Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor ayam santan bumbu kuning yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 2, 2022

Opor ayam santan bumbu kuning

Bagaimana membuat Opor ayam santan bumbu kuning yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Opor ayam santan bumbu kuning yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor ayam santan bumbu kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor ayam santan bumbu kuning bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam santan bumbu kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam santan bumbu kuning memakai 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

niat awalnya sih sebenernya lagi mau masak soto kuning bogor,, tapi misua lagi kepengen opor ayam santan bumbu kuning.. alhasil jadilah opor ini... ;)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam santan bumbu kuning:

  1. 1 ekor ayam (cuci bersih)
  2. santan Β dari 1 butir kelapa, dipisah kental dan encernya
  3. 3 batang serai
  4. 3 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 2 sdt garam
  7. 1 sdt gula
  8. 1 bungkus bumbu penyedap rasa (royco/masako,dsb)
  9. secukupnya minyak goreng
  10. bumbu halus
  11. 10 siung bawang merah
  12. 6 siung bawang putih
  13. 4 butir kemiri
  14. 1/2 sdt lada / sesuai selera
  15. 1 sdt ketumbar
  16. sedikit jinten
  17. sedikit pala
  18. 3 cm jahe
  19. 3 cm lengkuas
  20. 2 cm kunyit

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam santan bumbu kuning

1
Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum, masukan daun salam, daun jeruk dan serai. tumis hingga matang. masukan ayam (yang sudah dicuci bersih) aduk-aduk biar rata.
2
Masukan air santan (encer), masak dengan api kecil hingga mendidih. masukan garam,gula,bumbu penyedap. masak hingga ayam matang.
3
Setelah ayam terlihat matang, masukan santan (kental), lanjutkan memasak hingga mendidih. cicipi kuah dan koreksi rasanya.
4
Sajikan dengan ditaburi bawang goreng. selamat mencoba ;)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

Kangen sama keluarga besar... Setiap hari raya (lebaran) keluarga besar selalu masak opor ayam.. Terus makan bareng deh sama keluarga dan saudara saudara... Sekarang karna lagi jauh sama keluarga Cuma bisa makan opor ayam sambil ngebanyangi ada semua keluarga disini...

7 orang
Opor Ayam πŸ—

Opor Ayam πŸ—

Senin 14 nov 2016

6 porsi
Terik Ayam

Terik Ayam

Best Regard : Icha Annastasia

Nasi opor bungkus telur

Nasi opor bungkus telur

Nasi putih sering ber sisa olah lagi yuk, bisa jadi bekal seru utk anak. ini dia salah satunya.

2 porsi
10 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

1-4 porsi
30 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Ada yang mau datang nanti malam, seseorang yang istimewa 😍, minta dibuatkan Opor Ayam,tapi ayamnya dimasak utuh tanpa dipotong 😁😁

Sambal petis untuk opor ayam

Sambal petis untuk opor ayam

Resep dari mertua, takut hilang/lupa jika tidak disimpan

10 porsi
OPOR UMUM

OPOR UMUM

Opor biasa ^_^ cara lain saya mengolah ayam yang lumayan lama nongkrong dipendingin.

4 porsi
30 menit
opor ayam

opor ayam

masaknya paling enak kalo ayamny muda.masakny gak usah lama2

5 porsi
45 menit
Terik Telur & Tempe

Terik Telur & Tempe

Masak terik telur dan tempe sebagai menu pendamping urap kenikir.

3 porsi
30 menit
Opor ayam kentang

Opor ayam kentang

Ini menu hari ini. :)

Ayam panggang bumbu Opor

Ayam panggang bumbu Opor

Biasanya masak ayam seperti ini pakai resep ala Mama he he kali ini cobain dari resepnya kumpulan resep prima rasa. Ayamnya dipanggang bentar lalu dimasak dengan bumbu opornya. Jadi deh bikin menu hari libur .... enak sedapπŸ˜‹ ayo coba

6 porsi
60 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Ini opor ayam resep dari nyonya besar, resepnya sih simpel (menurut nina yaaa) hehehe. Suegeer hehe, yuk monggo dieksekusi. Untuk jumlah berapa ml santennya sesuai selera ya bukibuk. Kalo suka kentel ya santennya dibanyakin airnya dikurangin, kalo suka encer kaya nina ya santannya dikit aja.

Opor Ayam Spesial

Opor Ayam Spesial

Alhamdulillah... Suami udah lama pengen dimasakin opor, nyodor-nyodorin istrinya terus buat belajar bikin ini sama Ummi yg asalnya org Makassar... Masya Allah emang ini opor terenak yg pernah saya makan selama ini... Cobain yaa...

Opor ayam ala yayangnya anak2 dan mamatun

Opor ayam ala yayangnya anak2 dan mamatun

Dr kemaren posting resep mertua terus, skrg saatnya posting resep bosque.. sebenernya mama sy orangnya simple kalo masak.. kalo masak2 gak ada satu bahan, beliau skip bahan tersebut.. soalnya males mau ke warung cuma beli satu bahan.. biasanya yg paling sering di skip sih bawang merah krn harga nya relatif mahal.. dan si mamah tuh emang seneng sm bawang putih.. tp so far masakannya uwenak bgt.. sampe2 pas hamil adek kmrn, satu2 nya makanan yg diidam2kan itu cm opor ayam buatan mamah.. akhirnya kesampean pas bulan ke 8 plg ke bandung.. yeayy!!