Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) yang Enak

Dipos pada September 27, 2019

Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati)

Sore-sore begini enaknya membuat Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) biasanya untuk 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, perkiraan waktu untuk memasak Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) diperkirakan sekitar 1 jam 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) memakai 35 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Perdana masak gudeg 😌. Terniat banget ini demi jadi tim hore di PILKADA Tim lokal Tangerang. Saya pakai 1 suara untuk mendukung mbak @AnikSulistyowati69 menjadi tim local berikutnya🤗. Resep aslinya disini ya 👉 https://cookpad.com/id/resep/15757313?invite_token=7dJec3 Dulu sih nggak terlalu minat sama gudeg jogja Karena rasanya cuma manis aja. Eh ternyataaa Gudeg jogja yang manis itu bisa pas banget rasanya jika berpadu dengan sambal goreng krecek yang pedas dan gurih. Makanya aku hanya buat dua item ini supaya rasanya jadi sempurna😍. Aku pakai daun jati, yang kebetulan ada disekitar rumah dan tinggal petik. Kata ibuku, daun jati inilah yang bikin gudeg berwarna merah. Aroma daunnya pun makin bikin sedeppp😋. #CookpadCommunity_Tangerang #LTTangerang_Anik

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati):

  1. GUDEG :
  2. 1/2 kg nangka muda (aku hanya 1/4kg), potong kecil-kecil
  3. 8 butir telur ayam, kupas
  4. air kelapa dari 1 butir kelapa
  5. 1 butir kelapa, parut (pilih yang buat ambil santan)
  6. 150-200 g gula merah, sisir halus
  7. 1 sdm garam atau sesuai selera
  8. 1 sdm gula pasir
  9. 3 lembar daun salam
  10. 3-4 lembar daun jati
  11. Bumbu halus Gudeg :
  12. 13 butir bawang merah
  13. 7 siung bawang putih
  14. 3 sdt ketumbar
  15. 2 ruas laos, geprek
  16. 1/2 sdt terasi
  17. 2 jempol asam jawa
  18. sambal goreng krecek
  19. 250 g kerecek atau kerupuk kulit
  20. 400 ml santan
  21. Sebungkus tahu putih ukuran besar (aku isi 5 pcs), potong potong kecil
  22. 150 g kacang beras, rendam semalam (aku skip)
  23. 1 ruas lengkuas, geprek
  24. 2 lembar daun salam
  25. 10 cabai merah keriting, potong-potong (aku skip)
  26. 5 buah cabai rawit merah utuh atau sesuai selera
  27. Secukupnya garam
  28. Sesuai selera gula merah
  29. Sesuai selera gula pasir
  30. Bumbu halus sambal krecek :
  31. 10 buah cabai merah keriting (aku pakai 2)
  32. 25 buah cabai rawit merah (aku pakai 5)
  33. 8 butir bawang merah
  34. 5 siung bawang putih
  35. 1 sdt terasi

Langkah-langkah untuk membuat Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati)

1
GUDEG : Didihkan air rebus nangka sampai air mendidih kembali, tiriskan (utk menghilangkan getah).
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 1
2
Ambil sebagian kelapa parut, peras menggunakan *air kelapa hingga menjadi 600 ml santan (tambahkan air biasa saat memeras kelapa, jika takaran yang diinginkan masih kurang). Peras sisa kelapa parut menjadi **400 ml santan, sisihkan (ini nantinya untuk sambal goreng krecek).
3
Siapkan panci. Alasi dengan 2-3 lembar daun jati. Masukkan nangka, semua bumbu halus, gula merah, garam, gula pasir dan 500 ml santan. Aduk rata.
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 3
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 3
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 3
4
Tutup kembali permukaannya dengan 1 lembar daun jati. Tutup pancinya. Masak dengan api kecil sampai mendidih dan airnya menyusut tinggal setengah.
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 4
5
Setelah airnya mulai “sat”/menyusut, masukkan telur rebus dan sisa santan. Aduk rata. Koreksi rasa. Tutup dan masak kembali sampai airnya kering. Sesekali diaduk ya supaya matangnya rata.
6
Setelah airnya mulai “sat”(sisa sedikit), matikan api. Note: tidak sampai habis karena terkadang masih suka dihangatkan kembali.
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 6
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 6
7
SAMBAL GORENG KRECEK : Tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam hingga harum. Tambahakan sedikit air, garam dan gula. Aduk rata. Tambahkan tahu dan kacang. Masak hingga kacang matang. (Foto saya memang bumbu tidak merah, karena edisi buat sambal goreng krecek nggak pedas dahulu untuk anak-anak🤗)
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 7
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 7
8
Tambahkan krecek, potongan cabe merah dan cabe rawit merah utuh. Masak hingga bumbu meresap. Tes rasa. Sesaat sebelum di angkat, tambahkan santan. Aduk rata. Masak hingga mendidih.
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 8
9
Sajikan gudeg bersama sambal goreng krecek dan nasi.
Gudeg Jogja Ala Pawon Qulo @Anik (Pakai Daun Jati) - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel pecel

Sambel pecel

Sudah berkali-kali membuatnya, namun baru ini dalam porsi besar, biasanya hanya 1/4 kg kacang 😊, karena ini pesanan seseorang yang tinggal di Jakarta jadi buatnya banyak sekalian di simpan di akun CP ku. Rasa nya uenak, selera keluarga dan takaran bahannya juga pas. Trimakasih untuk @cook_2534108 Source : yNy https://cookpad.com/id/resep/540522-sambel-kacang-ala-ku?invite_token=qcWcTUobST5WvmGCHvKQyPCH&shared_at=1624709435 #CookpadCommunity_Surabaya #OlahanKacangSpesial

Gulai udang, tempe dan kacang panjang

Gulai udang, tempe dan kacang panjang

Kebayang gulai udang campur tempe dan kacang panjang karena semua bahan"nya ada tinggal beli santan langsung dech selesai jam kerja masuk dapur....

4 - 5 Porsi
35 menit
Nasi Liwet Pelangi

Nasi Liwet Pelangi

8 porsi
80'
Sambel Tumpang khas Kediri

Sambel Tumpang khas Kediri

Kalo ke kediri gak nyobain sambel. Tumpang rasanya belum pas. Masakan ini bener bener ngangenin kalo bagi yg merantau jauh dari kediri. Masakan sederhana tapi rasa nya bikin selalu keingetan terus.

Sayur Lodeh Kacang Panjang, terong,labu Siam

Sayur Lodeh Kacang Panjang, terong,labu Siam

Bismillah...menu sayuran selain bening dan SOP yaitu lodeh cocok banget dengan ikan asin dan Sambal terasi

4 orang
1 jam
Sup Ceker brenebon

Sup Ceker brenebon

Assalamualaikum Cookpaders.. Karena sedang tidak ada stok daging dikulkas , jadi saya ganti pake yang ada di dapur aja ceker ayam. Kebetulan ada challenge dari Mamah CP #MasakSetiapbagian juga #OlahanPalawijaWongKito #Cookpadcommunity_Palembang Kebetulan ada kacang merah yang sudah empuk , jadi pengen bikin sup brenebon Cooksnap resepnya mb ira @itikkecil https://cookpad.com/id/resep/15448853-sup-brenebon?invite_token=4CVFwecRhAaGDTVPuctNTG2g&shared_at=1635092789

Bakwan Pontianak🍃

Bakwan Pontianak🍃

Pagi² menikmati udara pagi ditemani kopi & gorengan itu Sesuatu☺️,masih punya stok kucai,sayang² kl keburu rusak & ngga dimanfaatin..pakai resep yg mudah punya ibu Priska Koes @erafani_2000 dengan penyesuaian..oiya ini bukan gosong ya,tapi saya terlalu kebanyakan kasih potongan daun kucai,jadinya keliatan exotis😅..entah kenapa,kalau dikasih daun bawang/kucai yang melimvah rasanya lebih yummy🥰..saya buat 1/2 resep karena stok ebi habis,jadi pakai teri medan. #CookpadCommunity_Depok #RekreasiDepok

Peyek Kacang

Peyek Kacang

4 orang
1 jam
Sate kere (sate tempe gembus)

Sate kere (sate tempe gembus)

Olahan dari tempe gembus yang paling keluarga saya suka yaitu sate kere ini. Kata mereka mirip sate daging dan bumbu kacangnya mantap 😁 Dicemilin atau dibuat lauk sama enaknya. Saya coba suguhkan ini ke tamu, tamu saya makan nya lahap bangettt bersih resik tak bersisa 😁 padahal cuma menu sederhana ya, alhamdulillah. #Goda_Sesatean #Goda_Paders #Cookpadcommunity_Solo

Sayur santan labu Siam kacang panjang 🙏

Sayur santan labu Siam kacang panjang 🙏

Request an misua tp minta yg gk pedas sekalian buat mamamnya si kembar😋 ...

1-3 porsi
-+30 menit
Sayur Asem - Asem Daging

Sayur Asem - Asem Daging

Bismillah,..mix antara sayur asem dengan asem-asem daging...sayur sekaligus lauk, cocok buat bunda yang sibuk dan ga bisa lama2 di dapur. Rasanya?? Segar mantap pastinya. Bagi yang ingin kuahnya merah, maka cabe merah boleh dihaluskan. Bagi yang ingin bening saja, maka cabe merahnya diiris saja yah..aku tanpa cabe merah, stok habis,.hehehe Sayurannya suka2 hati yah, sementara dagingnya rebus dulu menggunakan metode 5-30-7. Mau pakai kuah dari kaldu dagingnya juga boleh. Aku sih ga pakai kaldu, karena dagingnya daging sisa kemarin,.pokoknya masak mah gampang yaa,..sesuaikan selera dan stok yang ada. #antiribet #sayursekaliguslauk

3-4 orang
30 menit
Kacang Mede Goreng Enak

Kacang Mede Goreng Enak

Sore Mom's 💕 Berbikin camilan yang asyiiikk nyamil nya ga bisa berhenti sebelum habis He he he #kacangmedegoreng #cookpadcommunity_jakarta #OlahanKacangSpesial #berbagiresep #anekaresepmasakan #adjeng_mw

Nasi Kapau (Gulai Kapau + Ayam Goreng + Sambal Ijo)

Nasi Kapau (Gulai Kapau + Ayam Goreng + Sambal Ijo)

Menu Jumat berbagi untuk hari ini adalah nasi kapau. Nasi Kapau adalah nasi campur khas daerah Kapau Bukit Tinggi Sumatera Barat. Ciri khas utamanya ada dimenu gulainya yaitu Gulai Kapau. Gulai Kapau adalah gulai nangka yang dicampur dengan kacang panjang dan kol. Untuk bumbu sama aja dengan gulai nangka pada umumnya, bedanya hanya untuk penambahan kunyit sedikit lebih banyak dari bumbu gulai biasa dan kuah santannya ga begitu kental. Untuk menu utamanya sama seperti menu Padang lainnya : ayam goreng, rendang, gulai ayam, gulai kikil, telur dadar dan lainnya . . #nasikapau #gulaikapau #nasipadang #kulinerpadang #menujumat_hadleny #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

25 porsi
388. Dimsum Siomai Ayam Udang dengan Saus Kacang #SerbaDikukus

388. Dimsum Siomai Ayam Udang dengan Saus Kacang #SerbaDikukus

Membuat salah satu jenis dimsum paling favorit yang paling populer di dunia, siomai namanya. Siu mai (dilafalkan "shoo-my") adalah pangsit bundar berbentuk wadah yang bagian atasnya terbuka. Di negara asalnya, daging untuk isian siomai umumnya menggunakan daging babi dan udang. Namun di Indonesia, daging babi biasanya diganti dengan daging ayam dan udang yang halal. Beberapa siomai juga disajikan dengan diberi taburan wortel, yang lagi hits diberi taburan jamur, smoked beef dan keju. Tapi kalo di Bandung, siomai itu adalah kuliner berisi protein ikan dibentuk bulatan-bulatan dengan bumbu saus kacang. Nah kalo anak-anak lebih suka dengan saus kacang daripada saus bawangnya. Resep : @setiaanggri #SerbaDikukus #PekanPosbar #ComboNgabibita_Seupan #CookpadCommunity_Bogor #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuAku Minggu 137

14 pcs
40 menit
Somay ayam sawi putih

Somay ayam sawi putih

Tiap beli somay, suami selalu suka yg bagian ini, tapi doi selalu bilang kalo 'dagingnya dikit ya' hehe, emang gt orangnya, kalo gak kerasa seleranya suka ngedumel sendiri. Alhasil buatin sendiri waktu senggang, Alhamdulillah doi bilang enak dan ayamnya kerasa, malah gak habis gara² aku bikin nya kebanyakan katanya 😅 #coboysurabaya #tetapkenyanttanpanasi #sayuran #olahansayur #tubanjatim #somayayam #bumbukacang

2 - 3 orang
1 jam
Sate padang

Sate padang

Kangen rasanya dengan kuliner yang satu ini karena pernah tinggal di ranah Minang 1,2 tahun . Alhamdulillah mamah Cookpad #PostingBareng Masakan Khas Daerah . Kebetulan masih ada daging sapi di freezer , sekalian saja untuk menu keluarga . Ternyata disantap dengan lontong serasa menikmati SMS ( Sate Mak Sukur ) yang terkenal di arah perjalanan dari Padang menuju Bukit Tinggi 🤗 Source : @dilafrastika #PesonaKulinerIndonesia #PekanInspirasi #CookpadCommunity_Bandung #kemauandankemampuan

30 tusuk
120 menit
Risol Bihun saus abang abang

Risol Bihun saus abang abang

Bismillah.... lihat risol bihun banyak sliweran di IG akhirnya pingin coba resep sausnya milik iboo @restu utami dewi Alhamdulillah ada kudapan di kala hujan... #resepiburestu #cookpad_id #cookpadIndonesia #risolbihun #risolkampung #gorengan

199. Urap Bumbu Genep Khas Bali

199. Urap Bumbu Genep Khas Bali

Salah satu sajian favorit nih... Bedanya dg biasa dibikin, urap Bali yg satu ini berbumbu megenep alias lengkap. Banyak rempah dipakenya. Biasanya kalo saya bikin cuma yg berbumbu sederhana suna cekuh aja. Sama2 mantap👍👍 #GelarTikar_Bali #Rekreasi_Bali #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #KulinerKhasBali Source: Nguprek dapurnya mba Sella @pre_sella 🙏🙏😘 (Dengan penyesuaian)

Urap Sayuran Bumbu Tumis

Urap Sayuran Bumbu Tumis

Resep: Mba Anny 'kucingrabbit' Masih dalam rangka 'cookies' utk Mba Anny. Kebetulan sudah lama ga makan urap nih, pas di resepnya Mba Anny ada resepnya. Resep asli disini: https://cookpad.com/id/resep/13409099-311-urap-sayur-bumbu-tumis?invite_token=Ue833ou1SZ6L6GxcpHUy4NqF&shared_at=1630106589 #cookies_kucingrabbit #cookpadcommunity_tangerang

Sayur nangka mix kacang panjang,tahu,daging sapi😋

Sayur nangka mix kacang panjang,tahu,daging sapi😋

Jangan lupa bund kunjungi YouTube channel saya untuk resep lengkapnya di iinka putri my YouTube channel

8 orang
1 jam