala Tegal      [Warung Lesehan Banyumili]

OPOR AYAM ala Tegal [Warung Lesehan Banyumili]

Awal saya melihat tampilan masakannya, saya langsung menyebut ini Garang Asem. Tapi sang pemilik resep mengatakan ini Opor Ayam, begitu di daerah Tegal disebut. Jadi tergelitik untuk mencoba memasaknya. Terimakasih bocoran resepnya ya :-) cc. Wr. Lesehan Banyumili, Saibun, Ciracas

4 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

5porsi
Opor Ayam Lebaran

Opor Ayam Lebaran

Lebaran sebentar lagi.. Waktunya masak opor lagi 😍

6 porsi
60 menit
Opor Ayam Tempe Sederhana

Opor Ayam Tempe Sederhana

Masakan ini didedikasikan untuk suami saya tercinta yang sudah bersabar memakan hasil percobaan-percobaan masak saya.. :3

3 porsi
60 menit
Opor Ayam Kampung Plus Telor

Opor Ayam Kampung Plus Telor

Dah lama pengen masak opor... baru skrg kesampean.

Opor ayam

Opor ayam

Bingung mau masak apa eh ada ayam disulap jadi opor aja hihi

MPASI 8+ (bisaπŸ‘) Terik Tahu Telur

MPASI 8+ (bisaπŸ‘) Terik Tahu Telur

Mau nyoba bikinin anaku MPASI yg santan.santan Bun, kepikiran *Terik* cuss deh bikin, anaku sukaaa

Terik daging, tempe dan tahu

Terik daging, tempe dan tahu

Masakan masa kecil yang simpel mudah dibuat tapi rasanya wow 😊. Ini resep dari keluarga mama, dulu Mbah Putri suka bikin ini. Hanya menambah sedikit jahe dan daging nya aku rendam dulu dengan kecap asin

6 porsi
Ayam Lodho Rasa Opor Kare

Ayam Lodho Rasa Opor Kare

Kangen masakan Trenggalek yaitu LODHO.. nyam nyam.. ayam kampung yang dipanggang terus dimasak pakek kuah yang khas enaaak bangetttt.. kepikiran pingin buat.. nyari2 resep terus dieksekusi deh. Tapi sayang di Kediri susyaah cari ayam kampung jadinya deh ayam potong.. 😊setelah jadi hasilnya tidak seperti lodho.. malah seperti opor ayam dan kare ayam.. tapi enak sih . Dapat pujian suami juga tadi.. yah namanya belajar yaa..

10 porsi
60 menit
Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Saya suka opor ayam, tp bbrp kali pernah beli diluar dan ayamnya masih ada bulu2 halusnya, dan saya geli langsung ga jadi makan. Makanya saya suka masak sendiri.. lebih bersih, lebih enak! :)

10 porsi
60 menit
Opor ayam susu gurih

Opor ayam susu gurih

opor ayam perdana tanpa santan berhubung idul adha biasanya suka ada opor ayam nih πŸ˜‹

Opor Ceker Ayam #Ketopad_CP_CekerAyam

Opor Ceker Ayam #Ketopad_CP_CekerAyam

#WeekendChallenge untuk minggu ini yaitu Sabtu , 14 April 2018 dengan tema Ceker Ayam . Berikut manfaat mengkonsumsi ceker ayam : 🐀 Kaya akan KOLAGEN (berguna untuk elastisitas kulit) . 🐀 Memelihara sendi . 🐀 Mengurangi resiko tulang rapuh . 🐀 Mempercepat penyembuhan cedera . 🐀 Menyehatkan saluran pencernaan . 🐀 Menjaga kesehatan kuku . 🐀 Menyehatkan gusi . 🐀 Meningkatkan sistem kekebalan tubuh . 🐀 Membentuk probiotik alami . 🐀 Menyeimbangkan hormon tubuh . 🐀 Mencegah kerusakan jaringan tubuh . Dan berbagai manfaat lainnya .

2 mangkok
Ketupat Kuah Opor Kuning

Ketupat Kuah Opor Kuning

Sebelum berangkat upacara hari kesaktian pancasila td pagi ada yg ngodeee...pulang upacara enak kali yaa mih makan ketupat pke opor...hahhhhaa...niat hati weekend kali ini mau nyantaiii, istirahat dr dunia masak memasak tp apalah dayaku klo bapak negara udh ngodeee...g berani nolak takut g dikasih duit bulanan😜😜😜akhirnya plng upacara di polres langsung ngacirrr ke pasar...nyampe pasar udh siang 😀😀😀 g kebayang ntr mateng jam berapa, yowes akhirnya aku putuskan kuah ketupatnya pake kuah opor aja, g usah pke sayur2 ketupat segala...kelamaan nti masaknya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚kuah opornya aku buat agak encer klo kekentelan yg ada nti malah enek sama santan...

Opor Ayam

Opor Ayam

Please .... Ini Permintaan si bungsu... Tapi bumbu ini , adalah resep almh ibunda tercinta , yg katanya "pake kan adas manis dikit ya nak...." ( Selalu inget) πŸ’•πŸ’—πŸ’•

15 menit