Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam yang Sempurna

Dipos pada March 4, 2022

Opor Ayam

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Opor Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam yaitu 5 Orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Opor Ayam diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

salah satu pilihan menu untuk hari ini,mudah & cepat proses memasaknya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1 ekor Ayam di potong2
  2. 2 bungkus Kara kecil
  3. 2 lbr Daun Salam
  4. 2 lbr Daun Jeruk
  5. 6 gelas air
  6. 3 sdm Minyak Goreng
  7. 1 sdt Garam
  8. 1 sdt Gula Pasir
  9. 1 sdt Kaldu Bubuk rasa Ayam
  10. 3 sdm Bawang Goreng
  11. *Bumbu Halus;
  12. 6 siung Bawang Putih
  13. 7 siung Bawang Merah
  14. 4 biji Kemiri
  15. 1 sdt Ketumbar
  16. 1/2 sdt Jintan
  17. 1/2 sdt Merica Butiran

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Rebus; air,ayam,daun salam & daun jeruk dengan api sedang
2
Panaskan minyak goreng,lalu tumis bumbu halus,aduk2 hingga setengah kering
3
Lalu masukan tumisan bumbu ke rebusan ayam,tambahkan; garam,gula pasir & kaldu bubuk,aduk rata
4
Terakhir masukan kara,aduk2 supaya santan tidak pecah,masak hingga mendidih & bumbu meresap,lalu angkat
5
Sajikan dengan taburan Bawang Goreng

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam bumbu merah

Opor ayam bumbu merah

Ceritany mama bro sma papa bro lagi kpengen makan opor hari ini.tapi berhubung si ayam ny cuma ada 4 potong di kulkas akhir ny tak tambahin tahu sama tempe aja deh,,biar ga kesepian si ayam ny hihi.. si papbro kan ga suka santan alhasil si santan di ganti deh pake susu cair..yaa..bisain ajalah yaa,^^ toh hasil ny ga kalah enak.gurih" gemanaaaa gituu!! ^^ cekidot..

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

bangun subuh2 kepingin makan opor ayam ^^ mumpung si bayik kecil belum bangun, muterin jalan sama ayah nya nyariin bahan2 diwarung sayur naik motor (maklum ngga ada pasar tradisional dkt sini). Alhamdulillah pas balik rumah bayik masih bobo pules :D

3-4 porsi
60 menit
Opor Telur-Ayam

Opor Telur-Ayam

2 porsi
60 menit
Opor Ayam Spesial

Opor Ayam Spesial

Alhamdulillah... Suami udah lama pengen dimasakin opor, nyodor-nyodorin istrinya terus buat belajar bikin ini sama Ummi yg asalnya org Makassar... Masya Allah emang ini opor terenak yg pernah saya makan selama ini... Cobain yaa...

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Anak saya suka makan ayam telor dengan kuah seperti ini .gurih dan sedikit manis dg banyak rempah

4 porsi
120 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam makanan kesukaan keluarga kami. Terutama di hari raya lebaran, menu ini adalah menu favorit. Gurih dan tidak pedas, sehingga anak anak pun bisa ikut menikmati..

5 porsi
30 menit
Opor Ikan Mas

Opor Ikan Mas

Dikasih ikan mas dari big boss, beliau memang hobby mancing. Rejeki nomplok, ikannya masih segar dan besar banget. Enak juga lho dibikin opor. Yukk cobain.

3 porsi
45 menit
Opor Ayam & Telur

Opor Ayam & Telur

Pagii inii tengok2 stok dkulkas cuma tinggal ayam, mau dibikin soto betawi tp ko yahh ribet bgd harus goreng kentang, emping, dkk. Klo gk pake kyaknya kurang klopp jd puter otak sambil nunggu mata terbuka sempurnaa #masihngantuk. Ehhh keingett sama resep opor my moms yg rasanya nendangg bingitttss, smpet raguu sihh kira2 kekejar gk yah dalam waktu 1 jam masak opor tp ternyata misi terselesaikann (maklum wanita karier #hihihi) Alhamdulillah rasanya pun pecahhhhh jd pede lah klo lebaran tahun ini masak2 sndirii

Terik Tahu Tempe + Ayam

Terik Tahu Tempe + Ayam

Buru-buru bikin sebelum berangkat kantor akibat bangun kesiangan.. Tapi bahan udah disiapin dari kemarin jadi tinggal cemplung.. Jadi deh.. 😉

Opor Ayam

Opor Ayam

Baru pertama coba masak Opor ayam. Pertamanya takut keluarga dan adekku kurang suka karena ini termasuk hal baru. Tapi akhirnya semua itu salah. Ternyata keluargaku sangat menyukai masakan opor ayam ini. Rasanya seneng, bangga dan tidak bisa diungkapkan karena begitu bahagianya saat masakanku dapet 2 jempol 👍👍 jadi lebih semangat untuk mencoba masakan terbaru lagi.😊😀😀

Opor ayam kentang telur puyuh

Opor ayam kentang telur puyuh

Masak praktis untuk makan malam dan balitaku suka😄

Opor Ayam Simple

Opor Ayam Simple

Malas menghancurkan/ulek ulek bumbu rempah, apalagi kalau pakai bumbu instan itu kurang sehat. Jd biasa masak dengan bumbu rempah yang sudah berbentuk bubuk lebih praktis dan sehat tentunya.

1 porsi
20 ment
Spaghetti Opor Ayam

Spaghetti Opor Ayam

#PejuangGoldenApron3

Opor ayam dan telor

Opor ayam dan telor

request sang paksuu, dia doyan bgt opor alm ibunya.. beruntung kaka ipar punya resepnyaa cuss lgsg bikinn semoga bisa ngobatin rasa kangen masakan alm ibunyaa endthaaan paksuu bilang enaaaak hampirrr miriippp rasanyaa 😘😘

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Lebaran....ada sambel goreng ati, harus ada lontong opor juga. Ada beberapa versi opor. Kalo di tempat saya opornya versi warna kuning..

8 porsi
60 menit