Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sambel pecel yang Lezat

Dipos pada June 23, 2019

Sambel pecel

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Sambel pecel yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Sambel pecel yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Sambel pecel, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sambel pecel bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sambel pecel biasanya untuk 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambel pecel diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel pecel memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep nengok dr jtt...simple..,mudah...,cpt...n tentunya enak.homemade lbh fresh n enak..kdg beli yg udh jd...ada bau apek..kurang fresh.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel pecel:

  1. 250 gr kacang tanah
  2. 125 gr gula aren/gula merah
  3. 10 bh cabe merah
  4. 3 bh cabe rawit
  5. 3 bh bawang putih
  6. 2 bh kencur(sebesar ibu jari)
  7. 3 lbr daun jeruk
  8. 1 sdm air asam jawa
  9. 1 sdt munjung garam

Langkah-langkah untuk membuat Sambel pecel

1
goreng kacang dgn api kecil hingga matang.tiriskan.
2
Goreng cabe,bawang putih,kencur,daun jeruk dgn sedikit minyak biar gak meletup n pakai api kecul .goreng hingga cabenya layu .tiriskan.
3
Blender kacangnya hingga halus...tempatkan diwadah br blender bumbu cabe td...stlh sls cmpr di kacang td...terakhr br blender gula arennya.
4
campur semua jd satu masukkan garam,air asam...pakai tangan yg dialasi plastik...aduk n remas2 hingga semua bumbu tercampur rata.pecel siap dipakai...dicemil langsung enak loh.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel maknyusss

Pecel maknyusss

Taqi doyan bgt yang namanya pecel..tp klo beli bumbu jd kynya g ada yg tanpa cabe..jd ini bikin yg versi tanpa cabe y..kalo mau dikasih cabe silahkan..boleh rawit ijo atao lombok setan ato cabe merah...silahkan aja..disesuaikan selera termasuk asin manisnya

7 porsi
30menit
tahu pecel jawa

tahu pecel jawa

30 menit
Cilok Terigu Kuah Bumbu Pecel

Cilok Terigu Kuah Bumbu Pecel

ini hasil research di cookpad jg, krn pgn cilok tp gda tep.kanji dn trnyt ad yg bs pke trgu okelah saya coba buat ini cilok dan sukseeeeesssss hihihii

Telur Ceplok Sambalado + Bumbu Pecel

Telur Ceplok Sambalado + Bumbu Pecel

Lagi ngidam pengen masak ini.. 😍😍

4 porsi
Sambal Pecel Lele Lamongan

Sambal Pecel Lele Lamongan

5 orang
20 menit
Pecel Ayam Angkringan

Pecel Ayam Angkringan

Pak suami request pecel ayam ala abang2 angkringan. Dulunya pak suami tidak suka sama daging ayam..tapi saya sendiri suka. Jadi sering saya bawa makan pecel ayam. Lama2 suami suka..malah doyan. Tapi ayam nya mesti di goreng sampai garing yah bund 😄😄 Jadi jangan kaget lihat ayam goreng saya yg kering garing seperti ini...karna memang beginilah request an suami tersayang 😍 #AhlinyaAyam #cookpadcommunity_padang

Gado2 sambal pecel

Gado2 sambal pecel

Gado2 sambel pecel kediri...,pkai kencur jd coba dbuat gado2.., tetep enak meski ada daun jeruknya..'

Sambel pecel kilat

Sambel pecel kilat

ini tadi critanya lagi ngosok baju..eh mati listrik..buka cookpad lihat sambel pecelnya mb siti muryani langsung aja eksekusi..kelar bikin ini litrik nyala..ihihihi

Mie Pecel

Mie Pecel

Mienya diganti indomie tanpa bumbu pun boleh. Bisa juga pakai mie bihun atau mie kuning. Untuk di menu ini sumber proteinnya kurang, bisa ditambahkan sendiri ya.

2 porsi
Pecel Terong Ungu

Pecel Terong Ungu

Menu praktis untuk berbuka puasa 😊😊

Bumbu pecel dan gado gado

Bumbu pecel dan gado gado

Saya pakai perbandingan kacang tanah: gula 2:1.

Nasi Gurih Pecel Jogja

Nasi Gurih Pecel Jogja

Dulu waktu berkunjung ke tempat nenek, nenek saya sering bikin Sega Gurih (Nasi Gurih). Nah untuk kontes ini saya ingin membagikan resep nasi gurih perpaduan dengan makanan kesukaan saya yaitu Pecel. Semoga bermanfaat karena makanan ini sangat mudah dibuat.

45 menit
Pecel sayur simple

Pecel sayur simple

Pengen banget makan pecel, tp gamau beli.. alhasil bikin sendiri dan gak pake ribet hehehe

Nasi Pecel maknyoss

Nasi Pecel maknyoss

Untuk 500 gram kacang tanah menghasilkan 1 kg sambel pecel yg pedesnya level sedang.kalo mau yg pedes banget tinggal Skip cabe merahnya, pakai cabe rawit semua 250 gram. Resep ini pakai punya mbk midut di youtube, tp sy modif lagi disesuaikan selera saya. #Antiribet #cookpadcommunity #resepnasipecelmaknyus #resepwatie #resep

Sambel kacang(pecel)Madiun

Sambel kacang(pecel)Madiun

Sudah berkali-kali saya mencoba membuat sambel kacang tapi selalu gagal,rasa dan warna nya benar-benar tidak memuas kan. Tapi kegagalan bukan akhir dari segalanya,kegagalan menuntun saya dalam ke suksesan dan jadi lah sambel pecel madiun saya dan suami saya sangat suka dengan hasilnya kali ini.

4 porsi
10 menit
Pecel / tahu goreng kuah kacang

Pecel / tahu goreng kuah kacang

Ini makanan favorit suami. Semenjak nikah jadi sering banget buat pecel sayur kalau nggak buat tahu goreng. Beda nya pecel dengan tahu goreng cuma di taburan nya aj. Kalau tahu goreng di tabur bawang goreng dan daun sop..