Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam tahu bumbu kuning yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 5, 2022

Opor ayam tahu bumbu kuning

Hari ini saya akan berbagi resep Opor ayam tahu bumbu kuning yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Opor ayam tahu bumbu kuning yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor ayam tahu bumbu kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ayam tahu bumbu kuning bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor ayam tahu bumbu kuning kira-kira 7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Opor ayam tahu bumbu kuning diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam tahu bumbu kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam tahu bumbu kuning memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam tahu bumbu kuning:

  1. 1/2 kg ayam (cuci bersih)
  2. 2 bks santan instan
  3. 1 ruas jari lengkuas,geprek
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  6. 1 sdt Gula pasir
  7. 1 liter air
  8. Bumbu halus :
  9. 7 siung bawang merah
  10. 2 siung bawang putih
  11. 6 butir kemiri,sangrai
  12. 1 sdt ketumbar,sangrai
  13. 1/2 sdt terasi matang
  14. 1/2 sdt merica
  15. 1/2 sdt jinten,sangrai
  16. 1 cm kunyit,bakar
  17. secukupnya Garam
  18. secukupnya penyedap klo suka
  19. 5 buah tahu, ukuran sedang iris kotak" kecil

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam tahu bumbu kuning

1
Tumis semua bumbu yg sudah di haluskan,setelah harum tambahkan daun salam, lengkuas,gula pasir jgn lupa ya...
Opor ayam tahu bumbu kuning - Step 1
2
Lalu masukkan ayam,aduk rata tambahkan air,Masak sampai air menyusut.
Opor ayam tahu bumbu kuning - Step 2
3
Setelah air agak menyusut masukkan tahu, santan,aduk, didihkan sebentar
Opor ayam tahu bumbu kuning - Step 3
4
Angkat dan opor ayam siap di sajikan dgn taburan bawang goreng. Salam (^-^)
Opor ayam tahu bumbu kuning - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor labu putih + tempe

Opor labu putih + tempe

Bete mau ngapain.. akhirnya iseng2 deh masak ..lumayan kn berbagi pengalaman hehe

Opor Ayam gurihh

Opor Ayam gurihh

oporrrr... yayyy masakan yang ngangenin banget.. ini permintaan suami, karna cuma ada ayam jadilah opor ayam.

2 porsi
30 menit
Lontong opor ayam kuah putih

Lontong opor ayam kuah putih

Ceritanya lagi ngidam banget sama lontong opor tapi beberapa kali beli rasanya kurang enak di lidah. Jadilah kita bikin sendiri yeess, rasanya sesuai cita2 banget lah! πŸ˜ƒ endeess pokoke!

6 porsi
45 menit
(Bukan) Opor Ayam Tulen

(Bukan) Opor Ayam Tulen

Meskipun identik dengan lebaran, opor ayam ini nikmat disajikan kapan saja. Anak-anak saya suka sekali opor ayam, tapi tanpa bawang goreng. Opor ayam yang saya buat biasanya disajikan dengan emping sebagai pelengkap. Resep ini saya posting untuk meramaikan event #kreasisantan

4 porsi
30 menit
Opor terong dan ayam

Opor terong dan ayam

3 porsi
20 menit
Opor Ayam Telur

Opor Ayam Telur

Mau lebaran haji ceritanya, jadi kita masak opor yu

40 menit
OPOR Daun pepaya daging sapi

OPOR Daun pepaya daging sapi

yuk masak daun pepaya ,buat badan jadi segar,manfaat daun pepaya penghilang plak di pembulu darah kita

4 porsi
40 menit
Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Menu ini selalu menjadi salah pilihan keluarga untuk menu khas Indonesia. Sejak aku dan anakku menjalani diet low carbo dan ketika ingin tetap makan opor yang enak.. Aku tetap memasaknya tanpa santan tapi diganti dengan krim pengganti santan. Inspirasi resep ini adalah dari Youtube FiberCreme.yang aku modifikasi dari resep warisan Ibu. Aku tambah telur karena ini juga kesukaan Si Sulung. Teman Opor Ayam dan telur ini sebagai menu utama adalah sambal trasi dan lalapan sayur rebus.. Namun saat Lebaran tiba menu ini bisa menjadi sajian istimewa di Hari Raya, bisa disajikan sendiri atau menjadi lauk bagi sajian lontong sayur. Yuuk mari kita coba dan nikmati Opor sehat resep warisan Ibu.. #KualiEmak #KampoengRamadan #PekanPosbarSayurLebaran #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

6 orang
1 jam
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Masak apa hari ini ya.. abis telponan sm mamah tiba2 kpengen opor ayam.. ini resep opor ayam dr mamah dan baru kli ini nyoba.. ternyata uenakkk rekk πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

3 porsi
60 menit
Opor ayam nyamleng

Opor ayam nyamleng

waktu masak ini, ngasih garemnya numplek jadi keasinan, untung masih ada air kaldu dr ayam jadi ditambahin, dan rasanya masih nyamleng....

10 porsi
Opor ayam dan telur

Opor ayam dan telur

8 porsi
45 menit
MPASI 11m+ Bubur Terik

MPASI 11m+ Bubur Terik

Di daerah asal saya, bubur terik menjadi menu sarapan pagi anak2, termasuk waktu saya kecil dulu. Sayurnya biasanya kol atau sawi putih, tapi karena adanya stok jamur kancing saja, yaa sutra lah.. yang penting habis hanya dalam waktu 15 menit..

1 porsi
25 menit
Opor ayam ala yayangnya anak2 dan mamatun

Opor ayam ala yayangnya anak2 dan mamatun

Dr kemaren posting resep mertua terus, skrg saatnya posting resep bosque.. sebenernya mama sy orangnya simple kalo masak.. kalo masak2 gak ada satu bahan, beliau skip bahan tersebut.. soalnya males mau ke warung cuma beli satu bahan.. biasanya yg paling sering di skip sih bawang merah krn harga nya relatif mahal.. dan si mamah tuh emang seneng sm bawang putih.. tp so far masakannya uwenak bgt.. sampe2 pas hamil adek kmrn, satu2 nya makanan yg diidam2kan itu cm opor ayam buatan mamah.. akhirnya kesampean pas bulan ke 8 plg ke bandung.. yeayy!!

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

πŸ’›πŸ’›πŸ’›sebenernya suka banget masak,suami saya suka makan,tapi karena saya sibuk terus tiap hari ke pasar hunting bahan,anak-anak dan paksu sering banget makan masakan beli mateng😜😜😜 maklum deh ga punya art atau suster. semua di handle sendiri,mulai dr bebenah, ngurus rumah,anak, paksu,orderan,packing,shipping,mau masak kadang pinggang udh berasa mau patah jd ambil simple beli matengπŸ˜‚ nah,krn besok mau lebaran nih ceritanya saya masak opor ayam telor,Rizqi sm Rafli seneng banget klo dimasakin opor telor. kebetulan paksu ga suka pedes (samsek ga doyan cabe) jadi saya ga pernah masak yang pedes-pedes. ini dampingannya sama rendang aja,rendangnya jg rendang telorπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆsemoga ga bisulan (daging mahal banget😩) .

6 porsi
60 menit
Terik ayam dan tahu

Terik ayam dan tahu

Lagi kangen masakan rumah..jd inget masak terik ayam dan tahu. Biasane buat selamatan di desa klo ada acara bayi yg baru lahir. Yuukk langsung masak saja...😊😊

4 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

Masih punya stok daging ayam di freezer pas hari ini bikin ketupat weslah dimasak opor ayam ... hhm nyummy

Opor Putel (Susu)

Opor Putel (Susu)

Satu lg kreasi putel..akibat stok putel yg tiada habis2nya..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Bikin balado uda, bikin kue uda.. skr coba bikin opor susu (biar si kecil bs ikut makan hehe..) Ini sy bikin opor versi simple ya.. Cuss..Lets Cook!πŸ˜„

4 porsi
40 menit