Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sambal pecel yang Enak Banget

Dipos pada June 23, 2019

Sambal pecel

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Sambal pecel yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Sambal pecel yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Sambal pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Sambal pecel di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Sambal pecel sekitar 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal pecel memakai 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

makan makanan sunda tanpa sambal itu rasanya kurang pas dech...akhirnya nyoba d bikin sambel pecel....dijamin enak d..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal pecel:

  1. 10 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 biji kemiri
  4. 2 buah tomat curah ukuran sedang
  5. 10 buah cabe rawit
  6. 3 buah cabe keriting merah
  7. 1 sdm gula merah
  8. 1 sdm bumbu pecel
  9. 1 sdt garam kasar
  10. 1 sdt royco
  11. 1 bungkus terasi udang,dibakar (saya pakai terasi udang abc)

Langkah-langkah untuk membuat Sambal pecel

1
Bumbu dari no 1-6 digoreng terlebih dahulu,hingga warna bawang terlihat transparan.
2
Ulek gula merah,garam,royco,dan bumbu pecel,terasi yang sudah dibakar.
3
Lalu,bahan- bahan yang sudah di goreng digabungkan dan diulek..
4
Lebih nikmat bila ditambah kan dengan perasan jeruk nipis..lalu sajikan..selamat mencoba 😊

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu pecal

Bumbu pecal

Suka aja

Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Kadang kala kita bisa melakukan sesuatu karena keadaan terpaksa. Seperti bumbu pecel ini. Biasanya suka pesan online untuk distock dalam kulkas. Tapi ternyata kali ini kelupaan beli. Akhirnya membulatkan tekad untuk membuat sendiri berbekal referensi beberapa resep yang saya modifikasi. Selamat mencoba & semoga cocok dengan resepnya.

.: Punten Pecel :.

.: Punten Pecel :.

Udah beberapa hari yang lalu, entah kenapa kok rasanya seperti orang ngidam,, kepengen banget makan punten pecel. Terakhir makannya udah dulu duluuu banget, waktu masih SD. Yang jualan ibu-ibu dari kabupaten Blitar, tapi sekarang beliau udah meninggal. Inget banget rasa puntennya yang gurih, enak, hmmmm,,, mantap dah pokoknya. Mulai kemaren-kemaren mau bikin, tapi apalah daya bahannya masih belum lengkap.... Alhamdulillah, sekarang diberi kemudahan untuk membuatnya, yah walaupun dengan perlengkapan yang seadanya, tapi alhamdulillah hasilnya bisa mengobati rasa kangen pada punten pecel ini...

2 porsi
60 menit
Sambal Kemangi / Sambal Pecel Lele

Sambal Kemangi / Sambal Pecel Lele

6 Des 17 (17 Rabiul Awwal 1439 H) MasyaAllah.. sambal ini enak banget beneran deh.. tadi pasangan lauknya sederhana aja; lele goreng sama sayur bobor sawi manis (caisim) plus lalap kemangi. Ngabisin nasi lah pokoknya, wkwkwk.. Jazakillaah khairan kpd mba Vy dapur Vy yg udah share resepnya.

Cilok Empuk Bumbu Pecel

Cilok Empuk Bumbu Pecel

Berhubung punya bumbu pecel madiun jadi bikin deh cilok dan dengan takaran ini g sengaja empuk jadinyaa,,,

Bumbu pecal

Bumbu pecal

070719 Perdana buat bumbu pecal dan berhasil... Walaupun sedikit kurang asin... 😁😁 Tinggal ditambah garam waktu melarutkan bumbu pecalnya dengan air panas... (Lebih bagus kurang asin daripada keasinan *pembelaan*😅)

Nasi Pecel Komplit

Nasi Pecel Komplit

#intipisipiringku #cookpadcommunity #cookpadcommunity_solo #seninsemangat Menu makan siang 😍 buat yg simpel2 aja & yg serumah suka Pecel mau makan ny pagi/siang tetep enak 😋 apalgi dimakan pakai gorengan hangat2 & karak gini mari menjauh dari magij com (dibaca:borosnasi)😂 masih setia dgn resep mamah sy 😘 Sy tuliskan resep nya siapa tau bunda2 ada yg mw coba bwt juga dirumah

Ayam Bakar Bumbu Pecel

Ayam Bakar Bumbu Pecel

Nemu resep di buku resep jadul emakq 😁😁 Anak2 pada suka ^^

8 porsi
Pecel (PR_kacang panjang)

Pecel (PR_kacang panjang)

5.8.17 Sayur pecel ini enak dan gampang dibuat. Sayur sesuai selera dan bumbu pecel bisa di buat sehari sebelumnya. Saya biasa membuatnya agak banyak dan mskkan tupperware lalu simpan kulkas. Bumbu pecel bisa lihat resep saya sebelumnya ya buibu. Jodohin sama peyek teri atau bakwan atau tempe tepung..enak semua

Tahu Telur Sambel Pecel (#Bandung_RecookDewiLinaFaidah)

Tahu Telur Sambel Pecel (#Bandung_RecookDewiLinaFaidah)

Lagi ga mau makan nasi, pas liat cookmark ada tahu telurnya teh Dewi. Simpel dan bahannya ada semua di kulkas. Ga pake lama langsung eksekusi buat sarapan. Dan apalah aku yang ga baca resep dengan seksama, alhasil si telur di dadar bukan digoreng satu-satu. Untung banyak minyaknya pas ngedadar. Tapi beneran ini enaaaakkk. Bawang gorengnya baru ngeuh pas tengah-tengah makan, jadi telat naburinnya. 😅😅😅

Sambel pecel lele

Sambel pecel lele

Sambel Untuk 1kg lele
Dadar Tahu Pecel

Dadar Tahu Pecel

Pernah makan di warung kaki lima daerah Jl. Palagan Jogja, nama menunya "Tahu Kuah Petis" ternyata masakannya hanya Telur dadar diisi tahu, kemudian disiram kuah bumbu petis. Karena sekarang warung nya sudah tidak beroperasi, maka saya coba buat sendiri, masalahnya adalah saya kurang suka petis, jadi kuahnya diganti dengan sambel pecel, yang sudah banyak tersedia dipasar, dan kebetulan selalu punya stok dikulkas, karena ada tetangga penjual sambel pecel. Rasanya justru lebih enak.

2 porsi
15 menit
Pecel Lele

Pecel Lele

Buka puasa pake pecel lele ala mamah Kia yummy...lezatoss...

2 porsi
30 menit
Bumbu Pecel Madiun

Bumbu Pecel Madiun

Bingung karena di Kalimantan belum ada yang jual nasi pecel atau bumbu pecel jadi buat sendiri dengan bahan simple. Tapi rasa uenak tenan 😘

Pecel Telur

Pecel Telur

Pingin makan telur rebus dg cara yg lebih enak.. no msg no minyak goreng.

5 porsi
15 menit