Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kolak biji Salak dari tape yang Sempurna

Dipos pada September 28, 2018

Kolak biji Salak dari tape

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Kolak biji Salak dari tape yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Kolak biji Salak dari tape yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak biji Salak dari tape, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak biji Salak dari tape di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Kolak biji Salak dari tape sekitar 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Kolak biji Salak dari tape diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji Salak dari tape sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji Salak dari tape memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kalo makan beginian selalu kangen suasana Ramadhan di rumah ibu.. Jadi obat kangen..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji Salak dari tape:

  1. 1/5 kg tape singkong
  2. 100 gram sagu
  3. 1 buah kelapa, jadikan santan
  4. 4 lembar daun pandan
  5. 1/4 kg gula merah aren
  6. 4 sdm gula pasir
  7. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji Salak dari tape

1
Tape singkong, buang serat tengahnya juga bagian bagian yang masih keras. Haluskan dengan sendok. Tambahkan 1 sdm gula pasir, dan tambahkan sagu. Aduk perlahan dengan tangan dan bentuk bulat bulat kelereng.
Kolak biji Salak dari tape - Step 1
2
Sementara itu, didihkan 1/2 panci air. Setelah mendidih, masukkan gula merah dan daun Pandan.
3
Setelah gula merah larut, masukkan bulatan biji Salak. Tunggu hingga mengambang sebagai tanda matang. Aduk perlahan sesekali bila perlu.
4
Setelah semua biji Salak mengambang dan air susut, masukkan santan, setengah sendok teh garam, 3 sendok gula pasir (atau sesuai selera). Aduk sesekali.
5
Biarkan mendidih dengan api kecil supaya santan tidak pecah. Cicip rasanya, matikan api setelah matang. Dan taraaa.. Kolak biji Salak kesukaan papa siap dihidangkan hangat hangat.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Biji Salak+Pisang

Kolak Biji Salak+Pisang

Biji salak/candil adalah takjil khas di bulan ramadhan. Teksturnya yang chewy dan dipadu dengan pisang yabg manus jadi menambah semarak waktu buka puasa. Update 140519 : untuk 1 gelas belimbing sekitar 110gram, kalo 1 1/2 gelas berarti 165gram.

6 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Punya ubi oleh-oleh dari kampung, baru sempat diolah hari ini πŸ˜‚

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Ada ubi rambat hasil panen, bingung mau masak apa, krna lagi puasa tengah bulan jdi buat ini utk menu buka puasa #PejuangGoldenApron3

Biji salak ungu

Biji salak ungu

sangat suka warna ungu sampai makanan pun harus ada ungu2nya.

5-10 orang
60 menit
Candil / Biji Salak Ubi

Candil / Biji Salak Ubi

IsengΒ² beli ubi niatnya mau digoreng, tapi mood pengen bikin yang berkuahΒ²πŸ˜„ ini bisa buat menu buka sunnah Puasa Arafah nanti sore ya. Hihi.. 😁

πŸ‡²πŸ‡¨ Jenang grendul | Biji Salak Ubi orange | Bubur Candil πŸ‡²πŸ‡¨

πŸ‡²πŸ‡¨ Jenang grendul | Biji Salak Ubi orange | Bubur Candil πŸ‡²πŸ‡¨

Berawal dari bosan makan nasi, beralih ke ubi rebus. Beli ubi nya kebanyakan, jadilah pengen makan jajajan tradisional yang udah mulai jarang yg jual. Pas Banget di momen hari kemerdekaan, nonton tv upacara bendera sambil makan jeneng grendul berasa kembali ke tempo dulu. Dirgahayu Indonesiaku πŸ‡²πŸ‡¨ #PekanPosbar #JajananTradisional #OlahanUbi

5 porsi
Bubur Candil

Bubur Candil

Mari kita lanjutkan perjalanan #52weeksjourneyindonesiancuisine di jurnal Pejuang Golden Batik Apron! Kali ini pulang kampung dulu ah ke tanah jawa. Ada bubur candil yang "ngawe-awe" πŸ˜… Banyak yg ngira bubur candil ini sama dengan biji salak. Nyatanya beda lho! Selain daerah asalnya yg beda, bahan yg dipake untuk membuatnya pun berbeda. Biji salak terbuat dari campuran ubi dan tepung tapioka, sedangkan candil terbuat dari tepung ketan. Cusss intip resepnya disini πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ #CookpadCommunity_Yogyakarta #KopiJos #SelaluIstimewa #PejuangGoldenBatikApron #52weeksjourneyindonesiancuisine

Biji Salak

Biji Salak

Saking kepengennya makan biji salak, mulailah browsing resepnya. Alhamdulillah, walaupun belum sempurna tapi akhirnya jadi juga...terbayar sudah keinginankuπŸ˜‹

4/5 orang
2 jam
Kolak Biji Salak ++

Kolak Biji Salak ++

Kolak biji salak plus potongan labu kuning, pisang kepok dan kolang-kaling. Cocok dihidangkan di bulan puasa!

6 porsi
60 menit
Kolak biji salak Nenot

Kolak biji salak Nenot

Adik saya sangat menyukai kudapan kolak biji salak. Lalu dia bilang ke saya untuk mencoba membuatnya. Akhirnya aku mencoba dari resep yang aku baca dengan sedikit perubahan takaran, dan hasilnya.. yummy... momolagi.

Candil Labu Kuning untuk takjil

Candil Labu Kuning untuk takjil

Nyoba bikin candil labu kuning yang kedua, sebelumnya pakai tapioka, kali ini nemu resep pakai ketan putih, sama2 lembut. #PejuangGoldenBatikApron

4 orang
1 jam
Serbat Biji Salak

Serbat Biji Salak

Masih #DiRumahAja camilan dibuat utk Sarapan, kita orang tiumur sih sah sah aja, pagi ini mengolah ubi manis biasanya biji salak selalu jadi isian kolak atau dibuat candil biji salak. Kali ini dibuat lebih ke kolaborasi resep minuman tapi isiannya biji salak. Loh emang bisa...? Ya bisa aja kalau kita mau, judulnya nyari yg nggak biasa itu ya emang harus berani nabrak sana - sini, tapi dengan begini keluarga tetep kok suka. Apalagi yg berbau susu utk anak- anak kan bagus ya.

6 porsi
Kolak Candil Ubi Ungu

Kolak Candil Ubi Ungu

Arisan Genk Peda dimenangkan oleh @ikha_thea1 saya pilih bikin Kolak Candil Ubi Ungu kebetulan ada stock ubi ungu. Rasanya enak dan ga alot #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_IkaSulistianingsih #Cookpad_id #CookpadCommunity_id #CookpadIndonesia

Kolak Biji Salak / Katiri Mandi

Kolak Biji Salak / Katiri Mandi

Lihat dp bbmnya mami viqa jd pengen bikin.. Tepung ketannya cm sedikit resep ini untuk 4-5porsi sj.

Biji salak

Biji salak

Enak buat cemilan lg hujan dan cocok buat berbuka puasa gampang bikinnya :)

Bubur Grendul Biji Salak Ubi Ungu

Bubur Grendul Biji Salak Ubi Ungu

Coba resep ternyata enyak...πŸ˜‚