Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 14, 2019

Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa)

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) sekitar 2 box @ 250 gr. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) memakai 16 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini adalah bakulanku.. Tapi kali ini spesial ku buat untuk mamah cookpad, menjawab tebak-tebakannya "yang sering terdiam dalam wadah plastik, kriuk huh hah".. Ku sertakan tips anti gagal, supaya pas buat bisa langsung berhasil.. Hampir tiap pekan aku membuatnya (ya namanya juga bakulan, hihihi).. Kering kentang (kentang mustofa) ini hampir jarang absen di meja makan ku, favorit anak-anak hihihi.. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan. Begitupula isian. Bisa kentang polos, kentang kacang, kentang teri atau kentang teri kacang.. Yuk dicoba.. Prosesnya memang panjang dan butuh sabar.. Tapi hasilnya insyaAllah memuaskan, dijamin ludes, hihihi.. #CeritaDapurHariIni #KentangMustofa_MamaBirru #RamadanCamp #KeringKentangKacang #3K #CocomtangPost_SerbaKriuk #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenBatikApron #GBAPekan6

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa):

  1. 700 gram kentang dieng (kentang kuning)
  2. 100 gram kacang tanah
  3. Minyak goreng
  4. 1 sdm soda kue
  5. Secukupnya air untuk merendam
  6. Bumbu Cemplung
  7. 3 lembar daun jeruk, iris lebar
  8. 1 sdt air asam jawa
  9. 1/2 sdm gula merah sisir
  10. 2 sdm gula pasir
  11. Garam dan penyedap
  12. Bumbu Halus
  13. 3 siung bawang merah
  14. 2 siung bawang putih
  15. 15 buah cabe rawit merah
  16. 10 buah cabe merah keriting

Langkah-langkah untuk membuat Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa)

1
Pilih kentang dieng, berwarna kuning (no 2). Karena lebih cantik setelah di goreng dan tidak terlalu banyak menyerap minyak. Kupas kentang lalu cuci bersih. *Klik tautan untuk tips pemillihan kentang!
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 1
2
Potong kentang bentuk korek. Boleh pakai pisau atau parutan. Jika memotong pakai parutan, please be safe! Gunakan sarung tangan. Parutnya sambil ditekan agar kentangnya tidak terlalu tipis. Hasil parutan dan kentang yang belum diparut rendam dalam air ya agar kentang tidak menghitam (teroksidasi).
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 2
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 2
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 2
3
Cuci (kucek) bilas hingga air rendaman bersih (pertanda pati hilang). Biasanya saya sampai 5 kali. Air rendaman wajib bersih, agar saat digoreng tidak saling menempel.
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 3
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 3
4
Rendam kentang dengan soda kue (boleh diganti kapur sirih) selama 20 menit.
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 4
5
Tiriskan kentang sebelum digoreng. Pastikan benar-benar tiris, agar penggorengan tidak terlalu lama (supaya hemat gas hihihi) juga supaya tidak terlalu meletek-letek saat digoreng. TIRISKAN TANPA DIBILAS! silahkan klik tautan untuk alasannya 🤗
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 5
6
Panaskan minyak. Lalu goreng kentang dengan cara ditabur. Goreng dengan api besar. Sesekali diaduk supaya matangnya rata. Jika sulit minyak, silahkan klik tautan utk tips menggoreng dengan sedikit minyak!
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 6
7
Saat kentang mulai menguning, kecilkan api. Goreng hingga agak kecokelatan agar tetap renyah saat dibumbui nanti. Angkat dan tiriskan kentang. Simpan di wadah, dialasi kertas polos.
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 7
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 7
8
Goreng kacang tanah.. Hati-hati gosong! ikuti tipsnya, silahkan klik tautan.. *kalau mau irit minyak, kacang bisa disangrai!
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 8
9
Haluskan bumbu, blender dengan sedikit minyak (bukan air!). Panaskan 2 sdm minyak, lalu tumis bumbu halus dan irisan daun jeruk hingga harum dan layu.
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 9
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 9
10
Tambahkan air asam jawa, garam dan penyedap. Aduk rata.
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 10
11
Kecilkan api. Tambahkan gula merah dan gula pasir, aduk cepat sampai rata. Masak hingga menjadi karamel. PENTING! Ini adalah fase kritis.. Waktu bumbu menjadi karamel, waktu memasukkan kentang dan pengadukan harus cepat. Jika terlewat bumbu akan menggumpal, susah diaduk. *Saya lebih suka lebih banyak gula pasir dari Gula merah supaya warna kentang merah cantik dan tidak terlalu keras saat dingin.
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 11
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 11
12
Saat bumbu menjadi karamel. Masukkan kentang dan kacang aduk cepat.
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 12
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 12
13
Aduk hingga rata dengan api kecil.
14
Matikan kompor. Dinginkan, letakkan wajan di atas lantai keramik supaya cepat dingin.
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 14
15
Kering Kentang Kacang siap dinikmati. Simpan diwadah kedap udara untuk stok lauk atau cemilan. Atau bisa juga buat bakulan, hihihi..
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 15
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 15
Kering Kentang Kacang Renyah Anti Gagal (Kentang Mustofa) - Step 15

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

16. Tahu Bumbu Kecap Tulungagung

16. Tahu Bumbu Kecap Tulungagung

Bissmillah Ujan2 pengen mkn yg anget2 dan pedes2 Yaudah bikin yg simpel aza Tahu Bumbu Kecap Tulungagung Lbh enak lg klo makannya bareng lontong.... mantuuull 👌😋 Gakda lontong....nasi'pun jd dech Tetep enak rasanya....😋 Ternyata nak-kanak jg suka Alhamdulillah.....😍

2 orang
30 menit
Bumbu kacang

Bumbu kacang

Cocok untuk siomay, cilok, bakso tusuk dan sate. Cobain ya di jamin nagih. Bikin sendiri ternyata jauh lebih mudah dan enak. Ga sempat di fotoin pakai hp step stepnya tp saya videoin di instagram.

20 porsi
60 menit
Pindang kacang kuah santan

Pindang kacang kuah santan

Ini menu sayur + lauk kapan hari, saya lupa.. Masih tetap dengan menu sehari² buat keluarga ya bun... #PejuangGoldenBatikApron

2 orang
1 jam
Terong bumbu kacang

Terong bumbu kacang

Tak banyak org yg menyukai sayuran yg satu ini krna tekstur'y yg lembek setelah d masak, namun d balik tekstur lembek ini trnyta terong memiliki rasa yg tdk kalah enak dengan sayuran yg lain nya..

4 org
20 menit
Kering kentang kacang

Kering kentang kacang

Dapat surat cintah dari Mamah Cookpad untuk bergabung merapat Ramadan Camp . Insya Alloh semoga diberikan kesehatan untuk sampai ke bulan suci Ramadan tahun ini 1443 H Aamiin YRA . Jawaban misi pertama Ramadan Camp 2022 , adalah B . 3 K ( Kering , Kentang , Kacang ) . Langsung pulang belanja dari pasar eksekusi sekalian untuk salah satu menu Nasi Box Jumat Barakah Berbagi , jadi tidak dua kali pekerjaan 🤭 . Akhirnya porsi agak banyak dan sengaja tidak pedas karena untuk dinikmati orang lain ( umum ) sekaligus untuk menu keluarga . Rasanya Krenyes kriuk baik kentang maupun kacangnya . #RamadanCamp #KeringKentangKacang #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung #kemauandankemampuan

30 orang
180 menit
3K Tabur Ebi Bubuk

3K Tabur Ebi Bubuk

3K(kering,kentang,kacang)biar ada rasa2 gurih dari udang sy tambahkan ebi bubuk,EBI dihaluskan lalu di sangrai(tnp minyak) hingga benar2 kering & matang lalu di saring,enakk bangett di makan sm nasi anget..salah satu lauk terfavorit duo gadisku😍aplg buat sahur,yg mager bngt masak2..cukup dng si "3K tabur ebi bubuk" sdh nikmat bangeeett...💕 resep 3K tabur ebi bubuk ala2 saya yg simple & enak⤵ #ramadancamp #Keringkentangkacang #menusahur #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Yogyakarta #Kopijos #SelaluIstimewa

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Udah lama pengen bikin cilok..liat cookpad ada resep cilok punya Bunda Zalfan..resep saya modifikasi sedikit tanpa mengurangi sumbernya yach😊😊..cuss langsung bikin😊😊source: Bunda Zalfan

Trancam

Trancam

#PejuangGoldenBatikApron #Kopijos #Cookpadcommunity_Yogyakarta Trancam merupakan salah satu makanan seperti urap namun dimakan dengan cara tanpa dipanaskan atau dimasak. Pembuatan trancam ini sangat simpel namun harus menggunakan bahan-bahan yang segar agar rasa yg dihasilkan enak.

4 porsi
10 menit
Pecel Lele

Pecel Lele

3-5 Orang
20 Menit
Kering Kentang Kacang

Kering Kentang Kacang

Pelajaran yang besar adalah sebuah pengalaman. Dulu sering gagal bikin kentang kering mustafa dan bikin aku hopeless krna gagal mulu tapi begitu dapet surat cinta dari mamah, aku kemotivasi buat nyoba lagi dan berhasil. Senengnya...🥰 #RamadanCamp #KeringKentangKacang #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung

Siomay Ayam + Bumbu Kacang

Siomay Ayam + Bumbu Kacang

Penasaran dengan bumbu sambal kacang siomay, akhir'y cari2 resep, di coba2 & di modif sendiri,,, pas sdh jadi suruh icip suami, kt suami enak & rasa'y mirip sperti yg di abang2 siomay,,, berhasil :-D .

Kacang Panjang Bumbu Bali

Kacang Panjang Bumbu Bali

Resep dr mbk ayu resep asli pk terong tp sy ganti kacang panjang dan resep asli jahe dan kunyitx di cincang kasar. . Tp di sni jahe dan kunyitx sy ulek . . Tp alhamdulillah tetap enak

Nasi kuning no ribet✅

Nasi kuning no ribet✅

Source : firman

"Sambal Rebon bawang teri kacang Kalbar"

"Sambal Rebon bawang teri kacang Kalbar"

Ikutan buat rebon bawang nih penggugah selera dan tahan simpan top markotop lah🤭🤭👍👍 #AbonRebonBawangGoreng #BemarongBerami_Bawanggorengudangsesar #PejuangGoldenBatikApron #OlahanMakananKering #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo

1 piring
30 menit
Balado kacang & Teri

Balado kacang & Teri

Terkadang kalo masak ini tuh,gk buat lauk tp malah buat cemilan keluarga...😁😁

Lotek

Lotek

Haloo Luur ! Berdasarkan info yang saya dapat dari Kakek Gugel, "Lotek" berasal dari Bahasa Inggris "Low Tech", karena peralatan yang dipakai untuk bikin Lotek ini sangat simple (Low Tech) gitu.. Nah untuk mempermudah penyebutan, diplesetin lah jadi Lotek wkwkw Ciri khas bumbu kacang Lotek itu rasa kencur yang dominan dan pakai ubi juga. Enak nih, simple dan bergizi 👍

± 5 porsi
± 30 menit
Cilok Bumbu Kacang Dadakan

Cilok Bumbu Kacang Dadakan

Bangun tdr mendadak pengen ngemil, akhirnya bikin cilok.. 😄😄 bahannya simple bgt.. lbh sehat n bersih jg drpd beli pinggir jln..

30 menit