Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bumbu pecal yang Lezat Sekali

Dipos pada June 21, 2019

Bumbu pecal

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bumbu pecal yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Bumbu pecal yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bumbu pecal, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bumbu pecal enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu pecal sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu pecal memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

070719 Perdana buat bumbu pecal dan berhasil... Walaupun sedikit kurang asin... ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Tinggal ditambah garam waktu melarutkan bumbu pecalnya dengan air panas... (Lebih bagus kurang asin daripada keasinan *pembelaan*๐Ÿ˜…)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu pecal:

  1. 500 gr kacang tanah
  2. 1 keping besar/250gr gula merah
  3. 1 ons bawang putih
  4. 12 buah kencur
  5. 1 ons cabe merah
  6. 50 gr cabe rawit (tambah kalo ingin lebih pedas)
  7. 10 lembar daun jeruk
  8. 1 plastik kecil asam jawa (larutkan dengan air)
  9. Secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu pecal

1
Goreng kacang tanah sampai matang. Setelah matang angkat dan tiriskan. Lalu goreng bawang putih, setelah agak layu dan wangi masukkan cabe merah cabe rawit dan kencur. Goreng smua sampe layu dan matang.
2
Ada 2 versi buat bumbu pecalnya, -1-.dibelender atau dengan food procesor: masukkan kacang tanah daun jeruk bawang putih cabe merah cabe rawit kencur larutan air asam jawa dan garam. Belender sampai halus. Bisa 2 atau 3 kali belender supaya bisa halus merata.
3
2-.digiling: (giling sedikit demi sedikit) haluskan daun jeruk terlebih dahulu lalu bawang putih, cabe merah cabe rawit kencur dan garam serta larutan air asam jawa. Setelah halus masukkan kacang tanah dan giling kembali. Ulangi sampai semua bahan habis.
4
Bumbu pecal yg sudah jadi dilarutkan dengan air panas. Bisa dimakan dengan nasi hangat atau dengan sayur2an seperti toge kacang panjang kol bayam kangkung tempe goreng tahu goreng dan timun lalu siram kuah pecal diatasnya. Dan siap dinikmati.
Bumbu pecal - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecal sayur sederhana

Pecal sayur sederhana

Ya nama nya sederhana apa ada nya, lagian lumayan untuk yang suka ama sayur kangkung dan toge, yes lagi kepengen..

Lontong sayur bumbu pecel

Lontong sayur bumbu pecel

Dah lama ga bikinin suami sarapan lontong karena saya yang sok sibuk ini ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Resep di bawah bisa untuk 8 porsi.

Pecel Ayam

Pecel Ayam

45 menit
#12 Tahu telur dengan bumbu pecel ๐Ÿ’š

#12 Tahu telur dengan bumbu pecel ๐Ÿ’š

Jadiiiii bumbu pecel itu bisa dikreasikan jadi bumbu tahu telur begini juga, gimana caranya? Ada di langkah pembuatan yaaa, ini simpel jadi bisa alternatif menu kalo pengen yg cepet ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ kali ini saya pake kentang rebus untuk karbo-nya biar gak bosen sama lontong ya tapi bisa juga dimakan pake nasi ๐Ÿš

2 porsi
15 menit
Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Kadang kala kita bisa melakukan sesuatu karena keadaan terpaksa. Seperti bumbu pecel ini. Biasanya suka pesan online untuk distock dalam kulkas. Tapi ternyata kali ini kelupaan beli. Akhirnya membulatkan tekad untuk membuat sendiri berbekal referensi beberapa resep yang saya modifikasi. Selamat mencoba & semoga cocok dengan resepnya.

Sambal pecel kacang

Sambal pecel kacang

Sayurnya bisa apa saja, kangkung, kacang panjang, tauge, selada air dll.

5 porsi
20 menit
Pecel ucel dapur kalori

Pecel ucel dapur kalori

Lagi doyan makan sayur nieh bun ceritanya diet...wkwk karena bosen sayur apa aja ya di pecelin aja ya kalo di bali namanya di cantok

4 porsi
15 menit
Pecel sayur

Pecel sayur

Cuma puny toge dn bayam bingung mau di apain...akhrny bkin pecel aja dh.lmyn stlh lebaran mknny ga di kontrol serba santan dn jajan bebas.mulai hr ni di coba sdkit2 di kurangi mkn bebasnya. Jngn smpe stlh diet turun bbrp kilo naikny lbh bnyk.haha

"Sambal Pecel"

"Sambal Pecel"

Sebenarnya kalau nggak mau repot tinggal beli aja di pasar tradisional atau supermarket. Tapi...nggak ada yang ngalahin enak dan puasnya buatan sendiri hahaha....gini nih efek homemade lover, apa-apa maunya bikin sendiri ^_^

3 porsi
30 menit
Pecel Lele

Pecel Lele

Kali ini episode demen ikan, jd masaknya ikan2an terus deh Tukang pecel lele bukanya malam doang, pdhl enakan makan pas siang2 .. Iyaudah deh mending bikin aja.. Alhamdulillah rasanya jauh lebih endoss drpd pecel lele malam ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

4 porsi
30 menit
Bihun Goreng Pelangi. Bihun SD, bihun yayuk pecel

Bihun Goreng Pelangi. Bihun SD, bihun yayuk pecel

Ujan ujan paling enak ngemil bihun udah muraahhh bisa banyak plus kenyanggggg.. cussss nihh resepnya

Pecel ala ala ๐Ÿ˜†

Pecel ala ala ๐Ÿ˜†

Niatnya belanja sayur buat bikin urap, eh tetiba kepengen pecel / gado gado ๐Ÿ˜‚

1
15 menit
Ayam Bumbu Pecel

Ayam Bumbu Pecel

Dibawain bumbu pecel dari rumah banyak, jadinya di kreasiin aja mau dijadikan apa ๐Ÿ˜‚

Pecel mie betawi

Pecel mie betawi

Mau beli jauh ,, tpi kepengen .. hasil dari liat ulekan sang penjual pas beli kmrn" akhirnya sama rasanya ..

Pecel

Pecel

#pejuangdapur #pedulikankerpayudara Masakan nusantara ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

1 porsi
20 menit
Pecel / Sambel Pecel / Sambel Kacang

Pecel / Sambel Pecel / Sambel Kacang

Ga ada kata 'bosen' ama yang satu ini. Love it โคโค

Pecel Gendar (#pr_kacangpanjang)

Pecel Gendar (#pr_kacangpanjang)

Sebenarnya inii bukan resep aseli punyaQ..tapi buatan emakmertua kemarin dulu waktu aQ masih standby di solo..sekarang mah bang toyyib weZ gowess lagi mencari sebongkah berlian di pulau nan jauh sana.. sedihh ehh rasanyaa..nglangutt..kesepian๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ harus menunggu 2bulan lagii baru pulang๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ #curahanhatiseorangistri๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… sebener'e inii nda rencana juga mau ta' ikutke pr..jadi nda ada foto step'nya๐Ÿ˜…๐Ÿ˜….. menu sederhana tapi rasanya benar2 mantap beudd pokok'nya๐Ÿ‘๐Ÿ‘..aQ ajj sampai nambah terus lhoo.. nasi gendar'nya aseli homemade dari emakmertuaQ..sayangnya aQ nda lihat+nda sempat tanya piye bikin'e ๐Ÿ˜†๐Ÿค”..beli nasi gendar yg weZ jadi ajj ada..biasanya dipenjual ketan lupis dipasar tradisional.. yg harus diperhatikan.. asal bumbu kacangnya enak..racikan pecel nya juga nendang..inii beli bumbu pecel yg weZ jadi di warung.. 1ons 2ribu.. tiap pagi di daerah dekat rumah emakmertuaQ di solo ada juga yg jualan pecel..kalo bilang'e mau beli pecel thok yaa cuma isian sayur..nek bilang'e beli pecel gendar baru dikasih gendar+sayur.. sayur'nya bisa apa ajj..macem2..tapi yg HARUS ada yaa kacang panjang+taoge pendek.. cuco' bangett kalo disandingkan sama gendar+bumbu pecel nya๐Ÿ‘๐Ÿ‘..oiyaa..maapkan daku teman2..nda menuliskan takaran bahan nya..bisa disesuaikan sendiri yoo๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ ..yuhh marrii ahh dicoba..nda' bakalan nyesel๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™