Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Candil yang Enak

Dipos pada September 29, 2018

Bubur Candil

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Candil yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bubur Candil yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Candil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Candil ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mari kita lanjutkan perjalanan #52weeksjourneyindonesiancuisine di jurnal Pejuang Golden Batik Apron! Kali ini pulang kampung dulu ah ke tanah jawa. Ada bubur candil yang "ngawe-awe" πŸ˜… Banyak yg ngira bubur candil ini sama dengan biji salak. Nyatanya beda lho! Selain daerah asalnya yg beda, bahan yg dipake untuk membuatnya pun berbeda. Biji salak terbuat dari campuran ubi dan tepung tapioka, sedangkan candil terbuat dari tepung ketan. Cusss intip resepnya disini πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ #CookpadCommunity_Yogyakarta #KopiJos #SelaluIstimewa #PejuangGoldenBatikApron #52weeksjourneyindonesiancuisine

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil:

  1. Adonan Candil
  2. 250 gram tepung ketan
  3. 1/2 sdt garam
  4. 120 ml air hangat (masukkan secara bertahap)
  5. Kuah Gula Jawa
  6. 200 gram gula jawa
  7. 300 ml air
  8. 1 lembar daun pandan
  9. Kuah Siram
  10. 200 ml santan (sy 3 sdm fiber creme dilarutkan dlm 200 ml air)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil

1
Campur tepung ketan dan air. Aduk dan pulung menjadi bulatan kecil. Gulung-gulung di atas tepung.
Bubur Candil - Step 1
2
Rebus gula jawa dan daun pandan. Beri sejumput garam dan aduk hingga gula melarut rata.
Bubur Candil - Step 2
3
Masukkan bola bola candil ke dalam larutan gula sampai mengapung.
Bubur Candil - Step 3
4
Larutkan tepung sagu dengan air matang dingin. Masukkan sedikit demi sedikit hingga tingkat kekentalan yg sesuai keinginan. Biarkan dingin dan sajikan dengan santan masak.
Bubur Candil - Step 4
Bubur Candil - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak kangen ramadhan

Kolak biji salak kangen ramadhan

Kangen dgn bulan penuh hikmah,berkah,ampunan,yaitu bulan ramadhan. Takjil yg biasa bikin ngangenin yaitu kolak biji salak. Kebetulan saat hujan,enaknya makan cemilan yg hangat2.

4 porsi
45 menit
Biji Salak Thailand

Biji Salak Thailand

Kolak Biji Salak Ala Ala Thailand Yg Begitu Manjaaa Full Color πŸ˜† Ga jauh beda siiih sama Kolak di Kita, Kalu di Kita pake Gula Merah, di Thai sono pake Gula Putih plus Santan, dua2 nya sama Enak nya...Cobain Yuuuk..πŸ˜‰

Candil Ubi (biji salak)

Candil Ubi (biji salak)

Beli ubi udah dari bulan ramadhan niat buat takjil, lah baru kebikin pas hari raya keduaπŸ˜‚πŸ˜‚

Biji Salak

Biji Salak

Awali hari dengan yang manis. Semanis kalimat adek yang bilang masakan bunda enak sehabis makan bubur tadi.. eaaaa. Makasih ya nak..

Candil Ubi aka Biji Salak

Candil Ubi aka Biji Salak

Udah seminggu beli ubi dr warung langganan tp masih blom diapa apain... Tadinya mau digoreng pk tepung kayak pisang goreng gituu tp takut yg anak dan ayahnya ga sukak... Mumpung lg mood mau dibikin candil ajaaah..

Biji salak rainbow by @dapurAmi

Biji salak rainbow by @dapurAmi

Ini salah satu makanan favorit anakku, jadi seneng banget bikin ini.. Seminggu ini uda 2x bikin, dan bereksperimen bikin warna warni dan si anak makin suka..

5 porsi
30 menit
Kolak biji salak Nenot

Kolak biji salak Nenot

Adik saya sangat menyukai kudapan kolak biji salak. Lalu dia bilang ke saya untuk mencoba membuatnya. Akhirnya aku mencoba dari resep yang aku baca dengan sedikit perubahan takaran, dan hasilnya.. yummy... momolagi.

Biji Salak Keju

Biji Salak Keju

Pengen yang beda aja, iseng mau dimacem2in apa nih biji salak, pas liat kulkas ada sisa keju πŸ˜† yaudah jadi deh, tuh keju diparut terus dicampurin ke adonan biji salak, alhamdulillah enak kok, jadi ada khas kejunya pas dimakan emmm nyummy πŸ˜™

60 menit
Kolak biji Salak ubi

Kolak biji Salak ubi

#DiRumahAja jadi perut tuh rasanya manggil mulu pngn ngemil. D kasih ubi+pnya sisa tepung d bikin aja ini sma bhanΒ² seaadanya. Hasil bisa buat ikutan #WeekendChallenge #CABEKU,,, santan aq pisahin soalnya keluarga suka santan ke gurihΒ²an gtu krena santannya #KelapaSeribuManfaat

Bubur sapar a.k.a bubur candil

Bubur sapar a.k.a bubur candil

Karena dirantau kadang suka rindu sama bubur candil yang biasanya tetangga bagi2 tuh kalau pas bulan sapar .. Dari pada ngiler akhirnya bikin sendiri deh

15org
1 jam
Bubur Candil Ubi Jalar

Bubur Candil Ubi Jalar

Udah masuk musim hujan. Kayaknya enak kalo sore" bikin yg anget". Mumpung ada persediaan ubi, cuss bikin πŸ˜‹

3 orang
1 jam 30 menit
Bubur Candil (Kolak Biji Salak) Labu Kuning Fibercreme πŸ’›πŸ₯°πŸ₯£

Bubur Candil (Kolak Biji Salak) Labu Kuning Fibercreme πŸ’›πŸ₯°πŸ₯£

Makanan tradisional yg ngangenin, kali ini dalam versi lebih "aman" untuk yg berdiet, krn menggunakan fibercreme sbg pengganti santan. Tetep enak kok πŸ˜πŸ’• Serius!

Bubur Candil Ubi Jalar

Bubur Candil Ubi Jalar

Manis gurih .. teksturnya lembut ... manis nya bisa disesuaikan dengan selera masing masing ya. kuah santan juga bisa ditambahkan sedikit cairan tepung beras. lebih legit kuah santan pakai kelapa tua.

Biji salak, bubur cendil

Biji salak, bubur cendil

Resep Kolak candil, enak dan manis pas banget buat buka puasa, aku belum nemu sih candil ini yang enak di penjual takjil, selalu aja ada kurang nya, kurang manis, kurang enak teksturnya yaaa macam lah hehe . mending kita buat sendiri yuk yuk cobain yuk

4 porsi
45 menit