Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam 🐣 yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 28, 2022

Opor Ayam 🐣

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam 🐣 yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Opor Ayam 🐣 yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam 🐣, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam 🐣 sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam 🐣 sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam 🐣 memakai 16 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini masakan kesukaan si kecil, jd sering bgt bikin ini 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam 🐣:

  1. 1/2 ekor ayam, potong 5
  2. 4 butir telur, direbus
  3. Tahu coklat (sesuai selera)
  4. Bumbu halus :
  5. 4 siung bwg putih
  6. 6 siung bwg merah
  7. 1 ruas kunyit
  8. 1 ruas jahe
  9. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  10. 1/4 sdt lada bubuk
  11. Kaldu bubuk (sy pakai Ro**o)
  12. Bahan pelengkap :
  13. Daun salam
  14. Daun jeruk
  15. Sereh
  16. Santan kental (sy pakai kara yg kecil)

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam 🐣

1
Goreng sebentar ayam yg sudah dipotong tadi, setengah matang saja, angkat, tiriskan minyaknya.
2
Haluskan semua bumbu2,lalu tumis dengan sedikit minyak. Masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh,ketika sudah wangi masukkan ayam, dan telur. Aduk rata, tambahkan air hingga terendam, lalu masukkan santan. Sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Terakhir masukkan tahu, masak hingga ayam empuk. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

Bekal kerja sederhana no micin

Satu porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Biasanya ga mau repot tinggal cari bumbu instan, tapi kali ini aku ngulek sendiri bumbunya 😁 Btw yang difoto atas ini hanya sebagiannya aja, tapi dari 1/2 ekor ayam aku bisa dapat 7 potong ayam 😉

5-6 Porsi
Opor ayam rasa nyummy

Opor ayam rasa nyummy

karena suami sangat doyan ayam, maka saya berusaha membuat resep ayam mjd istimewa namun ttp simple. Selamat me-recook

4 porsi
30 menit
Terik Ayam

Terik Ayam

Lagi bingung bikin makanan apa yang si anak juga suka dan semua suka. Walhasil tercetuslah makanan ini, simpel dan gampang. Enak pula, gurih manis. Tinggal tambah bikin sambel dah ..

5 porsi
Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Menu ini selalu menjadi salah pilihan keluarga untuk menu khas Indonesia. Sejak aku dan anakku menjalani diet low carbo dan ketika ingin tetap makan opor yang enak.. Aku tetap memasaknya tanpa santan tapi diganti dengan krim pengganti santan. Inspirasi resep ini adalah dari Youtube FiberCreme.yang aku modifikasi dari resep warisan Ibu. Aku tambah telur karena ini juga kesukaan Si Sulung. Teman Opor Ayam dan telur ini sebagai menu utama adalah sambal trasi dan lalapan sayur rebus.. Namun saat Lebaran tiba menu ini bisa menjadi sajian istimewa di Hari Raya, bisa disajikan sendiri atau menjadi lauk bagi sajian lontong sayur. Yuuk mari kita coba dan nikmati Opor sehat resep warisan Ibu.. #KualiEmak #KampoengRamadan #PekanPosbarSayurLebaran #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

6 orang
1 jam
Opor telur ayam maknyuusss

Opor telur ayam maknyuusss

awalnya bikin opor ayam.Tp lupa ngg d foto..Eehh keburu abis deh. Berhubung tamu nya masih pd dateng,lauk ny abis.Akhirnya masak lg deh telor.Karena pd suka dg opor ayam saya,akhirnya saya coba deh bikin opor telor.Cara nya sama ko sama resep bikin opor ayam..

8 porsi
40 menit
Opor Telur & Kentang

Opor Telur & Kentang

30.12.17._ Favorite keluarga ini mah..

MPASI 11m+ Bubur Terik

MPASI 11m+ Bubur Terik

Di daerah asal saya, bubur terik menjadi menu sarapan pagi anak2, termasuk waktu saya kecil dulu. Sayurnya biasanya kol atau sawi putih, tapi karena adanya stok jamur kancing saja, yaa sutra lah.. yang penting habis hanya dalam waktu 15 menit..

1 porsi
25 menit
Kicik/terik daging sapi resep mertua

Kicik/terik daging sapi resep mertua

Ini resep turun temurun dari mertua..masakan khas yg slalu ada di setiap hari raya dan semua kelg sudah pasti menanti masakan ini untuk segera disantap..lbh nendang kalo makan nya sambil nyolek sambal goreng bawang tomat...boleh aja loh kalo mau nyoba..ga bakalan nyesel deh.

Opor ayam

Opor ayam

selmat mencobaaa 🙌

8 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

tiada hari tanpa ayam,apa pun masakanya ayam slalu menyertainya...ha ha ha..lebbay..

Opor Ayam Kampung Endess 😍

Opor Ayam Kampung Endess 😍

Rencananya mau bikin Ayam Ingkung tapi ayam kampungnya terlanjur di potong2, ya sudah jadikan opor saja...

5 porsi
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Masak apa hari ini ya.. abis telponan sm mamah tiba2 kpengen opor ayam.. ini resep opor ayam dr mamah dan baru kli ini nyoba.. ternyata uenakkk rekk 😋😋😋

3 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

Resep ibu.. gara" anak minta bekal opor ayam.. jadi nelfon ibu pagi" dikasih resep ini.. untuk rasa dijamin ulala.. selamat mencoba.. 😘

Ayam bakar opor geprek

Ayam bakar opor geprek

Masak opor ayam besokannya masih ada dan kuahnya asat,, yasudah di bakar aja ayamnya lalu di geprek