Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) yang Lezat Sekali

Dipos pada November 29, 2019

Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel)

Hari ini saya akan berbagi resep Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) adalah 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang diperlukan dalam memasak Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) memakai 7 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jum'at, 24 September 2021/#511 Source recipe : @meldayanti Waktu ada acara gelar tikar pengenalan kue ini di discord, gak bisa ikut nyimak.. Beruntung kemarin, yg empunya resep bertandang ke cocombar.. Jadi bisa tanya-tanya lagi terutama ttg bahan. Mbak Melda juga mengenalkan kuliner khas KalSel lainnya, semakin memperkaya wawasan khasanah kuliner khas tanah airku.. Terimakasih mbak Melda atas sharingnya dan kedatangannya. Tentang kue putri keraton ini, sangat terkenal di Banjarmasin, krn rasanya gurih dan legit, dg keunikannya jika dipotong2 itu seperti berlapis-lapis. Lapisan plg atas serasa makan bolu, lapisan dalam terasa lembut dan creamy seperti puding. Padahal terbuat dari 5 bahan : biskuit, SKM, telur, susu UHT, margarin tanpa penambahan tepung dan gula. Gak akan nyesal bikin ini.. Klo gak ingat umur pingin makan terus😬.. Cocok nih buat anak2 yg butuh kalori tinggi. Akan lebih nikmat klo disimpan dlm kulkas dulu. #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #Cookpad_id #Basidoncek #Babako_KaKalsel

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel):

  1. 19 keping biskuit marie regal
  2. (me : 1 bungkus ukuran kecil 120 g)
  3. 5 butir telur
  4. 1/2 kaleng SKM (me : 180 g)
  5. 1/2 kaleng air (me : 150 ml)
  6. 100 ml susu UHT plain
  7. 100 g margarin

Langkah-langkah untuk membuat Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel)

1
Siapkan bahan dan loyang (sy pake loyang diameter 18 cm, tinggi 7 cm). Alasi loyang dg baking paper dan oles dg margarin.
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 1
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 1
2
Hancurkan/patah2kan biskuit marie, lalu beri 150 ml air. Biarkan terendam. Sisihkan
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 2
3
Pisahkan putih telur dan kuning telur. Kocok putih telur dg speed tinggi hingga kaku (stiff peak). Sisihkan (Note : pastikan putih telur tdk terkontaminasi kuning telur. Wadah dan pengocok putih telur harus kering dan bebas dari lemak, agar bisa dikocok dan mengembang dg baik)
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 3
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 3
4
Aduk dulu kuning telur dan margarin dg pengocok mixer yg mati, lalu kocok dg speed rendah hingga tercampur rata.
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 4
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 4
5
Tambahkan SKM dan susu UHT kedalamnya. Kocok dg speed rendah hingga tercampur rata.
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 5
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 5
6
Biskuit marie yg sdh direndam tsb diaduk rata dulu, kemudian masukkan kedlm adonan kuning telur. Mixer speed rendah sebentar saja.
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 6
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 6
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 6
7
Lalu masukkan secara bertahap adonan putih telur kedalam adonan kuning telur. Aduk balik perlahan dg whisker dulu, lalu aduk dg spatula hingga rata. Tuang adonan kedalam loyang. (sy pake loyang bundar diameter 18 cm, tinggi 7 cm)
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 7
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 7
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 7
8
Panaskan dulu oven selama 10 menit suhu 170°C. Kemudian panggang adonan selama 45 menit (hingga matang) pd suhu 170°C. Lakukan tes tusuk dg lidi utk memastikan bagian dlmnya sdh matang (Note : setelan suhu dan lama memanggang sesuaikan dg besar kecilnya loyang dan juga tgt oven masing2)
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 8
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 8
9
Saya biarkan dulu dlm oven selama 10 menit. Lalu dikeluarkan dan diangin2kan hingga dingin di atas cooling rack. Setelah benar-benar dingin (set), keluarkan hati-hati dari loyang, potong2 dan sajikan..
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 9
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 9
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 9
10
Lebih enak disajikan dingin berasa makan bolu puding
Kue Putri Keraton Khas Banjarmasin (Kalsel) - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Klepon

Klepon

Jadi ceritanya dari kemarin anak² pengen banget bikin ini tapi gak ada waktu jadi mumpung WFH jadi bikinin aja deh mumpung bahan lengkap 🤭🤭

Banyak
1 jam
Putri Mandi

Putri Mandi

#KopiJos #KopiJos_MerahPutih #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #PutriMandi

Putri Keraton Khas Banjar

Putri Keraton Khas Banjar

Masih jalan jalan ke kalimantan selatan ngubek2 khas kalsel utk warga combo, kli ini penasaran ma resep putri keraton nya mba @meldayanti 🤗🙏 Duuuduuuduuuuduuu langsung jd favorit anak2 n bapake jg mamake tentunya yahh🤤🤩 gampang buatnya, enduullllssssss🤤🤩 resep cemilan yg akan terulang ini🥰 #CookpadCommunity_Bogor #AnjangsanaKhas_Kalsel #Rekreasi_Kalsel

Carabikang

Carabikang

Sources : Teh Dhiah Odie Si teteh masternya jajanan tradisional 😍😍 Alhamdulillah carabikang ini yang menghantarkan saya dapat juara waktu ikutan GA acara 17an di kota q Note : baru inget post tahun 2021 ihihi pdhl udh di tulis tahun 2020 dulu .. krna baru bgt nyrmpetin fto pas step ngrendem cetakannya .. ihihihi step yg menurut q paling wajib jdi kalo g ada ftonya kek kurang apdol kau post .. kuy lah

Bingka Kentang Khas Banjar

Bingka Kentang Khas Banjar

Sebenarnya selama ini sy belum pernah makan makanan khas Kalimantan Selatan. Tapi utk ikut meramaikan tema anjangsana khas Kalsel sy coba bikin salah satu kue khas Banjar yaitu Kue Bingka Kentang. Semoga sesuai ya sm kue aslinya😁. Resep sy contoh dr mba @Alodia_Kitchen dengan bbrp penyesuaian. Karena adonan jadi encer dan hawatir gak mateng, saya tambahkan lg tepung krn sy tdk pakai oven melainkan pakai cetakan martabak mini di atas kompor. Lalu atasnya sy tuang sedikit santan kental, sy sempat lihat di youtube ada yg spt ini. Ada juga yg pakai ampas santan hasil merebus hingga berminyak dan asat airnya. Mungkin karena dipanggang di atas kompor, kematangan bagian atas tdk sama dengan bawahnya. Tapi kalo soal rasa enak banget harum, manis, legit.. hmm apalagi kue bingka aslinya ya😍 #AnjangsanaKhas_Kalsel #CookpadCommunity_Bogor

Putu ayu tanpa mikser tanpa santan

Putu ayu tanpa mikser tanpa santan

PUTU AYU TANPA MIKSER TANPA SANTAN | 1 TELUR JADI 20 PCS | JUAL MULAI RP. 1000 Putu Ayu Ekonomis dan praktis. Yang ini anti gagal dan hasilnya lembut banget ya. Bahan-bahannya juga murah dan mudah dicari. Cocok banget untuk suguhan di rumah, ataupun untuk ide usaha. Jika menggunakan cetakan Bunga Sakura dengan diameter 6cm dan tinggi 3cm, maka 1 resep jadi 15 s.d 20 buah, tergantung besarnya ukuran telur dan daya kocokan juga penuangan adonan ke cetakan. Jika ingin membuat lebih banyak, kita bisa mengkonversikan resepnya dengan cara dikalikan 2, atau 3 atau 4, sesuai kebutuhan. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

20 buah
Putri Keraton

Putri Keraton

Source : melda yanti Pertama kali tahu ada kue putri keraton & pertama kali jg bikin ini. Jujur deg-degan campur penasaran waktu nungguin si putri ini mateng, yg dipikirin cm keluar layernya g ya? Bisa 3 layer g ya? Waktu yg dibutuhkan jg lebih lama, sekitar 50 menitan. Duuh gmn? 😯😯. Setelah mateng, keluar dr oven, anak2 dah g sabar pengen nyomot, tp saya suruh nunggu dl karena saya'nya masih g percaya ini jadi apa g. Naah setelah keluar dr loyang, karena penasaran jd g smpe nunggu dingin udah dipotong2 MasyaAllah akhirnya jadi 3 layer, jingkrak2 deh emaknya, si anak jd bingung tp emaknya guiirang bangeet 😍😍. Alhamdulillah berhasil 😭❤❤. Dan setelah dicoba anak2 maunya lagi & lagi. Lembuut bgt kuenya 😍😍, ini saya pakai biskuit marie yg biasa bukan yg regal, karena g ada 😂. Yuk cobain, asal sesuai resep InsyaAllah berhasil 🙏🙏. Makasih resepnya y mbak mel @meldayanti #GelarTikar_Kalsel #Rekreasi_Kalsel #Semampir_Kalsel #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

loyang 20×10 cm
Dadar Gulung

Dadar Gulung

#CommunityCookpad_Surabaya

20-22 pieces
Onde onde Pasta Pandan Kacang Ijo

Onde onde Pasta Pandan Kacang Ijo

Onde onde favorit keluarga rasanya yummy.......😋 banget. Seperti onde onde yang pernah aku buat sebelumnya tapi kali ini porsi nambah tanpa ada tambahan tepung beras teteprasa maknyooooos 😄Yuk langsung aja eksekusi bahannya 👇 #ondeonde #olahankacangijo #jajanantradisional #cookpadcommunity_malang #cookpadindonesia

Barongko pisang tanduk

Barongko pisang tanduk

Terinspirasi resep dari dokter tan shot yen, berbahan simpel pisang santan telor. Menu ini jd cemilan favorit anak + bisa ngeboost BB nya yg kemarin sempat turun karena batpil. Aku pakai pisang tanduk matang yg memiliki rasa manis sedikit asam, membuat rasa barongko pisang lebih segar sedikit beda. Selamat mencoba...

10 orang
30-45 menit
Kue Putu Ayu

Kue Putu Ayu

Source : Aditya Damayanti #CoboyNgaco #CoboyNgacoBareng_AdityaDamayanti #NgacoBareng_AdityaDamayanti #CoboyWani #Cooksnap #CoboyCooksnap #CookpadCommunity_Surabaya

Dongkal/Awug

Dongkal/Awug

source : @mayhai_107 link resep : https://cookpad.com/id/resep/14074367-dongkal-awug?invite_token=rAkieNu8L7mmCYxQs41ZuHY5&shared_at=1629036264 Dilansir dari wikipedia, Dongkal atau dikenal juga dengan Dodongkal adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Dongkal terbuat dari beras yang ditumbuk halus hingga menghasilkan tepung, kemudian tepung beras yang telah halus diisikan gula aren dan dikukus. Dongkal berasal dari jawa barat, kalau menurut sy rasanya mirip dengan putu bambu. Dan karena sy ingin anak2 tertarik dengan makanan ini, maka sy cetak dongkal itu menjadi bunga2an 😁, dan hasilnya memang mereka suka. #MieKocok #PosCocolan #PosCocolan_AnekaKarakter #KulaEtamCoCok #CookpadCommunity_Kaltim #GelarTikar_Depok #JajananTradisional

Talam Pandan

Talam Pandan

Ini tuh request'n bocil, bawel terus pengen dibuatin kue ini. Katanya kue bunga-bunga. Akhirnya langsung eksekusi. Diresep asli menggunakan jus daun pandan, berhubung saya males bikin jus pandannya, yaudinlah pake pasta pandan aja. Source : Cooking With Hel

19. Gandasturi kacang merah kecil

19. Gandasturi kacang merah kecil

Assalamualaikum, hello. Buat gorengan yukk, olahannya dari kacang-kacangan yakni kacang merah kecil. Gandasturi yang biasanya isian kacang hijau kini isiannya kacang merah kecil di karenakan stok kacang merah masih ada diolah gorengan ajah lebih mantap. Nah nanti campuran kacang merahnya saya menggunakan susu tidak menggunakan santan. Gorengan gandasturi ini cocok banget di temenin minumannya jahe hangat. ================ Seputar gandasturi ---------------------------- Konon, isian berupa kacang hijau manis tersebut berasal dari adonan kue Palembang yang disebut dengan kumbu. Kumbu sendiri sering dijadikan isian untuk beragam kue termasuk bakpia pathok dan kue pia. Diberbagai daerah lain di Indonesia juga ada kue yang mirip dengan gandasturi ini, misalnya orang Riau mungkin lebih famliar dengan kue kasturi. Sementara di Makassar dikenal dengan nama bura’ngasa. Gandasturi sendiri disebut-sebut sebagai makanan khas Pontianak. Kini kue kacang ini sudah semakin sulit ditemukan. Padahal hingga tahun 90-an, kue gandasturi masih sering dijajakan di lapak-lapak penjual gorengan, termasuk di area Jabodetabek. #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunity_borneo #cookpadindonesia #cookpadindonesia #gandasturi #masakgorengan

4-5 orang
6 jam 30 menit
211. WINGKO BAKAR MINI

211. WINGKO BAKAR MINI

Assalamualaikum... Hampir semua dari kita tahu kudapan yg satu ini, minimal pernah mendengar namanya.... Wingko Babat. (Karena pembuatnya di Babat Lamongan🥰 Kudapan berbahan dasar tepung ketan yg kenyal dan legit rasanya ini bisa kita buat sendiri. Tentu namanya sudah BUKAN wingko Babat lagi tapi Wingko Mami atau Wingko Bunda🥰🥰🥰 Sangat mudah membuatnya dan rasanya... ga kalah dengan yg ada di luaran sana... Empuk.... Kenyal... Legit... Pas manisnya.. Dan haruuum dr aroma pandannya👍👍👍👍 Dibuat mini...untuk suguhan cantiq. Praktis. Ga perlu repot potong2 Mari simak resepnya..

25 buah
Bingka kentang kukus

Bingka kentang kukus

Bingka kentang kukus ini sy bikin khusus utk emak dg teksturnya yg lembut biar emak dg mudah saat mengunyah,usia emak sudah 86th beliau sudah tidak nyaman lagi mengunyah dg gigi palsunya,bahagia sx melihat emak menikmati bingka bikinanku. Hastag Cooksnap: #CooksnapMenyadik_PriskaKoes #Cooksnap_Kalbar #RecookMenyadikKalbar #CookpadCommunity_Kalbar