Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bamboe Opor Ayam + Nanas yang Lezat

Dipos pada February 26, 2022

Bamboe Opor Ayam + Nanas

Anda sedang mencari inspirasi resep Bamboe Opor Ayam + Nanas yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bamboe Opor Ayam + Nanas yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bamboe Opor Ayam + Nanas, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bamboe Opor Ayam + Nanas di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bamboe Opor Ayam + Nanas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bamboe Opor Ayam + Nanas memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

opor ayam versi palembang karna ada nanasnya, aroma nanasnya membuat opor terasa beda lebih nikmat dan segar :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bamboe Opor Ayam + Nanas:

  1. 500 gr Ayam (rebus dahulu potongan ayam)
  2. 200 ml santan kental dan 200 ml Air (rebusan ayam)
  3. 2 lmbr Daun Salam
  4. 1 btg Serai (geprek)
  5. 1/3 Ruas jari Lengkuas (geprek)
  6. Bamboe Opor Ayam
  7. 1/2 Potong Nanas
  8. Kentang
  9. Telur Rebus
  10. Bawang Goreng
  11. Lontong
  12. Blinjo (kerupuk)

Langkah-langkah untuk membuat Bamboe Opor Ayam + Nanas

1
Untuk membuat Bawang goreng Tipsnya supaya lebih gurih campurkan dengan kunir garam dan air, goreng (tapi tidak dengan airnya ya), kemudian tiriskan dahulu untuk mengeluarkan minyaknya jadi waktu disimpan Bawang gorengnya tidak layu
Bamboe Opor Ayam + Nanas - Step 1
2
Potong - potong Nanas (saya pakai 1/2 nanas, tapi 1 juga lebih enak) dan Kentang (tips untuk kentang setelah di kupas masukan dalam bak Air supaya tidak menghitam)
Bamboe Opor Ayam + Nanas - Step 2
3
Tumis bumbu Bamboe Opor ayam (bumbu praktis dan rasanya dijamin enak ;) tumis dengan daun salam, serai, lengkuas dan ditambahkan Air sedikit (untuk selerah saya tidak perlu ditambah garam dan gula)
Bamboe Opor Ayam + Nanas - Step 3
4
Kemudian masukkan ke dalam panci yg sudah diberi santan dari air kaldu ayam yg sudah direbus, dan juga masukan ayamnya berserta kentang, masak sampai matang' setengah menit sebelum diangkat masukan nanasnya
Bamboe Opor Ayam + Nanas - Step 4
5
Lebih Nikmat disajikan dengan Lontong, Telur rebus, Bawang goreng, dan Krupuk Blinjo
Bamboe Opor Ayam + Nanas - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

Di setiap lebaran keluarga kecil saya pasti selalu identik dengan rendang dan opor. Tapi tahun ini saya skip membuat rendang karena durasi memasaknya cukup lama, h3. Kali ini saya sharing cara membuat opor ayamnya saja ya. Mencoba dengan resep mba Endang http://www.justtryandtaste.com/2013/04/opor-ayam-la-my-mom-best-ever-opor-ayam.html#more yang ternyata rasanya mirip sekali dengan masakan almarhumah mama tercinta. Kekuatan masakan Ibu memang selalu di hati.

8 porsi
90 menit
Terik Sapi Solo

Terik Sapi Solo

Terik Daging khas Solo cenderung kental& manis ya.. mungkin di daerah lain berbeda. Bisa juga dibilang menu jaman old, jd gak heran kalo disini pun jarang ada yg jual. Kecuali klo pas kondangan ini jd menu wajib. Karna orang jawa suka yg manis2.. tp klo sy jujur gak terlalu suka lauk pauk yg manis2. Suka masaknya doang tp yg makan orang rumah😄 Di resep ini sy pake hati sapi, kalo mau pake daging sapi yg has dalam yaa, biar empukk...

CURRY Jepang bumbu opor

CURRY Jepang bumbu opor

curry jepang bumbu nya sama saja dengan curry indonesia, beda nya kaldu nya dibikin kental dengan tepung terigu.

3 porsi
30 menit
Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..

Terik telor tahu

Terik telor tahu

Kepengin aja masak sayur ini..dari kemaren masaknya ayam ama ikan ...hiks gayaaa....😅😅 . Masaknya simple kok bun....😄😄

Opor ayam nanas

Opor ayam nanas

Gak harus nunggu lebaran kalo mau makan opor. Biar sbkecil tambah lahap

6 porsi
30 menit
Opor ayam kampung gurih pol

Opor ayam kampung gurih pol

Suamiku sedang sariawan, dia ingin masakan bersantan tapi tidak pedas, jadi kami jalan jalan mau cari opor, kebetulan opor adalah menu favorit suamiku, eh ternyata, warungnya tutup. Capek deh jadi gagal deh makan opor. Keesokan paginya aku buat opor. Coba2 resep mertua hehehe

8 menit
Opor Kecambah Tahu Pedas

Opor Kecambah Tahu Pedas

5 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

Resep ibu.. gara" anak minta bekal opor ayam.. jadi nelfon ibu pagi" dikasih resep ini.. untuk rasa dijamin ulala.. selamat mencoba.. 😘

Terik Ceker Tahu Tempe

Terik Ceker Tahu Tempe

Awalnya ga berniat masuk ke dapur buat masak, tinggal sama ibu jadi ga pernah masak. Karna bahan-bahan uda disiapin ya sudah mari kita memasak 🔪🔪

3 porsi
30 menit
Opor Ayam Mama Suka

Opor Ayam Mama Suka

Pengen opor, tp bahan2 nya banyak yg ga lengkap, males kepasar terpaksa deh pake bahan praktis, tp enak juga.. Yg penting punya ayam sama santan daaaan bumbu opor instan hehehehe..

Asparagus saus Opor

Asparagus saus Opor

2 porsi
45 menit
Opor Ayam Padang

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Resep Dari Bunda , Foto seadanya ya, soalnya kalo udah masak-memasak so serius, gk sempet foto foto 😂. hehee .. Rasa Dijamin Mantap .

Opor ayam

Opor ayam

3 porsi
MPASI Opor ayam labu siam

MPASI Opor ayam labu siam

Pertama aura nyobain santan dan rempah yang agak banyak,alhamdulillah mulusssss

Opor Daging Elk

Opor Daging Elk

Ukuran dibawah hanya kira-kira saja yak! :)

Opor Ayam 🐣

Opor Ayam 🐣

Ini masakan kesukaan si kecil, jd sering bgt bikin ini 😁