Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ketupat Pulut / Ketan yang Enak

Dipos pada March 8, 2022

Ketupat Pulut / Ketan

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Ketupat Pulut / Ketan yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Ketupat Pulut / Ketan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ketupat Pulut / Ketan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ketupat Pulut / Ketan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Ketupat Pulut / Ketan diperkirakan sekitar 45 Mnt- 1 Jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Pulut / Ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Pulut / Ketan memakai 4 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lebaran kemarin bikin ketupat untuk dibawa ke rumah neneknya anak-anak. hmmm...nikmatnya...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Pulut / Ketan:

  1. 1 kg pulut putih / ketan
  2. 1 bh kelapa ukuran besar (diperas jadi 1 gelas pati santan, setelah itu diperas kembali hingga menjadi 3 liter santan encer)
  3. 20 bh sarang ketupat ukuran sedang
  4. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Pulut / Ketan

1
Cuci pulut/ketan hingga bersih, tiriskan.
2
Pati santan ditambahkan garam hingga terasa asin (hingga terasa sangat asin dilidah, tapi jangan berlebihan).
3
Masukkan pulut/ketan ke dalam wadah yang cukup besar. tambahkan pati santan sedikit demi sedikit sambil diaduk agar meresap ke pulut/ketan. jika sudah cukup tercampur rata antara pati dan ketan, penambahan pati dihentikan. apabila dirasa kurang asin, silahkan ditambahkan garam halus.
4
Masukkan pulut/ketan ke dalam sarang ketupat hingga memenuhi 5/6 bagian. (terlalu penuh : ketupat jadi keras, terlalu kosong : ketupat jadi lembek)
5
Cara memasak ketupat : masukkan ketupat ke dalam panci yang cukup besar, tambahkan santan (sudah diberi garam) ke dalam panci hingga ketupat terendam.
6
Masak dengan api sedang. sesekali ketupat dibalik agar masaknya merata antara bagian bawah dan atas. masak hingga santan menyusut dan berminyak.
Ketupat Pulut / Ketan - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat betumis

Ketupat betumis

Karna sudah bosen dengan menu yang itu itu aja . Jadi mari kita coba menu khas Banjar yaitu ketupat betumis πŸ˜‰

banyak
1 jam 30 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Memanfaatkan sisa ayam ungkep,bukaΒ² resep dpt "opor ayam" dari yNy langsung eksekusi,resepnya sdh saya sesuaikan,tapi minus lengkuas,jinten dan serai,kehabisan stoknya hihiiiiii....Tapi tetap enakπŸ‘Œ Thx resepnya😊

5 porsi
Kupat

Kupat

3 orang
2 jam
Ketupat Homemade

Ketupat Homemade

Penasaran banget bikin ketupat. Kata orang bikinnya lama. Mending beli jadi. Tapi kalo ga nyoba kan ga tau gimana sensasinya bikin kupat/ketupat yang super duper lama.

Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Setahun sudah ga makan opor ayam bumbu kuning. Biasanya ibu yang masakin saat lebaran. Sekarang, uda jauh sama ibu kangen sama opor ayam buatan ibu makin menjadi. Yaaa karna kangen ibu juga, kangen masakan beliau juga. Eksekusi pertama dan rasanya nagih. Hayuuuu coba juga, uenaaakk loh. Ga rugi

10 porsi
30 menit
Ketupat

Ketupat

2 porsi
2 jam
Sayur Ketupat Betawi Asli

Sayur Ketupat Betawi Asli

Bismilahirrahmanirrohim......sayur pepaya ini semakin dihangatkan semakin enak. Resep ini didapat dr ibu mertua 😍. Dan dengan bahan dasar pepaya muda ini tidak mudah hancur sayurnya . 😍 #kualiemak #KampoengRamadan #cookpadcommunity_bekasi #cookpad_id

Lontong/ Ketupat Express

Lontong/ Ketupat Express

Suka lontong/ ketupat tapi gak bisa buatnya anyone???? Km gak sendirian (toss!) karena ampe sekarang sy jg belum bisa bikin ketupat sendiri..h ehehe Banyak makanan indonesia yang menggunakan lontong/ketupat sebagai bahan pelengkap atau malah bahan utamanya. Tekstur yang lembut tapi padat emang butuh ketelatenan dan keahlian untuk membuat ketupat ato lontong. Sebenernya di pasar tradisional juga sering liat yang jual lontong/ketupat yang sudah jadi tapi beberapa kali coba beli suka ngerasa kecewa karena ternyata lontong/ketupatnya tidak sesuai harapan. Biar lebih aman dan yakin sehat mending bikin sendiri aja. Hasil googling trnyata ada loo cara mudah bikin ketupat/lontong sendiri,walau memang teksturnya gak sebagus aslinya tapi waktu kemaren bikin sate padang pake ketupat ekspress ini dapet pujian loo dari suami, katanya ketupatnya enak..penasaran? yuuk cobain bikin..

Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

Tiba tiba pingin makan ketupat sayur Ala-ala lebaran gitu 😁 Langsung deh bikin Mungpung ada stock Labu Siam di kulkas 😊 #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Bogor #BerburuCelemekEmas #18012020

Ketupat Sayur labu siam

Ketupat Sayur labu siam

Di kulkas masih ada sisa ketupat,tinggal dibuatin lawannya nih Sayur labu siam

Ketupat Simple Magicom

Ketupat Simple Magicom

Source: YT Lenny Ketemu resep simple bikin ketupat ala2 pake alat yg pasti ada dirumah mom's semuanya Magicom 😁🀭silahkan dicoba yaπŸ₯°

Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

ketupat ini sering dibuat bersama keluarga dalam rangka menyambut idul fitri atau idul adha. caranya mudah banget!

Ketupat Presto

Ketupat Presto

Bagi yang ingin menghemat waktu memasak ketupat, bisa menggunakan panci presto jika punya.

10 porsi
1 jam
Ketupat Sayur (Lodeh Lotho & Krecek)

Ketupat Sayur (Lodeh Lotho & Krecek)

❀️ Bismillah,........ Taqabbalallahu Minna Waminkum, Taqabbal Ya Karim, mohon maaf lahir dan batin , Cookpader πŸ™ Lebaran selalu identik dengan ketupat, bgtu juga dengan keluarga kami (di Ponorogo), tapi bukan di tgl 1 Syawalnya, melainkan di hari ke 6/7 Syawal yg biasa di sebut Lebaran Ketupat (Bodo Kupat) Biasanya kami masak ketupat sayur kmdn dianterin ke tetangga maupun saudara. Begitu jg tetangga dan saudara, jadi kita seperti tuker2an gitu πŸ˜‚ Yg khas sih karena ada taburan bubuk kedelainya, bikin sayurnya gurih kental gimanaaaa gitu, pokoknya ngangeni deh πŸ˜‹πŸ˜ Biasa kl di rumah tinggal makan, nah skrng Krn di rantau jadi harus masak sendiri. Ini pun masaknya dlm porsi kecil khusus di makan sendiri 😊 Resep...., tentu saja tanya ibu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ❀️ Cara dan selera saya πŸ™ #rindukampung #CookpadCommunity_Ponorogo #CookpadCommunity_Bali

Ketupat sayur

Ketupat sayur

Menu lebaran

10 porsi
30 mnt
Opor Udang Baso

Opor Udang Baso

Ceritanya pagi2 bingung masak apa pake bahan seadanya dan jadi laahh sepertii inii ... Karna gak ada ayam ada udang jadinya udang aj gantinya .

3 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Buka puasa pengennya makan yang berkuah.Tdk ada salahnya kan makan opor ayam jauh-jauh hari sebelum lebaran.Kan biasanya opor ayam salah 1 menu wajib lebaran. Masak yuk moms..Share yaa ^.^

155. Sayur Lodeh Ketupat

155. Sayur Lodeh Ketupat

Udah lebaran ketupat aja yaa...gak terasa banget ☺️☺️ Kemarin nih mamak masak sayur utk temen makan ketupat. Masaknya dibanyakin sekalian, meski sederhana dengan budget yg low (under 100k), tapi masih bisa anter2 rata jg ke tetangga2. Alhamdulillaah... Maklum udah masuk tanggal tua. Emak2 harus bisa bersiasat dg prinsip ekonominya, dg modal dikit tp bisa menghasilkan bnyak barang hehehehe. Kalo kata kita warga Cookpad, dg modal yg ekonomis tapi bisa tetep masak yg enakk buat sekeluarga πŸ₯°πŸ₯° Untung ada Mamahh CP...luph u mamahh πŸ’™πŸ’™ #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali #LebaranKetupat #week51