Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Biji Salak yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 26, 2018

Biji Salak

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Biji Salak yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Biji Salak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Biji Salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Biji Salak bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Vey suka bgt ma Biji Salak n inget dl waktu kecil bgt pernah bikin Biji Salak dari bijinya buah Salak. Direbus lama bgt ko gak empuk2 ya?pdhl wkt Ibu bikin, enak n empuk taunya bukan dr bijinya buah Salak hny nama ja jd skrg suka ketawa ko pas inget kekonyolan masa kecil hihihi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak:

  1. 250 gr Ubi Jalar (direbus n haluskan/ditumbuk)
  2. 150 gr Gula merah (rebus dg air 300ml, lalu disaring)
  3. Secukupnya Tepung Ketan (bisa diganti pakai Tapioca tp lbh enak tepung Ketan)
  4. sedikit Garam
  5. Sedikit Gula Pasir
  6. 110 gr Santan
  7. 1 lt Air
  8. 3 Lembar pandan (diikat bagi 2)

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak

1
Campur ubi jalar yg tlh dihaluskan dg sdkt garam n 2sdm gula pasir n tepung Ketan hingga tercampur rata n bisa dibentuk. Ambil sedikit adonan n bentuk bola2 kecil, sebesar biji salak.
2
Siapkan Air n daun pandan dlm panci n masak hingga mendidih, maasukan biji salak n biarkan smp biji salak terapung diatas air lalu tambahkan sedikit garam n gula merah yg telah disaring.
3
Masak hingga sedikit mengental, matikan kompor.
4
Masak santan n beri sdkt garam, hgg mendidih n tambahkan tepung ketan (campur bbrp sdm tepung ketan dg sedikit air). Aduk rata n matikan kompor.
5
Biji salak siap disajikan n diberi santan diatasnya. Nice cooking all..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

Ubi ungu dikenal kaya serat, vitamin dan sejumlah mineral penting. Harganya murah dan mudah diolah jadi camilan. Selain digoreng atau dikukus, ubi juga enak dibuat bubur candil...😁 Bubur candil ini salah satu bubur favoritku dan anak gadis...😍 Mumpung punya stock ubi ungu auto kepikiran bikin dah...😁 Takut kelamaan didiemin, ntar ubinya malah rusak...🙈 Resep simple ga pake ribet, bahan murah meriah tapi nikmat banget makannya...🤭 Yuk ah langsung eksekusi...😃

Bubur / jenang Candil (biji salak) ubi madu

Bubur / jenang Candil (biji salak) ubi madu

Namanya jenang candil, ada yang nyebut jenang grendul, tapi saya suka nyebut jenang boba 😂. Kebetulan tetangga jual ubi madu. Tiap beli selalu manis, good condition dan nggak mengecewakan 😍. Banyak waktu luang dan penasaran sama bubur candil ini. Langsung eksekusi ya moms 😆. Karena rasanya manis dan gurih, cocok banget dinikmati pagi hari. Tapi dinikmati siang dan sore juga nggak kalah nikmat lho. Dalam resep ini hanya pakai 3 isian aja, menyesuaikan bahan yang ada di rumah 😂, yaitu biji salak, sumsum putih dan sagu mutiara.

8 porsi
1 jam
Bubur candil ubi cilembu

Bubur candil ubi cilembu

resep ini saya dapat dari youtube

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Resep ini manisnya tipis, kalau mau lebih manis ditambah takaran gulanya yaa 😉 #pejuangGoldenApron2

4 porsi
Biji Salak Creamy

Biji Salak Creamy

Ditantangin sama suami buat bikin minuman favoritnya, siapa takut 😍😍😘

4 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Ini bukan biji salak yg kenyal apalagi keras, biji salak yang ini lembut tapi kokoh.

5-7 porsi
30 menit
Biji Salak

Biji Salak

Camilan sehat dan murah meriah. Saya tidak pake santan. Krn memang tidak ada stock di rumah. Begini saja juga udah mantul kok. Kalo mo lebih kenyal boleh ditambahkan tepung sagu/tapioka. Di resep ini perbandingannya 300 sagu/tapioka : 1000 ubi. Boleh dicoba 400 sagu/tapioka : 1000 ubi.

Bubur candil ubi jalar dan bunga telang

Bubur candil ubi jalar dan bunga telang

Memanfaatkan bunga telang kering hasil metik di kebun #PejuangGoldenBatikApron

4 Orang
20 menit
Biji salak & Bubur sumsum Gula M. Aren

Biji salak & Bubur sumsum Gula M. Aren

Mom masih ingat ga sich makanan ini mom,,,,, zaman dulu Bubur sumsum gula aren ini sering di konsumsi jadi makana anak balita loh mom,,, yu intip2 mom

10porsi
Kolak instan murmer cukup 10 rb

Kolak instan murmer cukup 10 rb

Pingin kilak mendadak

5 porsi
10 menit
Es Biji Salak buah

Es Biji Salak buah

Sebentar lagi puasa mommy2 ... Ini menu favorit keluarga saya ...

4 porsi
Biji salak

Biji salak

Buat buka puasa pengen yg manis2

5-6 porsi
60 menit
Biji Salak

Biji Salak

Menu buka puasa hari ketiga,pengen bikin Biji Salak.dicoba yuk....

Kolak Biji Salak Ketan

Kolak Biji Salak Ketan

Pagi buta, anak gadis udah berkeok lapar. Tukang sayur belum lewat, telur ga ada. Lihat bahan, masih punya sisa tepung ketan. Yaay! Bikin ini aja ah buat sarapan. Panganan ini namanya jenang grendul kalo di jawa timur tempat asal saya. Kalo di Bogor namanya candil atau biji salak. Tapi kalo beli suka ga cocok, karena umumnya abang jualan pake tapioka, jadi alot. Kalo saya suka full tepung ketan, lebih lembut lumer. Rasa masa kecil saya banget, ngangenin 🤤 #PejuangGoldenApron2 (minggu ke-3)

Kolak Biji Salak dan Singkong

Kolak Biji Salak dan Singkong

#DiRumahAja Bogor lagi sering hujan, cocok banget kalau buat yang kaya gini.... Bawaannya kan laper melulu kalau hujan.....

5 porsi