Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Cilok Empuk yang Menggugah Selera

Dipos pada September 10, 2019

Cilok Empuk

Sore-sore begini enaknya membuat Cilok Empuk yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Cilok Empuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Cilok Empuk, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Cilok Empuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cilok Empuk adalah 6 Orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Cilok Empuk diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok Empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok Empuk memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaah, Dirumah cemilan dengan bumbu kacang ngga pernah ngga diserbu. Salah satunya cilok. Bikinnya dengan bahan yang mudah, cuma agak leukleuk orang sunda bilang 😁 Satu resep kurang lebih jadi 50bh dengan ukuran yang ngga begitu besar, cukuplah untuk cemilan sore menjelang makan malam. Source: @ibukcory19 #CookpadCommunity_Bandung #ResepCilok #CilokBumbuKacang #Dikacangin #PejuangGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok Empuk:

  1. 250 Gr Terigu Serbaguna
  2. 150 Gr Tepung Kanji
  3. 350 Ml Air
  4. 1,5 Sdt Garam
  5. 2 Sdt Kaldu Bubuk Instant
  6. 3 Siung Bawang Putih, Haluskan
  7. 2 Bh Daun Bawang, Iris tipis
  8. Bahan Bumbu Kacang:
  9. 200 Gr Kacang Tanah, digoreng
  10. 5 Bh Cabe Keriting Merah
  11. 6 Bh Cabe Rawit Hijau
  12. 3 Siung Bawang Putih
  13. 6 Siung Bawang Merah
  14. 5 Lembar Daun Jeruk, buang tulang
  15. 2 sdt Garam
  16. 1 sdt Kaldu Bubuk Instant
  17. Secukupnya Minyak
  18. Secukupnya Air
  19. Secukupnya Kecap Manis

Langkah-langkah untuk membuat Cilok Empuk

1
Didihkan air. Setelah mendidih, kecilkan api dan masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, daun bawang, garam dan kaldu bubuk.
Cilok Empuk - Step 1
Cilok Empuk - Step 1
Cilok Empuk - Step 1
2
Masukkan terigu ke dalam air tadi dalam keadaan api kecil. Aduk hingga tercampur rata. Matikan api.
Cilok Empuk - Step 2
Cilok Empuk - Step 2
Cilok Empuk - Step 2
3
Pindahkan adonan ke dalam baskom bersih, lalu campurkan dengan tepung kanji sedikit demi sedikit hingga bisa dipulung. BulatΒ²kan. Ukuran sesuai selera ya.
Cilok Empuk - Step 3
Cilok Empuk - Step 3
Cilok Empuk - Step 3
4
Siapkan air, didihkan. Masukkan adonan cilok ke dalam air panas tunggu sampai matang. Ciri matang, adonan cilok akan mengapung.
Cilok Empuk - Step 4
Cilok Empuk - Step 4
5
Siapkan kacang yang sudah digoreng beserta bumbu-bumbu lainnya. Blender hingga halus. Daun jeruk juga saya blender biar lebih berasa.
Cilok Empuk - Step 5
Cilok Empuk - Step 5
Cilok Empuk - Step 5
6
Siapkan wajan dengan secukupnya minyak, panaskan. Masukkan hasil blender bumbu kacang aduk-aduk sebentar lalu tambahkan air sekitar separuh blender bumbu, sekalian untuk membersihkan bumbu yang tersisa di blender. Tambahkan garam, kaldu bubuk dan kecap manis. Test rasa.
Cilok Empuk - Step 6
Cilok Empuk - Step 6
Cilok Empuk - Step 6
7
Setelah dirasa sudah pas bumbunya, masukkan cilok ke dalam bumbu kacang. Aduk-aduk dengan api kecil sampai kekentalan yang diinginkan. Sajikan dengan taburan daun bawang dan bawang goreng.
Cilok Empuk - Step 7
Cilok Empuk - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Pedas Labu Kuning dan Ikan Pindang Asap

Gulai Pedas Labu Kuning dan Ikan Pindang Asap

Selamat sore cookpaders semua πŸ€— Alhamdulilah kemaren masih bisa ikutan kelas inspirasi bareng mbak @elles_cooking juga mbak @ciciliasalamony tentang ikan salai juga macam2 ikan asap πŸ€—πŸ˜‹πŸ₯° Juga kemaren masih sempat sharing bareng tentang olahan ikan asap bareng cookpaders cookpad community semarangπŸ€— Kali ini terinspirasi dari resep nya mbak @elles_cooking yakni gulai Pedas Labu Kuning dan Ikan Pindang Asap πŸŸπŸ§‘β€πŸ³πŸ€— Maafkeun ya mbak saya hunting ikan asap gak dapat malah dapatnya ikan pindang biasa jadi di asap sendiri dengan di bakar 🀭 dan saya sesuaikan dengan bahan yang ada di dapur ya mbakπŸ§‘β€πŸ³πŸ€— #pekanposbar #ikanasap #semangcook_serbaserbingasyaap #semangcookhokyahokye #cookpadcommunity_semarang

5 orang
45 menit
Mie asin singkawang

Mie asin singkawang

Bismillahirrahmanirrahim... Liburan ke Singkawang kemarin, main ke rumahnya kakak sepupu pak su... pulang nya di bekalin mie asin... Alhamdulillah rezeki...semoga berkah kak Ngah... Kata pak su bikin mie asin enak ini. Baik lah...Semua bahan pendukung tersedia jadi tinggal cooking aja. #mieasinsingkawang #kulinerkhasKalBar #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia #resepmakwin

4-5 porsi
Sate Ayam Madura (Bumbu Kacang)

Sate Ayam Madura (Bumbu Kacang)

Lagi iseng bikin sate madura aja sih. Pdhl deket2 rmh byk bgt yg jual sate ginian :p Pengennya bikin sate yg bumbunya enak dan meresap di ayamnya... 😁 Pdhl resep ngawur aja sih, ternyataa enaaaaakkk.. 😍

25 tusuk
Kering Kentang Kacang

Kering Kentang Kacang

Tak pernah terbayangkan mau masak kering kentang atau kering tempe seperti ini. Biasanya pilih beli aja yang praktis. Tapi tantangan Mamah Cookpad dalam Ramadan Camp memotivasi untuk mencobanya. Ribet? Ya...πŸ˜€πŸ˜€(maklum gak biasa masak). Senang?...pasti..apalagi ketika respon suami dan anak sangat positif...langsung ambil buat lauk makan siang...ueenak katanyaπŸ˜‹πŸ˜‹ Resep dasar dari @MamaBirru dengan beberapa modifikasi takaran. Terima kasih resepnyaπŸ™πŸ™πŸ‘πŸ‘ #PejuangGoldenBatikApron #SemangatdapoerkuE #RamadanCamp#KeringKentangKacang

1 kotak
60 menit
Sup Kacang Lentil Merah

Sup Kacang Lentil Merah

Pertama kalinya membuat sup lentil. Tapi tidak pertama kalinya makan sup satu ini. Kali ini mencoba bikin sup ala supermarket Albert Heijn.

4-6 orang
30 menit
Ikan Bandeng Bumbu Sambal Kacang

Ikan Bandeng Bumbu Sambal Kacang

Silahkan mencoba πŸ˜„

Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Awalnya saya kira susaah bikin sate. Udah kebayang ribetnya. Alhamdulillah dikasih kado pernikahan berupa roaster yg buat bakar2 gitu dr sahabat saya. Langsung deh, bikiinn biar ga penasaran n ga kebayang2 terus. Hehe. Cobaa yuuuk..

3 porsi
60 menit
Batagor dan Bumbu Kacang

Batagor dan Bumbu Kacang

Karena super kangen sama batagor abuy di Bandung sanaa, jadilah bikin batagor sendiri. Daripada harus nunggu kiriman dari Bandung, kelamaan hehe

45 menit
Ikan ekor kuning kuah kuning

Ikan ekor kuning kuah kuning

3 orang
15 menit
Sayur lodeh kacang tahu dan terong

Sayur lodeh kacang tahu dan terong

inspirasi resep dri kluarga ayah , kakek aku yg suka masak lodeh enak bgt. yuk coba.

4 orang
30 menit
Cilok Isi Bumbu Kacang

Cilok Isi Bumbu Kacang

Lagi belajar jadi calon istri yang baik, Biar suami ga jajan di luar. Hihi...

3 porsi
30 menit
Soto Bandung Simple #3

Soto Bandung Simple #3

#PejuangGoldenBatikApron

Sate Sapi Bumbu Kacang

Sate Sapi Bumbu Kacang

Masih banyak daging sapi di frezer sisa qurban kmrin. Jd deh sate sapi ini.

60 menit
Tumis kacang panjang bumbu urap

Tumis kacang panjang bumbu urap

Ada bumbu urap .. Iseng2 deh masak tumis kacang panjang tambah bumbu urap.. Ternyata sueedeep bgt loo ..

Sup Pengantin / Sop Manten

Sup Pengantin / Sop Manten

Ceritanya lagi pengen banget makan sop manten yg biasa di jawa timur jawa tengah di sajikan kalau lagi kondangan manten Yg membedakan sop ini ada taburan kentang gorengnya jadi bikin nambah enak rasanya #PejuangGoldenBatikApron #Cookpad_indonesia #Cookpad_Community #CookpadCommunity_bekasi #PejuangGoldenApron #Mingguke5

Cilok Daging Sapi Bumbu Kacang

Cilok Daging Sapi Bumbu Kacang

Cemilan Bergizi. Jika ada yang kurang jelas boleh langsung ditanyakan. Selamat mencoba. #ideusahaibukcory

Banyak
30 menit