Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Tahu ala-ku yang Lezat Sekali

Dipos pada February 21, 2022

Opor Ayam Tahu ala-ku

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam Tahu ala-ku yang simple Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor Ayam Tahu ala-ku yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Tahu ala-ku, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam Tahu ala-ku sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Tahu ala-ku sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Tahu ala-ku memakai 16 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Menu rumahan ala saya, bisa ditambahkan juga telur rebus, sesuai selera saja...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Tahu ala-ku:

  1. 1/2 kg ayam, potong2, cuci
  2. 4 buah tahu, belah jd 2, goreng 1/2 matang
  3. Bumbu halus:
  4. 5 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 1 sdt ketumbar
  7. 2 cm jahe, kupas
  8. 2 cm kunyit
  9. 2 butir kemiri
  10. Bahan lain:
  11. 3 cm lengkuas, geprek
  12. 2 helai daun jeruk purut
  13. 1 ruas sereh potong, geprek
  14. secukupnya minyak utk menumis
  15. 1 gelas santan kental
  16. secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Tahu ala-ku

1
Tumis bumbu halus, tambahkan lengkuas, sereh, daun jeruk, aduk2 hingga harum.
2
Masukkan ayam, aduk2 hingga berubah warna. Tambahkan air secukupnya sampai ayam terendam, jika air sudah mendidih kecilkan api, masukkan tahu, diamkan kurleb 30 menit supaya bumbu meresap.
3
Tuang santan, aduk rata, tunggu mendidih, tp jangan sampai santan pecah. Siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Kuning Ayam Kampung

Opor Kuning Ayam Kampung

Teman Sahur pertama diawal puasa #BikinRamadanBerkesan

Opor ayam khas madura

Opor ayam khas madura

Lebaran rasanya tdk kengkap lw gk da opor... da resep spesial nih dari madura

Bubur Terik (Tahu Telur Ayam)

Bubur Terik (Tahu Telur Ayam)

Waktu masih SD, hampir tiap pagi Eyangti jalan pagi. Pulangnya nggak lupa beliin bubur ini buat sarapan cucu-cucunya sebelum berangkat sekolah. Isinya nggak macem-macem, cuma bubur, tahu, kuah terik. Tapi nikmatnya kebayang-bayang sampai sekarang apalagi waktu itu makannya disuapin hihihihi. Fix ini makanan nostalgia banget. Untuk foto diatas, ada tambahan sambal gorengnya. Untuk sambal goreng, resep menyusul ya😊

3-4 porsi
1 jam
Bihun Goreng Bumbu Opor

Bihun Goreng Bumbu Opor

Assalamualaikum. Hari ini masak bihun goreng bumbu opor. Biasanya masak bihun pakai kecap dan cabe, jadi warnanya merah kecoklatan, sekarang pengen nyoba variasi baru kalau digoreng pake bumbu opor gimana rasanya. Eh rupanya enak juga. Ini resep dapat dari majalah saji edisi 381, dan patut dicoba. Enak dan bisa disajikan buat keluarga atau teman2 yang gak suka pedas.

6 orang
25 menit
Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅)

Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅)

Ini masak edisi ngasal bu ibu, bingung ceritane punya nangka 1 bungkus yang udah dipotong2 ma penjualnya kita tinggal ngerebus + dicuci bersih lagi sebelum diolah, mau dimasak apa ya??? Diolah jadi gudeg udah pernah, disayuran kaya rumah makan padang ya udah (resep keduanya sudah saya share) ya wis lah tak opor wae. Dicampur 2 ceker, 1 pala ayam ma kerongkongan ayam, jadi deh tuh opor ala saya. Tapi kata pak suami ma 2 jagoanku enak, alhamdulilah yang penting keluargaku suka. Ini resep opor ala emak aku ya, dimasak versi anake tapi sekarang 😊😊. Ini resepnya semoga bermanfaat.

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ceritanya Ibu pengen nih sekali2 dmasakin yang gak pedes. Jadi aku pilih aja opor ayam

Opor ayam lezat

Opor ayam lezat

Kesukaan Anak dan Suami

Opor telur

Opor telur

4 porsi
Opor Labu Siam

Opor Labu Siam

Belajar masak opor. Baru pertama dan pakenya labu siam dulu. Next time pake ayam yah hehehe

Opor ayam

Opor ayam

ni opor kesuakaan saya banget,biasanya saya kalau masak opor sellalu saya tambahin tahu kempos,tp karena gk ada jadi gak pakai tahu kempos. kalau udah masak masakan yang berkuah pasti saya makan nasi cuma sedikit,karena pasti kuah yang saya banyakin sampe banjir piring saya heheh..karena saya memang penggemar kuah.asalkan jangan di suruh makan kuah sayur yang super puedesss lho ea hehehe.

Easy opor ayam indofood

Easy opor ayam indofood

Akhirnya aku berhasil jg bikin opor ayam enak hahah, gampang nih, yuk cobaaa :3

6 porsi
45 menit
Terik Ayam Tahu

Terik Ayam Tahu

{9 Juni 2017} Sudah beberapa hari rasanya selera makan lg kurang baik pengennya maem yg udah jadi tinggal ngemplok / bikinan orang xi2. Mau beli jg gimana ya jauh banget dari warung makan..kepikiran aja masak yg bisa naikin selera, akhirnya masak terik ayam buat ta'jilnya bikin kue latok. Terik ayam ada yg bilang jg ayam bumbu terik / opor putih..emang mirip opor bedanya kuahnya lebih kental dan berwarna putih.. Hampir lupa dicatat, ini ada tambahan tahunya..jadi tumben goreng tahu bulat buat anak2 eh g dimakan, jadi dicampur aja ke terik.

60 menit
Opor telur

Opor telur

Ceritanya pulang kerja pak suami bawa telur rebus banyak banget, bingung deh itu telur mau diapain, akhirnya dibuat opor telur deh 😋😋

5-6 porsi
20 menit