Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  yang Sempurna

Dipos pada September 28, 2018

Biji salak ubi ungu ๐Ÿ 

Anda sedang mencari inspirasi resep Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Biji salak ubi ungu ๐Ÿ , antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  yaitu 4-5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  diperkirakan sekitar 4-5 porsi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

14.08.17. Masih edisi ubi, makanan asli Indonesia, biji salak ubi ungu ini pakai kuah gula merah, gak kayak kebanyakan yang berkuah saus putih, emang lebih cantik keliatannya sih kalau kuah saus putih tapi anak anak dan suami sukanya kuah gula merah, kalau buat yang saus putih makannya gak semangat, gak ada yang nambah tapi kalau pakai gulah merah behh gak ada yang gak nambah๐Ÿ˜‚ ayo #Indonesia memasak ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji salak ubi ungu ๐Ÿ :

  1. 600 g ubi ungu
  2. 3 sendok makan munjung tepung sagu
  3. ๐Ÿ’kuah๐Ÿ’
  4. 300 g gula merah kualitas bagus
  5. 800 ml air
  6. Sepotong Daun pandan
  7. ๐Ÿ’pengental๐Ÿ’
  8. 2 sdm makan tepung beras
  9. 2 sdm tepung sagu
  10. 50 ml air matang
  11. ๐Ÿ’santan๐Ÿ’
  12. 2 bungkus santan instan kecil
  13. 250 ml air
  14. Sejumput garam halus
  15. Sepotong Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Biji salak ubi ungu ๐Ÿ 

1
Kukus ubi ungu lalu haluskan, kemudian tambahkan tepung sagu lalu uleni sampai tercampur rata
Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  - Step 1
2
Bentuk kecil kecil sesuai selera, bisa bulat lonjong atau apalah
Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  - Step 2
3
Masak air,gula merah dan daun pandan jika gula sudah larut angkat dan saring,masak kembali lalu jika sudah mendidih masukkan biji salaknya masak sampai matang, (mengapung), jika semua sudah matang larutkan bahan pengental lalu masukkan ke dalam panci yang berisi biji salak, aduk aduk jika sudah meletup-letup (mendidih) angkat
4
Masak kuah santan sampai mendidih sambil diaduk aduk biar santan gak pecah,
Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  - Step 4
5
Penyajian masukkan biji salak beserta kuah ke dalam mangkuk lalu siram dengan kuah santan... Biji salak ubi ungu ๐Ÿ ... siap di hidangkan ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
Biji salak ubi ungu ๐Ÿ  - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji salak, bubur kacang hijau dan mutiara ala ma2sero

Biji salak, bubur kacang hijau dan mutiara ala ma2sero

Critanya pengen mbancak'i dek syila kalau kata orang jawa bilang, syukuran kecil2an berbagi ke tetangga kanan kiri jum'at mubarak semoga dek syila sehat selalu cepet bisa jalan aamiin. Bikin biji salak/jenang grendul sama bubur kacang hijau dan mutiara pakek kuah santan. Bubur kacang hijaunya pakek takaran kira2 ya dan mutiaranya ikutin caranya di kemasan. Kalau rasanya menurut yang udah makan sie enak kayak biasa di jual2 alhamdulilah.

21 porsi
Kolak Candil/Biji Salak

Kolak Candil/Biji Salak

Menu yg satu ini juga jdi favorit keluarga candil yg manis ditambah gurih santan kelapa๐Ÿ˜

Singkong Thailand Biji Salak Ungu

Singkong Thailand Biji Salak Ungu

Bosen sama singkong thailand (alias kolak singkong) akhirnya di modif dengan tambahan biji salak ubi ungu.. Hasilnya better than singkong thailand biasa.. Happy cooking, moms!

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Ada pisang,gak ada yang makan ,bikin kolak saja...๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Kolak Pisang dan Biji salak kacang Hijau

Kolak Pisang dan Biji salak kacang Hijau

Karna punya kacang hijau kupas udah lama terus cari resep di cookpad dan nemu resepnya biji salak kacang hijau tapi di resep asli pake bubur, di sini aku buat jadi salak.....

Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

1 porsi
15 menit
Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Menu sarapan yg simple tapi tetep lezat dan mengenyangkan pastinya

Bubur Candil/ Biji Salak Ubi Ungu ๐Ÿ’œ

Bubur Candil/ Biji Salak Ubi Ungu ๐Ÿ’œ

Kebetulan dirumah ada stok ubi ungu.. bosen jg kalo cuman di kukus aja lalu coba bkn jd candil ternyata mantuuuull๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ #PejuangGoldenApron2

Biji salak ungu

Biji salak ungu

Jadikan ta'jil termanis favorite keluarga

5 porsi mangkuk
Kolak biji salak pacar cina

Kolak biji salak pacar cina

Rencana buka puasa dirumah,pengen bangt bikin kolak ubi biji salak.akhirnya nyoba -nyoba , Padahal cuman buat b3 an suami sm mertua.tp takut kurang gtu malah jadinya bnyak kaya buat rombongan.tp lumayan lah ,alhamdulilah berbuka dengan yg manis ๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

10 porsi
30 menit
Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Aku lebih senang membuat nya menjadi bubur ketimbang bagian dari kolak. Membuatnya laksana bubur candil namun menggunakan ubi laksana biji salak.

6 porsi
1 menit
Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Re-Cooking_5 Re-cook resepnya mbak Grace Juwita, tapi yang ini biji salaknya saya kasih garam biar gurih.

Bubur sumsum endolita

Bubur sumsum endolita

6 porsi
45 menit
Bubur candil

Bubur candil

Bubur candil merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Bubur candil ini mirip dengan bubur biji salak yang berasal dari betawi. Perbedaan yang mendasar atas keduanya adalah Biji salak terbuat dari campuran ubi jalar dengan tepung tapioka. Sementara, tepung beras ketan dan air adalah bahan utama candil.

5-6 porsi
60 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Kalau cuma ubi dikukus dah biasa rasanya ya kayak gitu-gitu aja. Karna penasaran belum pernah coba buat kolak biji salak, saya putuskan buat ternyata mudah. Tidak butuh waktu lama dimasak dan tidak butuh waktu lama buat ngehabisinnya. Hehehehe. . . .

4-5 porsi
Jenang candil/bubur biji salak๐Ÿ’“

Jenang candil/bubur biji salak๐Ÿ’“

Mumpung weekend,,suami dirumah. Bikin jenang candil buat temen ngumpul sama anak suami. Kebetulan harinya hujan jadi makin mantep ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‰

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

menu takjil di bulan ramadan,yang simple. semoga suka. maaf kalo resepnya kurang akurat mohon dimaklum,masih belajar. Terimakasih?

2 porsi
30menit
Bubur Madura / Jaipong ๐Ÿก๐Ÿฅฅ๐ŸŽƒ๐Ÿ 

Bubur Madura / Jaipong ๐Ÿก๐Ÿฅฅ๐ŸŽƒ๐Ÿ 

bila di sajikan hangat namanya Bubur Madura, jika pakai es di sebut Es sumsum / Es Jaipong, sebutan tiap daerah berbeda beda.

10 porsi
1 jam 30 menit