Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bumbu Pecel yang Anti Gagal

Dipos pada June 17, 2019

Bumbu Pecel

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bumbu Pecel yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Bumbu Pecel yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bumbu Pecel, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bumbu Pecel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Pecel memakai 7 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kadang kala kita bisa melakukan sesuatu karena keadaan terpaksa. Seperti bumbu pecel ini. Biasanya suka pesan online untuk distock dalam kulkas. Tapi ternyata kali ini kelupaan beli. Akhirnya membulatkan tekad untuk membuat sendiri berbekal referensi beberapa resep yang saya modifikasi. Selamat mencoba & semoga cocok dengan resepnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Pecel:

  1. 500 gr kacang tanah, cuci lalu goreng
  2. 250 gr gula aren, potong halus
  3. 60 gr bawang putih, kupas, cuci bersih
  4. 50 gr kencur, kupas, cuci bersih
  5. 10 lembar daun jeruk, cuci bersih
  6. 2 sdm asam jawa, rendam air panas (air jangan terlalu banyak)
  7. sesuai selera Cabe rawit,

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Pecel

1
Panaskan minyak, goreng bawang putih, kencur, cabe rawit & daun jeruk. Aduk agar tidak gosong. Setelah matang, angkat. Tiriskan.
2
Haluskan kacang tanah memakai blender atau pakai cobek jika nggak punya blender. Sisihkan.
3
Haluskan dalam blender: gula aren, bawang putih goreng, cabe goreng, daun jeruk goreng & kencur goreng.
4
Dalam wadah yang agak besar satukan kacang tanah halus, bumbu yang dihaluskan & air asam secukupnya. Aduk merata hingga tercampur rata. Beri garam. Tes rasa apa yang masih kurang.
5
Bumbu pecel siap digunakan atau disimpan, lebih baik dibuat dalam takaran-takaran kecil. Simpan dalam kulkas.
6
Jika bumbu mau dihidangkan, tinggal ditambah air matang sesuaikan kekentalan yang diinginkan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi pecel

Nasi pecel

Pengen makan sayuran tp dlm bentuk lain. Rebus aja pake sambel kacang. Mantappp

3 porsi
Pecel Sederhana

Pecel Sederhana

Bismillah. #pecelsederhana

6-8 porsi
-/+ 40 menit
PECEL TELUR (Telur Dadar ala Pecel Lele)

PECEL TELUR (Telur Dadar ala Pecel Lele)

Makan sama ini aja udah enak banget perasaan... telur dadar berjodoh sama sambal pecel lele Pertama nemu menu ini di warung pecel lele. By request only, dan kalau ibunya lagi gak repot melayani pelanggan baru mau bikin telur dadar ini.

nasi pecel madiun

nasi pecel madiun

6 porsi
30 menit
Sambel terasi pecel lele

Sambel terasi pecel lele

Resep dibuat secara pengen jadi istri yang bisa masak biar disayang suami hehehe

20 menit
Sayur Pecel

Sayur Pecel

semua bahan sayuran kira- kira saja. dan sayuran yg digunakan sesuai selera masing-masing.

Pecel Lele ala Manda

Pecel Lele ala Manda

Kebetulan kemaren dikasih lele sama sahabatku.. Wah pas banget, dari kemaren kepengen bikin pecel lele tp ga kebeli2 dipasar (mngkin firasat bakal dapet gratisan kali ya)hehehe.. Yuss sore ini eksekusi utk makan malem... Sambelnya pake sambel warung lamongan, tp ala ala saya sendiri.. Tinggal metik tomat segar dipekarangan rmh, plus metik selada merah nya jg utk lalapan segarnya.. Asyiikk

Nasi Pecel

Nasi Pecel

Bikin nasi pecel sendiri, soalnya kalo beli pedesnya kurang. Ini resep mudah dengan bahan seadanya anti ribet ya, buibuu.

Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Lamongan merupakan kota pecinta makanan pedas. Ayam kecap pedas, perkedel kentang pedas bahkan capcai pun pedas. Bumbu pecel siap pakai yang beredar di pasaran juga cuma satu pilihan, pedas. Jadi, untuk anak-anak selalu saya buatkan sendiri :)

4 porsi
15 menit
Nasi Pecel

Nasi Pecel

Masih punya bumbu pecel enak. Pengen pecel, tapi ga punya peyek, ga punya kerupuk, ga punya emping. Sayuran juga seadanya. Gpp lah ya. Yang penting kesampaian dulu aja makan pecel nya ya :)

Pecel Sayur

Pecel Sayur

Dimasak 18 November 2020 oleh Ibu dan IS. Alhamdulillah.

4 orang
15-30 menit
Pecel Sayur & Bakwan

Pecel Sayur & Bakwan

24 Juli 2017 Enaaak πŸ˜‹ bikin nafsu makan 😊 Tapi untuk sambal pecelnya saya pakai yang instan. Kalo lain kali bikin, InsyaaAllah nanti dishare dan diedit resepnya 😁 Inspirasi Resep: Tamara Aziza 😊

Pecel LapberπŸ˜πŸ˜πŸ˜‡

Pecel LapberπŸ˜πŸ˜πŸ˜‡

Ini namanya pecel lapber (ngalap berkah) hehhe karena ini dibuat atas permintaan suami sy.. hehe smg bnar2 jd berkah.. aamiin...πŸ˜‡πŸ˜

Pecel Sayuran

Pecel Sayuran

Punya kangkung 2 ikat dirumah,, cuss lah bikin pecel aja, bumbunya nyontek Ibu Tukang Pecel dekat rumah aja biar praktis..hee..hee..

4 porsi
45 menit
Pecel tempe pelengkap sayur bayam 😁

Pecel tempe pelengkap sayur bayam 😁

Entah namanya apa, seinget ibu bilang gitu,, kalo lagi buat sayur bening bayam, ada tempe sisa / baru mesti bikin beginian. Enak ada sensasi seger dari kuah pedes sedep dari tempe πŸ˜…

Pecel

Pecel

Murah meriah