Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor ayam kampung yang Sempurna

Dipos pada February 25, 2022

Opor ayam kampung

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor ayam kampung yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Opor ayam kampung yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor ayam kampung, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor ayam kampung sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam kampung memakai 12 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Paksum gak pernah mau makan ayam negeri alamat selalu pake ayam kampung, kalau di ibu kota ayam kampung susah+berasa harganya, jadi nih ayam bawa jauh jauh dari kampung ๐Ÿ˜‚ saking ngirit atau apa yaaa...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung sedang
  2. 7 siung bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 1 ruas lengkuas
  5. 1 ruas kunyit
  6. 1 ruas jahe
  7. 3 batang sereh
  8. 5 daun salam
  9. 1 sendok makan merica
  10. 1 sendok makan ketumbar
  11. 1 liter santan kental
  12. secukupnya garam + gula + penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam kampung

1
Cuci bersih ayam kampung, lalu tiriskan
2
Rebus air setengah panci sedang hingga mendidih dan masukkan ayam
3
Blender atau haluskan semua bahan kecuali lengkuas, jahe, salam, dan sereh (hanya di geprek)
4
Tumis sebentar bumbu yg telah dihaluskan
5
Jika sudah harum masukkan semua bumbu hingga daging mulai empuk
6
Masukkan 1 liter santan
7
Tambahkan garam dan penyedap rasa + gula
8
Icip rasa dan siap di hidangkan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor tahu telur kentang

Opor tahu telur kentang

Ini edisi malas masak jadi buat menu yang bisa di jadikan lauk sekaligus jadi sayur #olahan kelapa

3 porsi
20 menit
Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Menu ini selalu menjadi salah pilihan keluarga untuk menu khas Indonesia. Sejak aku dan anakku menjalani diet low carbo dan ketika ingin tetap makan opor yang enak.. Aku tetap memasaknya tanpa santan tapi diganti dengan krim pengganti santan. Inspirasi resep ini adalah dari Youtube FiberCreme.yang aku modifikasi dari resep warisan Ibu. Aku tambah telur karena ini juga kesukaan Si Sulung. Teman Opor Ayam dan telur ini sebagai menu utama adalah sambal trasi dan lalapan sayur rebus.. Namun saat Lebaran tiba menu ini bisa menjadi sajian istimewa di Hari Raya, bisa disajikan sendiri atau menjadi lauk bagi sajian lontong sayur. Yuuk mari kita coba dan nikmati Opor sehat resep warisan Ibu.. #KualiEmak #KampoengRamadan #PekanPosbarSayurLebaran #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

6 orang
1 jam
Opor Daun Singkong

Opor Daun Singkong

Setelah menikah mau tidak mau harus bisa masak. Alhamdulillah sedikit demi sedikit mulai bisa memasak enak. Dan gizi keluargaku insyaAllah terjamin karena tidak pakai bahan pengawet/bahan kimia dan tidak jajan diluar. Ini postingan pertama di cookpad. Suami request opor daun singkong. Alhamdulillah suami suka๐Ÿ˜. Semoga bisa menambah inspirasi menu harian bunda-bunda disini.

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

๐Ÿ’›๐Ÿ’›๐Ÿ’›sebenernya suka banget masak,suami saya suka makan,tapi karena saya sibuk terus tiap hari ke pasar hunting bahan,anak-anak dan paksu sering banget makan masakan beli mateng๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ maklum deh ga punya art atau suster. semua di handle sendiri,mulai dr bebenah, ngurus rumah,anak, paksu,orderan,packing,shipping,mau masak kadang pinggang udh berasa mau patah jd ambil simple beli mateng๐Ÿ˜‚ nah,krn besok mau lebaran nih ceritanya saya masak opor ayam telor,Rizqi sm Rafli seneng banget klo dimasakin opor telor. kebetulan paksu ga suka pedes (samsek ga doyan cabe) jadi saya ga pernah masak yang pedes-pedes. ini dampingannya sama rendang aja,rendangnya jg rendang telor๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆsemoga ga bisulan (daging mahal banget๐Ÿ˜ฉ) .

6 porsi
60 menit
OPOR AYAM

OPOR AYAM

Ahaa... Lebaran tinggal sehari lagi... untung sebelum mbak pulkam udah nyetok bahan bahan hidangan menu lebaran... Saat matang aroma harum dari santan dan bumbunya saat menggoda hehehe... yuk buat.... ^^

6 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

10 porsi
90 menit
Terik daging telur tahu

Terik daging telur tahu

Resep jaduls, dulu mbah uti sering banget masakin terik. Tiba2 kangen almarhumah Jadilah masak ini๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Opor Ayam Tahu Bumbu Kuning

Opor Ayam Tahu Bumbu Kuning

Berhubung bocil lg susah makan, biasanya dibikinin beginian dia suka makannya pake lontong cuss dapur ๐Ÿ˜‰

Opor Tahu Telur Kuning

Opor Tahu Telur Kuning

4 porsi
30 menit
Terik Ceker Tahu Tempe

Terik Ceker Tahu Tempe

Awalnya ga berniat masuk ke dapur buat masak, tinggal sama ibu jadi ga pernah masak. Karna bahan-bahan uda disiapin ya sudah mari kita memasak ๐Ÿ”ช๐Ÿ”ช

3 porsi
30 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Lagi pengen makan ayam yang berkuah, jatuhlah pilihannya pada opor ayam ini..๐Ÿ˜

4 porsi
30 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Anak-anak doyan ama ayam dan yg ada kuahnya bund, pengen coba bikin opor dan syukurnya anak2 dan pak suami suka, rasanya mantap, resep ini saya dapat di dapurnya bunda Amalia (www.dapurgepul.com), makasi banyak resepnya ya bund, mantap pokoknya.

Terik Telur Ceplok+Tahu

Terik Telur Ceplok+Tahu

Biasanya kalau masak terik, telurnya direbus. Masaknya jd agak lama, harus ngrebus & ngupas telur. Kali ini sy pgn yg cepet. Jadilah masak terik dg telur diceplok, lebih cepat & praktis. Kadang sy tambahkan wortel supaya ada sayurnya.

5 porsi
20 menit